YGO News: JOTL TCG World Premiere Cards


YGO News: JOTL TCG Exclusive (World Premiere) Cards

Karena hari ini semua spoiler TCG Exclusive di JOTL (Judgment of the Light) sudah keluar, engga ada salahnya kalau kita melirik mana yang broken dan mana yang bagus. (Biasanya sih TCG Exclusive kalau ngga bagus, Broken, ya sampah. D-Boyz engga sampah, dia bisa jadi bahan tribute monster bertype Divine-Beast). Sekarang mari kita lihat apa saja TCG Exclusive di JOTL TCG. World Exclusive cards di Judgment of The Light ngesupport beberapa themes, seperti Bujin, Mecha Phantom Beast dan Noble Knights, juga kartu yang ngebantu melawan deck Meta saat ini.

Galaxy Serpent
LIGHT/Level 2/Tuner/Dragon/Normal Monster/1000 ATK/0 DEF 
Your hopes and dreams will be refreshed if you catch a glimpse of this rare creature in the evening twilight, soaring in the Sea of Stars. 
Ini dia Promo Card dari JOTL TCG. YES! Level 2 Tuner LIGHT monster Dragon-type!! Sugee!!! Box of Friends target!!!! Galaxy SerpentHieratic Seal of the Sun Dragon Overlord (GAOV) yang dispecial summon Box of Friends buat bahan syncro Trident Dragion!!!!! :gohomeuaredrunk.jpg: Namanya ada embel-embel Galaxy! Photon Synchro?! WOW. Kaito bakal pakai monster Synchro?? o.O Setelah main Fusion trus dia main Synchro??? e_e uhuk Seriously? Memang iya dengan ngebawa 3 monster ini + 2 Rescue Rabbit di deck bisa membantu deck Photon bisa synchro level 8. Cuma 2 kartu, Photon Thrasher + Rescue Rabbit. (belum termasuk Masked Chameleon yang bisa special summon Photon monster dengan 0 DEF) :v YAY. Ini bukan kartu sampah lho (bisa support Hieratic, bukan kartu sampah? :RareHunterLogic.jpg:) :p Bukan Level 1 kek Flamvell Guard, ini Level 2. Jadi si Galaxy Serpent bisa ngebantu Hieratic synchro Level 8 (selain pakai Genex Ally Birdman). Ngerti kan kenapa dibilang mirip Flamvell Guard? Yoi, dia bisa jadi bahan Cards of Consonance, Enchanted Fitting Room, Tri-Wight (special summon Galaxy Serpent 2 biji> synchro jadi Red Nova Dragon :v) Swing of Memories, Quitbolt Hedgehog, Silver's Cry (SD25), target dibuang Dragon Mousoleum (SD25 OCG), bedanya Galaxy Serpent bisa jadi target Accelight, Galaxy Zero, diadd Galaxy Wizard dan dibanish sama Collapsarpent the Ebony Dragon (PP15 OCG).

Noble Knight Drystan 
LIGHT/Level 4/Warrior/Effect/1800 ATK/800 DEF 
While you control another "Noble Knight" monster, your opponent cannot target your monsters with less than 1800 ATK, except this card, for attacks or with card effects. When a "Noble Arms" Equip Spell Card is equipped to this card: Target 1 face-up card on the field; destroy that target. You can only use this effect of "Noble Knight Drystan" once per turn.

Buat yang bingung, "gua perlu buat deck Noble Knight ga ya?", Drystan menjadi alasan perlu ngebuat deck Noble Knight. (ane demen monster bertype Warrior :3 kalo situ engga demen ya gpp). Drystan ntu kartu yang ngejawab problem dari Noble Knight, ngehancurin kartu face-up lawan di arena (dan destroynya ini mandatory). Inzektor Hornet buat Noble Knight.
"summon Medraut> equip Arfeudutyr> destroy S/T lawan> efek Medraut aktif> summon Drystan> Equip Arfeudutyr ke Drystan> destroy Monster lawan> destroy backrow lawan>
Plus 4 hanya dengan 2 kartu :3"
Berarti yang susah ngeadd Noble Arm sekarang.. Santai.. Noble Knight kan punya Ignoble Knight of Laundsallyn buat ngesearch Noble Arm. Atau bisa pakai Genex Ally Birdman trus synchro jadi Power Tool Dragon. Ada yang mau buat deck Meklord Noble Knight?

Xyz Encore 
Spell/Quickplay 
Target 1 face-up Xyz Monster your opponent controls that has Xyz Material; detach all Xyz Materials from it, and if you do, return it to the Extra Deck, then, if there is a Monster Card in the Graveyard among those detached Xyz Materials, Special Summon as many of those monsters as possible from the Graveyard to your opponent's side of the field in face-up Defense Position. Their Levels are reduced by 1 on the field. Cards and effects cannot be activated in response to this card's activation.


Teksnya terlalu panjang? Ribet? Well, gampangnya sih ini kartu ngelakuin beberapa hal berikut:
  • Target 1 Xyz monster lawan (Yup. Ini bukan kartu mirip De-Fusion yang bisa narget monster kita juga) yang punya Xyz material (minimal 1)
  • basically sih De-Synchro buat Xyz monster. Detach semua materialnya> balikin monster Xyznya ke Extra Deck (mirip Compulsory Evacuation Device. Bedanya dari CED ya Xyz Encore ga bisa diresponse. Mirip Super Polymerization yang ga bisa direspon. Kita juga ga bisa ngechain pakai Forbidden Lance, Forebidden Dress, bahkan Solemn Judgment ga bisa buat respon. Dichain pakai Eradicator Epidermic Virus untuk tribute Number 11: Big Eye yang ditarget Encore juga engga bisa.)
  • Special summon semua Xyz material (Monster yang jadi Xyz material aja. Jadi ga berlaku buat Spellbook Miracle) dari monster Xyz yang dibalikin itu (misal: Evilswarm Ophion punya 1 Xyz material, nah Evilswarm Castor jadi Xyz materialnya. Jadi lu special summon itu Castor dan balikin Evilswarm Ophion) dan Level dari Xyz materialnya dikurangi 1 (misal: si Evilswarm Castor tadi jadi Level 3.)
Broken? Engga juga sih.. ini kartu mirip Heraldry Record dari booster NUMH kemarin, cuma berguna lawan deck berporos summon monster Xyz. Kalau ada Fabled Unicore dan hand kita sama dengan hand lawan ya Xyz Encore kenegate Unicore. Fabled Unicore ga punya Xyz material lhoo.. :youdontsay.jpg: Buat lawan Dragon Ruler bagus? Well, Dragon Ruler punya Inzektor Exa-Beetle buat ngelawan kartu semacam Stygian Dirge. :p Kalau iya ngelawan Dragon Ruler pakai ginian, Xyz materialnya di End Phase juga bakal balik ke hand.. tapi yang balik ke hand cuma 1 :v ya udah, synchro sama Effect Veiler jadiin Black Rose Dragon. Dragon Ruler jadi Level 6 dan Hieratic Levelnya 6 :v Tempest Redox Hieratic anyone? Yup, kartu ini masih jauh dari kata broken. Kenapa? Xyz Encore cuma bisa target monster lawan.. Coba bayangin? Apa jadinya kalau Xyz Encore bisa narget monster kita sendiri? :v So far sih menurut ane masih bagusan Electric Virus ketimbang ini. Aktifin 1 kartu random> lawan chain Infestation Pandemic> culik Evilswarm Ophion lawan pakai Electric Virus.

Angel of Zera
LIGHT/Level 8/Sycnchro/Fairy/Effect/2800 ATK/2300 DEF
1 Tuner + 1 or more non-Tuner monsters 
This card gains 100 ATK for each of your opponent's banished cards. During the Standby Phase of the next turn after this card was banished: Special Summon this banished card. You can only use the effect of "Angel of Zera" once per turn.

Generic 2800 ATK Level 8 Synchro Monster. ATK powernya sebanding dengan Scrap Dragon, Thought Ruler Archfiend, dan Colossal Fighter. ATKnya akan bertambah 100 per kartu yang ada di banish zone lawan. Kalau dibanish maka dia bisa disummon di Standby Phase setelah terbanish tadi. Archtype apa yang bisa bantu banish dia? Obviously yang paling awal datang di otak ya deck Agent. Master Hyperion bisa banish dia, itu udah +2. Deck yang anteng bawa Macro Cosmos juga bisa masukin dia.  Summon Summoner Monk> discard random spell> special summon Rose Warrior> synchro jadi ini. :3 kalau ga ada Summoner Monk (FAIL. Ga bisa discard spell kalau ada Macro Cosmos. Tapi bisa pakai Dimensional Fissure. :) Ingat: Dimensional Fissure itu Continuous Spell, jadi bisa diset pakai monster Umbral Horror yang di booster SHSP) ya bisa bawa D.D. Survivor. Di deck Agent bisa  pakai: The Agent of Creation - Venus> summon 3x Mystical Shine Ball> balikin Shine Ball pakai Genex Ally Birdman> summon lagi Shine Ball> synchro jadi ini, 3+3+2. Sayangnya Angel of Zera itu rentan kena Bottomless Trap Hole.  LOL Becanda ah.. mana ada juga duelist yang akan ngeBTH ini monster :v ngapain juga ngeBTH ni monster? Mending simpan itu BTH buat hal-hal lain.. engga main Agent? Ya udah, main Macrosworn.. Kita bisa nambah ATK point monster ini dengan
"buka Macro Cosmos> aktifin Chaos Zone> banish Necroface pakai Gold Sarcophagus> banish 5> buang counter yang ada di Chaos Zone> special summon Necroface> normal summon Level 4 Tuner> dari deck> banish 5> synchro jadi Angel of Zera"
dan ATKnya setara Battlin' Boxer Lead Yoke, 3800 ATK.. Cuma gitu aja? Angel of Zera itu monster synchro level 8, jadi dia bisa dijadiin target Synchro Change.. tentu aja target yang worthy buat disummon ya Stardust Dragon (atau Angel of Zera yang lain), soalnya efek monster synchro yang dispecial summon Synchro Change bakal dinegate. Itu juga kalau meta ke depan bukan Spellbook, Evilswarm, Dragon Rulers. :v Kalau masih mereka bertiga ya Angel of Zera pilihan bagus deck Dragon Ruler buat ngelawan Prophecy yang main loop Spellbook of Fate (dengan asumsi Spellbook of Judgment ga bisa special summon Jowgen, the Spiritualist.dan ngebuat Angel of Zera terkurung di banish zone.) Kalau mau bisa main Future Vision> banish Angel of Zera (somehow misal pakai Extra Gate)> Zera bakal terkurung.. \:v/ YAY!

Bujingi Warg
LIGHT/Level 4/Beast/Effect/1200 ATK/1900 DEF
While this card is in face-up Defense Position, other "Bujin" monsters you control cannot be destroyed by card effects.

TCG Exclusive itu kalau engga broken ya sampah. Ini sampah. Barang siapa yang ngedesain ni kartu 100% engga tau gimana playstylenya Bujin. Ngapain juga bawa dia kalau Forbidden Dress masih 3? eh tapi dia Common dink ;) Setaralah sama efeknya.. Spellbook of Fate juga engga narget.. Well, next..


Moon Dance Ritual
Trap/Continuous
Activate this card by Targeting 1 WIND Xyz Monster you control and has no Xyz material. As long as the monster is on the field, negate the effects of all face-up monsters on the field. If the monster leaves the field, destroy this card. During the End Phase of the turn in which this card is activated: Attatch this card as Xyz Materials on that monster.

Perlu WIND Xyz monster yang ga punya Xyz material? (Number 72: )Well, target yang cocok ya Totem Bird, Harpie's Pet Phantasmal Dragon, dan Number 42: Starship Galaxy Tomahawk. Tapi kalau Totem Bird ditarget Moon Dance Ritual, efeknya Totem Bird juga kenegate.Ada kata "During teh End Phase", attach ni kartu di Totem Bird. Oh, wait. ATKnya Totem Bird kalau ada Xyz material bukannya balik lagi? Ah, perasaan gua aja paling.. Selain Totem Bird, ada WIND Xyz monster baru di LTGY, Harpie's Pet Phantasmal Dragon dan bisa ngasi 8000 damage.. Well, ga bisa direct attack ternyata, kan dinegate sama Moon Dance Ritual.. Trus kalau efek monster kenegate, apa gunanya attach Moon Dance Ritual ke monster Totem Bird dan Harpie's Pet Phantasmal Dragon? Bukannya kalo efeknya kenegate, engga bisa detach Xyz material? (, ")? Ko' ni kartu aneh ya? Ah, cuma perasaan ane aja..

Tour Bus To Forbidden Realms
DARK/Level 3/Fiend/Effect/600 ATK/1000 DEF 
FLIP: Add 1 Fiend-Type monster from your Deck to your hand, except a DARK or LIGHT monster.

Nama kartunya cocok sama art di kartu ini (tapi Artnya lebih cocok buat Spell/Trap. Kalo monster kek gini ntar yang keluar apaan :v). Di dalam artnya ada 5 monster di Forbidden List: Tribe-Infecting Virus, Sangan, Magical Scientist, Cyber-Stein dan Yata-Garasu. Kartu ini ngejelasin apa yang dilakuin Sangan di Mistake (SHSP). Sangan salah masuk bus, dia justru masuk ke bus yang isinya monster-monster yang mau ke Forbidden List. Well, seengganya Sangan ga dibuang dari Wind-Up Zenmighty sama Tour Guide from the Underworld :v LOL banget dah artnya.. Keknya kalo ni kartu masuk TCG artnya bakal dirubah.. masa iya Sangan mau digokkun sama Tribe-Invecting Virus.. >_> lihat dari efeknya, dia bisa ngesearch semua monster Fiend, kecuali yang berattribute DARK dan LIGHT. FLIP efek pula.. artinya kita perlu nunggu KONAMI ngerelease monster DARK Fiend-type Level 3 yang efeknya mirip Tanuki, the Racoon Rascal.. Yup, Tour Guide yang efeknya special summon monster face-down.. Let see, monster Fiend apa saja yang bisa disearch Tour Bus TFR:
  • EARTH: Supay, Evil HERO Malicious Edge, Evil HERO Infernal Gainer, Yellow Duston, etc
  • FIRE: Lava Golem, Gren Maju Da Eiza, Red Duston, etc
  • WATER: Cloudian Dust Flog, Blue Duston, etc
  • WIND: Shadowknight Archfiend, Koa'ki Meiru Doom, Green Duston, etc
Dan tentu saja monster yang bisa dicari bisa level berapapun.. \:v/ dia ga terbatas buat monster level 3 saja.. Memang dia ga bisa ngesearch Evil HERO Infernal Prodigy, tapi Prodigy bisa disummon sama Tour Guide from the Underworld.. Mau pakai dia buat add monster-monster Resonator? Ngapain?! Resonator mah sudah punya Resonator Call..

Confronting the "C" 
EARTH/Level 5/Insect/Effect/1100 ATK/2500 DEF
When your opponent Special Summons a monster from the Extra Deck: You can Special Summon this card from your hand. If you do, this card is unaffected by monster effects that target this card 

Apa gunanya ni kartu? Kita kan sudah punya Trifortressops Emang sih bisa jadi bahan Xyz material Rank 5, EARTH attribute dan perlu 1 level 1 Tuner EARTH monster buat summon Naturia Barkion, 2500 DEF. Tapi ya buat apa kalau ada Trifortressops? Yang ngebuat ngapain masukin dia itu di textnya dia perlu lawan special summon dari Extra Deck. Kalau engga salah pas tahun 2009, Shiny Black "C" di tech di deck Lightsworn. Maxx "C" engga memonopoli "C" monster.. bahkan Flying "C" bisa buat mengatasi deck Evilswarm.. Confronting the "C" memang bisa dikasi Shield & Sword, tapi ya terlalu situasional.. Next.. 

Cockadoodledoo 
WIND/Level 5/Winged-Beast/Tuner/1600 ATK/2000 DEF 
If there are no monsters on the field, you can Special Summon this card (from your hand) as a Level 3 monster. If your opponent controls a monster and you control no cards, you can Special Summon this card (from your hand) as a Level 4 monster. If this card would leave the field, banish it instead.

LOL. Setelah ngeganti Piyokoko jadi Cheepcheepcheep, eh malah buat kartu yang namanya suara hewan ("Bowow" dari Zombowow itu suara gonggongan anjing dalam English). Yup, Cockadoodledoo itu Englishnya kukuruyuk.. Artnya imut banget~ Cockadoodledoo itu monster Level 5, tapi levelnya bisa diganti tergantung kondisi field. Kalo ga ada monster di arena, dia bisa dispecial summon sebagai Level 3. Tapi kalo di field lawan ada monster dan di field kita kosong, kita bisa special summon kartu ini sebagai Level 4. Karena dia Tuner, obvious banget buat ngebantu synchro summon synchro monster. Ada beberapa play menarik yang bisa kita lakukan dengan kartu ini:
  1. special summon ayam> summon T.G. Warwolf> synchro Level 6 atau 7
  2. special summon Cockadoodledoo> summon  Ghost Fairy Elfobia> reveal 1 WIND monster> overlay Elfobia dan ini ayam> xyz summon Totem Bird. TADA! 1 effect monster lawan terlock di Main Phase 1 mereka, 1 S/T mereka terlock juga.
  3. pakai kartu ini untuk summon Red Nova Dragon :v special summon Cockadoodledoo> aktifin Emergency Teleporter> summon Raizbell> ubah levelnya Raizbell jadi 5> normal summon Deep Sea Diva> special summon kopiannya Diva> synchro semuanya jadi Red Nova Dragon.
Lumayanlah, free tribut buat monster-monster Monarch.. Tapi harus dibanish instead ngirim dia ke grave kalau dia mau leave the field (NO! Kalau dibanish berarti levelnya balik jadi 5. Kita ga bisa pakai Leviair the Sea Dragon buat summon balik si ayam), biar ga kebanish ya jadiin aja dia Xyz Material \:v/  Free special summon itu efek terbagus yang dipunyain monster di dunia perYu-Gi-Oh!an. Prediksi ane sih banyak orang yang bakal nganggap ini kartu sampah (setelah tau dia ga bisa dipakai summon Naturia Beast, Naturia Barkion, Naturia Landoise), tapi semua berubah ketika Dragunity Knight - Gae Dearg dan Transmodify tutor Cockadoodledoo, etc dan tiba-tiba para duelist mulai mengabuse monster ini sampai dibilang kartu broken :v

Mecha Phantom Beast Aerosguin
WIND/Level 3/Machine/Effect/1600 ATK/400 DEF
Once per turn: You can banish 1 "Mecha Phantom Beast" monster from your Graveyard, except "Mecha Phantom Beast Aerosguin"; Special Summon 1 "Mecha Phantom Beast Token" (Machine-Type/WIND/Level 3/ATK 0/DEF 0). This card's Level is increased by the total Levels of all "Mecha Phantom Beast Tokens" you control. While you control a Token, this card cannot be destroyed by battle or card effects.

TCG Exclusive terakhir yang kereveal di Yu-Gi-Oh! Wikia.. ATK dan DEFnya sih lumayan.. Ngapain juga bawa Aerosigun kalau cuma mau 1 Token? Mending juga bawa Fire of Doomsday atau Devil's Sanctuary. Lain ceritanya kalau dia bisa summon non-token MPB monster (mirip-mirip Madolche Hootcake jadinya). Eh tapi token yang disummon Level 3.. FAIL. Kenapa ini levelnya engga 4?? WHY KONAMI WHY. Tapi Aerosguin jadi salah 3 tukang summon Token yang gampang, Aerial Charge tetep nomer 2!! Dibanding dengan Mecha Phantom Beast Stealthray, Aerosguin masih bagusan.
"Summon Aerosguin> banish 1 MPB> summon Level 3 token> tribute Aerosguin buat costnya Transmodify> silahkan kembangkan sendiri :v"
Buat yang ga main pure, bisa masukin dia di Black Garden MPB.. Masalahnya sekarang, kalau mau masukin Tour Guide dan Leviair di deck Mecha Phantom Beast, kartu apa yang harus dibuang? Extra Deck udah penuh.. -_-

OK, jadi itu saja TCG World Premiere Cards (TCG Exclusive) yang ada di JOTL. Artikelnya baru diupdet cos gambarnya udah keluar semua di Wikia.. :v
~~RareHunter

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IYDC Combo: FTK, STK, dan OTK

Fun Deck: Malina FTK/OTK