IYDC Tips: Spellbook Judgment Day's Hype is Over

http://i.imgur.com/OIurB.png

IYDC Tips: Spellbook Judment Day's Hype is Over 

Yo~ Duelist!
Akhirnya kita sampai juga di ujung acara Spellbook Week.. Sudah banyak sebenarnya topik di blog-blog atau youtube yang membahas ini, jadi ane ikut trend ini juga.. :v Buat yang nanya "kenapa engga pernah ngebahas Fire Fist tapi Fire King?" Ane ga tertarik sama sekali ke Fire Fist.. Jujur, engga ada bagusnya buat dibahas.. Mirip Inzektor, tapi lebih lelet dari Inzektor.. Mungkin nanti kalau Prophecy Week berakhir bakal ada LTGY Week..

Sebenarnya yang broken itu sih Spellbooknya, bukan Prophecy :v karena Spellbook engga perlu "Prophecy" monster, tapi Spellcaster-type monster.. Sedangkan Prophecy perlu Spellbook.. Btw buat yang ga tau atau baru baca ini artikel, bisa cek-cek lagi artikel sebelumnya tentang kenapa kita berhati-hati melawan Prophecy/Spellbook..

Di sini bakal dibahas gimana cara menangani plus-plus imba dari Spellbook Judgment Day dengan kartu-kartu di bawah ini.. Tentunya tanpa menggunakan Imperial Iron Wall, kartu itu kan sudah pernah dibahas di artikel-artikel IYDC sebelumnya..

P.S: Ga akan dibahas mengenai Bubble Crash, Curse of Darkness, Anti-Spell Fragrance dan Puppet Plant di artikel kali ini karena kartu-kartu tersebut sudah dibahas di blog lain..

Extra Deck Monster


Evilswarm Ophion dan Crimson Blader di sini bisa menghambat munculnya Dark Armed Dragonnya Prophecy, High Priestess of Prophecy.. Reaper, Wheel, Destroyer, dan Empeur juga ikut terhambat karena level mereka yang tinggi.. level 5 ke atas sih mereka..

Buat pemain Six Samurai yang kecipratan support Ban, List juga bisa menghalau mereka dengan mensummon Shi En dan Naturia Beast.. Number 16: Shock Master bisa menahan Spellbook untuk beberapa saat, sebut aja Spell pas ngaktifin efeknya...

Hand: Gateway, SSU, Asceticism, Kagemusha, Kageki
  1. aktifin Gateway dan SSU, Six Samurai United.
  2. normal summon Kageki> special summon Kagemusha, ( Gateway: 4C, SSU: 2C)
  3. buang 4C (2:2)> add Kizan A> special summon Kizan A (Gateway: 4C, SSU: 1C)
  4. aktifin Asceticism> target Kageki> special summon Enishi (Gateway: 6, SSU: 2C)
  5. buang 4C> add Kizan B> special summon Kizan B (Gateway: 6C, SSU: 1C)
  6. synchro Kageki + Kagemusha = Shi En (Gateway: 8C, SSU: 2C)
  7. buang 4C> add Kizan C> special summon Kizan  (Gateway: 6C, SSU: 2C)
  8. xyz 3x Kizan = Number 16: Shock Master
  9. draw 2 kartu dari SSU
  10. Number 16 declare Spell buat efeknya
  11. set Musakani Megatama
Field: Gateway, Shi En, Naturia Beast,  Number 16, Enishi
Grave: Kageki, Kagemusha
    Kalau beruntung, combo di atas bisa dilakukan di first turn.. Daffaq, first turn Gateway! D: Conditional banget yak.. perlu 5 kartu juga :v Coba kita pakai archetype lain, misalnya Madolche..

    Hand: Mewfuille, Hootcake, T.G Striker, T.G Warwolf/Monster Reborn
    1. special summon T.G Striker
    2. normal summon Mewfuille> special summon Hootcake
    3. synchro Mewfuille + T.G. Striker = Naturia Beast
    4. banish Mewfuille> special summon Messengelato> add Chateu/Ticket
    5. aktifin Monster Reborn> special summon T.G. Striker
    6. synchro T.G. Striker + Messengelato = Naturia Barkion
    Field: Naturia Beast dan Naturia Barkion

    Meng, sama aja.. perlu 4 kartu.. tapi ini perlu Monster Reborn, ditambah lagi perlu Second to Go buat special summon T.G. Striker.. makin conditional.. :v Tentu saja kelima Extra Deck monster tersebut efeknya bisa ditahan dengan 2 kartu ini di deck Prophecy..

     http://www.adventureson.com/bbcart/images/prods/Yu-Gi-Oh-Structure-Deck-Spellcaster-s-Judgment-Tsukuyomi.jpg  JowgentheSpiritualist-TP5-EN-C-UE InjectionFairyLily-LOD-NA-ScR-1E

    Betul sekali. Tinggal tutup aja pakai Tsukuyomi :v karena Book of Moon bisa dinegate dan Book of Moon di hand ga bisa aktif gegara Number 16.. kalau ngeset si Number 16 pakai efeknya Tsukuyomi, ya 1 Spell masih tetap bisa dinegate Shi En.. Sedangkan dengan adanya Jowgen face-up ya lawan ga bisa special summon seenak jidat mereka.. Status si Jowgen yang bertype Spellcaster membuatnya gampang dispecial summon Spellbook Judgment Day, Spellbook Tower serta Spellbook of Life.. Masih belum selesai, Injection Fairy Lily bisa dengan cepat menjadi 3.4K beater.. Jadi, ya gampang buat mengalahkan kartu-kartu penghambat Prphecy di atas..

    Spell Cards

    ChainEnergySRL-EN-C-UE

    "Each player must pay 500 Life Points per card to Normal Summon, Special Summon, Set or activate cards from his/her respective hand."

    Ini kartu continuous spell yang dipakai duelist "jaman mesir kuno" doeloe boeat ngeburn, bareng Toll dan Burning Land.. :v ni kartu dapet dari Spell Ruler, burn 500 LP tiap kali set kartu atau aktifin kartu dari hand.. Lumayanlah gopek.. :v tentu saja sebelum mengaktifkan kartu ini ya kita pasang-pasang dulu biar menghindar dari bayar gopeknya Chain Energy.. hati-hati menggunakan kartu ini, di teksnya ada kata "each player", kita juga termasuk :v terlalu riskan ya..


    Aaaaarrgghhh... Extra Deck Monster ga bisa, sekarang Spell Card masih juga bisa ditahan... Walau perlu bayar gopek buat ongkos parkirin kartu di field, kita bisa menghilangkan Continuous Spell semacam Chain Energy.. mereka berlima juga bisa menghancurkan kartu Deck Lockdown.. hampir semua monster Prophecy bertype Spellcaster, jadi kalian bisa side deck transformation ke "Batel lockdown" engga tau Batel Lockdown? Batel itu nama OCG nya Spellbook Magician of Prophecy.. Lockdownnya kan sudah kita bahas di IYDC Tips: Divine Grace Northwemko :v trus Lyla buat apa? Lyla buat kalian yang main Destroyer Turbo.. engga tau Destroyer Turbo apaan? :confusejackiechan.jpg:

    Trap Cards

    Trap-trap di atas juga bisa menahan Spellbook.. :v Macro Cosmos memang bisa mematikan play dari Reaper, High Priestess, dan Destroyer tapi kemarin kan kita sudah bahas juga bijimana kalau banyak Spellbook terbanish Macro Cosmos? :v Well, ketika lawan mengaktifkan SDJ, Secrets, atau Master ya tinggal aktifin aja Cursed Seal of Forbidden Spell :v lawan ga bisa deh aktifin spell dengan yang barusan diaktifin.. Misalnya ga bisa aktifin lagi Spellbook of Secrets atau Spellbook Judgment Day setelah dinegate Cursed Seal..

    Dark World duelist juga kecipratan support dari Ban List March 2013 dengan bebasnya Mind Crush.. Mind Crush bisa membuang High Priestess.. Skill Drain sendiri bisa membuat lawan tidak bisa mengaktifkan efek Prophecy namun lawan masih bisa ngebanish Justice of Prophecy karena costnya Justice kan ngebanish.. Dan ini dia kartu bagus di Dark World untuk menahan Spellbook, Eradicator Epidemic Virus.. hanya dengan mentribute Goldd + Gate, Silva + Gate, atau Grapha maka lenyap sudah Spellbook 3 putaran.. :v EEV juga bisa digunakan selain di deck Dark World lho.. Kalian bisa side kartu ini di deck Fire Fist OCG.. Dimana duelist Fire Fist OCG bisa memainkan Sirius the Blue Dog Star.. :v ATK-nya yang 2400 + 100 ATK dari Fire Formation - Tenki membuatnya target pas untuk EEV.. Untuk lebih jelasnya EEV di Fire Fist, kalian bisa baca di Pojo.. Dengan 2550 ATK power yang dimiliki Evilswarm Ophion, dia juga bisa menjadi target EEV setelah kehabisan Xyz material.. Selain di Evilswarm, EEV juga bisa diside di deck Six Samurai.. imba? Belum. Prophecy masih bisa menangani kartu-kartu di atas dengan kartu ini di side deck mereka...

    RoyalDecree-TP4-NA-UR-UE TrapStunRGBT-EN-C-1E

    2 kartu di atas bisa menahan hampir semua Trap Card yang kalian gunakan untuk menghalau Prophecy... :v namun Counter Trap masih bisa dichain ke ke- 2 kartu tersebut...

    Batel Lockdown tanpa Batel :genius.jpg:
    ini semua setupnya pas First Turn. Flip Decree pas di turn lawan
     
    Galau karena Synchro dan Xyz dihalau serta Trap card dan Spell card dinegate? Tunggu, ada 1 type kartu lagi yang belum dibahas...

    Monster Effect

    Tentu saja kita di sini akan menggunakan Monster di Main Deck yang efeknya bisa menahan play dari Spellbook dan Prophecy..


    Dilihat dari kartu-kartu di atas sudah jelas Spell Canceller dan Sky Scourge Invicil sangat menganggu kombo Spell book Prophecy. Jinzo buat Spell card lah.. U MAD? :v Di sisi lain Thunder King Rai-Oh bisa membuat Spellbook engga bisa ngeadd kartu.. Sayang, Rai-Oh disemi-limit di Ban List March 2013 ini.. ga lain dan ga bukan buat mengurangi konsistensi terdrawnya Rai-Oh.. Buat duelist Prophecy, Rai-Oh bukan momok buat mereka.. karena gampang sekali menahan Rai-Oh di deck Prophecy, selain dengan menggunakan Tsukuyomi..


    Trollol.. :v efek dari Tsukuyomi ga lain dan ga bukan mirip dengan efek Book of Moon.. Tentu saja Rai-Oh engga bisa menegate Spell card :v Gampang kan? Tapi Book of Moon masih kelimit lho... Kalau gitu ya ubah Rai-Oh face-down dengan Spellbook of Fate.. Lagi-lagi ada restriksi dari Fate yang perlu 2 Spellbook sebagai cost untuk membuat Rai-Oh face-down.. Gunakan saja efek dari Fool of Prophecy, problem solved :v Perlu diingat, Fool punya ATK 1600. Jadi dia gampang banget kena BTH.. Gunakan Spellbook of Wisdom untuk menangani masalah Bottomles Trap Hole tersebut..

    Hand: Spellbook Judgment Day / Spellbook of Power, Fool of Prophecy, Spellbook of Fate
    1. aktifin Spellbook Judgment Day
    2. normal summon Fool of Prophecy> buang 1 Spellbook (kalau ada Spellbook of the Master, bisa buang Spellbook of Power atau Secrets). Kalau engga ada SJD, bisa aktifin Spellbook of Power habis ngebuang 1 Spellbook
    3. banish 2 Spellbook> aktifin Spellbook of Fate> Rai-Oh jadi face-down> mulailah swarm spell card
    P.S.: Itu cuma buat Rai-Oh dan monster effect yang ga negate Spell, buat yang bisa negate Spell tinggal diset aja pakai Tsukuyomi.. berhubung Tsukuyomi ada 2..
        Book of Eclipse sendiri bisa mematikan lawan yang ingin menxyz atau synchro.. semua juga tau kita ga bisa ngexyz atau synchro dengan kartu tertutup.. :v 2 kartu ini juga bisa ngereload efek dari Spellbook Magician untuk digunakan next turn.. Buat yang belum notice di Spellbook of the Forbidden One, Book of Eclipse dan Book of Moon bisa dicari dengan menggunakan Alchemic Magician..

        Berarti harapan yang tertsisa hanya satu, Droll & Lock Bird selembar.. harga kartu Common ini di e-bay sudah mulai melewati 10 US$.. dari pantauan plasmadueling.blogspot pun Droll & Lock Bird sudah out of stock di trollandtoad.. Cara Pakainya? Tentu saja timing yang tepat menggunakan ini setelah lawan mengaktifkan Spellbook Judgment Day atau Spellbook of Secrets.. one for one jadinya kalau chain ini ke SJD atau Secrets.. Kalau lawan engga ada kartu tersebut, bisa juga ketika efek Power dan Spellbook Magician jalan.. Ga hanya Spellbook, kartu ini juga sakit buat deck macam Gishki dan Exodia.. no add cards.. :(( :Okay.jpg:


        Lagi-lagi masih ada cara menangkal Droll & Lock Bird di deck Prophecy.. imba? D: Engga, kalau powerful sih iya.. deck Prophecy hampir banyak menggunakan Spell card, bahkan ada yang bawa lebih dari 20 Spell card.. Memang Macro Cosmos tadi sedikit sakit, tapi kan ada Necroface.. Nah, kali ini mereka bisa Side-In Dimensional Fissure untuk melawan Droll & Lock Bird.. :v TAPI, Dimensional Fissure akan merusak Blackwing - Kalut dan Effect Veiler.. Terlalu riskan, coba kita pakai Mental Drain / Mind Drain.. dengan kartu ini lawan engga bisa ngaktifin efek monster yang ada di tangan, alias ga bisa discard Puppet Plant, Droll & Lock Bird, juga Effect Veiler dan summon High Priestess of Prophecy di hand kita.. Gimana nih? Adakah kartu yang seperti Mind Drain? Terpaksa kita pakai Debunk.. Ia juga Counter Trap, jadi hanya bisa CL pakai Dark Bribe atau Seven Tools of the Bandit dan sejenisnya..

        TL; DR, Conclusion:
        • ada banyak cara menuju Roma, mau ke konser dangdutnya atau mau nonton di Tv, bisa juga nyoblos dia pas pemilu 2014, terserah kalian..
        • Prophecy itu engga broken, over powered juga engga.. Spellbook yang bermasalah..
        • Postingannya panjang gegara kemarin-kemarin terhenti karena bahas Wind-Up
        • ga usah terlalu over-hype ke Spellbook, mereka juga ga tiap hari dapet +9
        • OTK mereka secepat mungkin, 1 turn yang diberikan Droll & Lock Bird sudah cukup buat nge OTK mereka.. Kalau engga cukup, Lock Bird lagi aja.. :v
        • ada 4 pilihan deck selain FIRE vs WATER yang bisa dimainkan: Evilswarm Rabbit, Six Samurai, Dark World (Stun version), Agent Herald

        Ok. Segitu dulu dari gua dan gua juga minta maap. Sorry banget kalo artikelnya kepanjangan.. Sorry juga ga ngasi Deck Recipe buat Spellcaster Lockdown 2013 kemarin..Dengan ini saya nyatakan Spellbook / Prophecy Week ditutup!! Selamat Malam Minggu!! Buat yang Jomblo, tolong jangan berdoa bakal hujan. Kasian teman-teman kita nanti kebanjiran lagi di sana, seperti ini..

        http://static.liputan6.com/201301/hi-depan130117c.jpg
        Karena engga ada doa yang paling ampuh selain doa seorang Ibu dan JOMBLOer

        Thanks for reading,
        ~~RareHunter

        Komentar

        Postingan populer dari blog ini

        IYDC Combo: FTK, STK, dan OTK

        Fun Deck: Malina FTK/OTK