YGO News: SHSP TCG World Premiere


 
YGO News: SHSP TCG World Premiere (TCG Exclusive) Cards

Akhirnya hari dimana semua TCG Exclusive dari SHSP muncul! Artinya apa? Ini dia saat dimana kita akan membahas semua TCG Exclusive yang ada di sini.. Tanpa mnegulur waktu lagi, berikut Text, gambar, dan opini ane tentang kartu-kartu tersebut

GhostrickGhoul-SHSP-EN-OP.png Ghostrick Ghoul
SHSP-EN082 (Super Rare)
DARK/Level 3/.Zombie/Effect/1100 ATK/1200 DEF
Cannot be Normal Summoned, unless you control a "Ghostrick" monster. Once per turn: You can change this card to face-down Defense Position. Once per turn, during your Main Phase 1: You can target 1 "Ghostrick" monster you control; its ATK becomes equal to the combined original ATK of all "Ghostrick" monsters currently on the field, until your opponent's next End Phase, but if it does, only that monster can attack this turn.


Kartu pertama datang dari Sneak Peek SHSP TCG, Ghostrick Ghoul.. Sepintas kartu ini mirip Blackwing - Sirocco the Dawn, tapi kalau dibaca baik-baik ternyata sedikit berbeda.. "its ATK becomes equal to" Yup, tidak seperti Sirocco yang "its ATK gains", Ghoul hanya merubah ATK menjadi gabungan dari seluruh original ATK power monster Ghostrick yang face-up.. Jadi walau ada 3 Ghostrick Ghoul face-up (berkat dispecial summon Inferno Reckless Summon) dan mengaktifkan efeknya, ATK powernya hanya 3300 points, bukan 9900 points.. Berkat adanya Ghostrick House jadi 3300 beater tadi bisa memberi direct attack..Pembahasan lebih dalam akan dibahas di Deck Guide: Ghostrick ketika semua support untuk Ghostrick sudah direveal di booster LVAL.. Oh iya, walau pun Ghostrik Ghoul tidak bisa membantu untuk memberikan OVER 9000 damage, dia masih bisa digunakan untuk OTK.. Tapi ya damage yang dihasilkan bukan OVER 9000..


Vampire Duke
SHSP-EN082 (Rare)
DARK/Level 5/Zombie/Effect/2000 ATK/0 DEF
When this card is Normal Summoned: You can target 1 DARK "Vampire" monster in your Graveyard; Special Summon that target in face-up Defense Position. When this card is Special Summoned: You can declare 1 card type (Monster, Spell, or Trap); your opponent sends 1 card of that type from their Deck to the Graveyard. You can only use this effect of "Vampire Duke" once per turn. This card cannot be used as an Xyz Material for an Xyz Summon, except for the Xyz Summon of a DARK monster.

Di sini ada monster baru untuk Vampire. DARK attribute Level 5 monster berATK 2000, standard untuk di kelasnya. Juga memiliki 0 DEF, standard juga buat monster Zombie. Buat yang sudah diattract sama Vampire kemarin pasti langsung tau kalau ini 1-card-Xyz jika ada Vampire Sorcerer di graveyard. Berbeda dengan Shadow Vampire, kita engga perlu kehabisan target di deck ketika menormal summon Vampire Duke untuk mendapatkan efeknya.. Oh iya, engga ada embel-embel monster Vampire level berapa. So, kita bisa special summon Crimson Knight Vampire Bram untuk bahan Chaos Xyz Summon ke Gaia Dragoon, the Thunder Charge.. kalau mau summon Vampire Duke pakai tribute sih mending tribute summon Caius aja :v bisa dibilang Vampire Duke ini Coach Soldier Wolfbark untuk Vampire. Tak hanya ketika dinormal summon, dia juga dapat efek ngemill 1 kartu lawan layaknya Vampire  Lord, nothing special. Sayangnya ngemillnya itu hanya bisa dipakai once per turn sana seperti Vampire Grace. Jadi Vampire Duke ga terlalu support Il Blud OTK (Duke itu Level 5, bukan Level 6). Sama seperti Shadow Vampire juga, Vampire Duke bisa ngetrigger Vampire Kingdom. Yang membuat dia sedikit dilirik duelist ya itu tadi "This card cannot be used as an Xyz Material for an Xyz Summon, except for the Xyz Summon of a DARK monster." mirip Garbage Lord. Tau kan targetnya apa saja? Number 53: Heart-EartH, Adreus, Crimson Knight Vampire Bram, dan Shark Fortress..Tentunya kita bisa menggunakan Transmodify untuk special summon Vampire Duke dari deck dengan ngesend Level 4 Zombie-type monster.. Untung saja banyak duelist yang berpikir Vampire perlu 3 Vampire Kingdom, bakal berabe kalau semua kepikiran abuse Treeborn Frog dan Swap Frog karena Vampire Sorcerer jadi Ultra Rare di SHSP TCG.. :v

Noble Knight Borz
SHSP-EN083 (Super Rare)
LIGHT/Level 4/Warrior/Effect/1700 ATK/900 DEF
This card is treated as a Normal Monster while face-up on the field. While equipped with a "Noble Arms" Equip Spell Card, this card becomes an Effect Monster with this effect.
● This card becomes DARK and its Level is increased by 1. During your Main Phase: You can reveal 3 "Noble Arms" cards from your Deck, have your opponent randomly add 1 of them to your hand, and send the rest to the Graveyard. You can only use this effect of "Noble Knight Borz" once per turn.

Akhirnya KONAMI menjawab masalah yang dimiliki Noble Knight.. Apa itu? Setelah direleasenya Noble Arms of Destiny di LTGY yang patut dibawa 3 di deck Noble Knight, masalah pun muncul.. "Adakah kartu yang bisa ngeadd Noble Arm?" Yang langsung muncul dipikiran adalah Hidden Armory.. Masalah pun bertambah, soalnya kan Noble Knight perlu normal summon.. Engga lucu kalau bawa Double Summon.. Ignoble Knight of Black Laundsallyn? Bisa sih bisa, "Noble Knight" monster juga, tapi ya Level 5.. -_-) Datang lagi Power Tool Dragon ke pikiran, tapi sayang sekali KONAMI ngelimit monster Tuner sakti mandraguna, Genex Ally Birdman.. Nah sekarang dikasi Borz sama KONAMI, Level 4 Power Tool Dragon yang mirip Spellbook of Crescent.. Sedikit trivia dulu tentang efeknya Borz: Borz di sini adalah Bors the Younger di dalam cerita King Arthur. Bors, bersama Galahad dan Percival, mereka mencari  Holy Grail. Dalam misi pencarian tersebut hanya Bors yang tidak mati, itu kenapa efeknya Borz milih 3 Noble Arms (Yang 1 buat Galahad, yang 1 lagi buat Bors, dan 1nya lagi untuk Percival) dan membuatnya hanya bisa ngeadd 1 Noble Arms ke tangan (Bors) dan membuang 2 lainnya ke graveyard (Galahad dan Percival, karena keduanya mati dalam misi tersebut) :) Seperti yang dikatakan sebelumnya, efeknya itu mirip Power Tool Dragon, jadi usahakan memilih 3 Noble Arms of Destiny untuk terhindar dari random addnya itu.. :v Jika memang memilih Noble Arms of Destiny, maka ada baiknya kalian mempersiapkan cara agar Borz bisa tidak mati di turn lawan berikutnya. So, kita bisa menggunakan efeknya di turn berikutnya.. Yang jelek dari Noble Knight Borz hanya 1, ia tidak menghancurkan Noble Arms ketika efeknya aktif. Padahal kalau bisa menghancurkan Noble Arms bisa membuat big play yang memberi push besar ke lawan..

Lady of the Lake
SHSP-EN084 (Secret Rare)
LIGHT/Level 1/Aqua/Tuner
ATK 200/DEF 1800
Cannot be used as a Synchro Material Monster, except for the Synchro Summon of a Warrior-Type monster. If this card is used for a Synchro Summon, banish it. When this card is Normal Summoned: You can target 1 “Noble Knight” Normal Monster in your Graveyard; Special Summon that target. If this card is in your Graveyard: You can target 1 Level 5 “Noble Knight” monster you control; reduce its Level by 1, and if you do, Special Summon this card from the Graveyard.

Akhirnya ada target bagus juga untuk Noble Knight Gwalchavad juga.. Ini dia monster Tuner untuk Noble Knight yang muncul di Noble Knight Showcase. Terpaksa sudah pakai Rai-Mei atau One for One untuk add/summon dia.. Lha dianya bertype Aqua, engga bisa diadd Reinforcement of the Army dan Reinforce Truth.. 2000 DEF itu stat yang biasa untuk Level 1 Normal Monster, jadi 1800 DEF masih bisa dinalar untuk Level 1 Effect Monster.. Beberapa kekurangan yang dimiliki Lady of the Lake juga:
  • Cannot be used as a Synchro Material Monster, except for the Synchro Summon of a Warrior-Type monster: berarti cuma bisa dipakai untuk Synchro summon X-Saber Wayne dan Sccared Warrior serta monster Synchro/Warrior.. Seperti yang ada di Noble Knight Showcase, Wayne bisa membantu swarming Noble Knight monster yang ada di tangan.. Sedangkan Sccared Warrior bisa untuk stalling.. Jadi, satu-satunya pilihan yang tersisa ya Synchro Monsternya Noble Knight..
  • If this card is used for a Synchro Summon, banish it: Jika kalian synchro summon menggunakan kartu ini sebagai Tuner, dia akan dibanish.. yang  membuat efek -1 level jadi percuma..Jadi yang bisa mengatasi masalah ini ya dengan main deck Imperial Iron Wall, lumayanlah untuk menghadapi deck macam Dragon Ruler dan Prophecy 
Dan efek terakhirnya yang mirip Level Eater adalah efeknya yang terbagus. Sayangnya Elemental HERO Neos Alius bukan Noble Knight monster, jadi engga bisa -1 Levelnya.. Seperti yang diprediksi sebelumnya, harga Noble Knight Medraut akan melonjak lagi.. Thanks buat Lady of the Lake yang telah membuat Noble Knight Joan menjadi monster Noble Knight yang sampah lagi, statusnya naik jadi "lumayan sampah".. discard Artorigus> add Lady of the Lake > normal summon Lady of the Lake> special summon Artorigus> synchro jadi IKHL.. udah kek pakai Monster Reincarnation saja..

Sinister Yorishiro
SHSP-EN089 (Ultra Rare)
Continuous Trap Card

Each turn, 1 Level 5 or higher Fiend-Type monster you Normal Summon can be Summoned without Tributing. If exactly 1 Normal Summoned/Set Level 5 or higher Fiend-Type monster (and no other cards) would be destroyed, you can send this card to the Graveyard instead.

Yorishiro? Apaan tuh? Bukan nama Inggris.. Berikut yang ane dapat dari Wikipedia, "A yorishiro (依り代・依代・憑り代・憑代) in Shinto terminology is an object capable of attracting spirits called kami, thus giving them a physical space to occupy during religious ceremonies". Jadi Yorishiro di sini ialah sesuatu yang membuat Archfiends tetap ada di field dan dapat disummon tanpa tribute.. Hazy Pillar untuk monster Fiend-Type. Berikut list Fiend-Type monster yang lumayan bagus untuk disummon Sinister Yorishiro:
  • Archfiend Emperor, the First Lord of Horror (3000 beater + sudah pernah dibahas ini sebelumnya :v Engga dibahas lagi)
  • The End of Anubis (LOL Necrovalley)
  • Vanity’s Fiend (Archlord Kristya yang bisa disummon tanpa tribute..)
  • Yubel (Jadi engga stuck tanpa Fire King Yakhsa)
  • The Supremacy Sun
  • Earthbound Immortal Ccapac Apu (Sayang sekali Sinister Yoroshiro itu Counter Trap Card, padahal bisa OTK dengan monster ini kalau dia Continuous Spell)
  • Ultimate Obedient Fiend (Trollolo~ 3300 ATK.. mana Tour Bus to Forbidden Realms mana?) 
  • Greed Quasar (Welcome back untuk deck jadul, Greed Quasar control..)
  • Invader of Darkness (Yah, telat. :( Spellbook of Judgment dan Super Rejuvenation sudah dibanned di TCG.. Tapi Spellbook of Fate masih ada 3, Scapegoat juga sudah keluar dari Limited)
  • Gaap the Divine Soldier
  • Flame Golem (kata orang-orang +1 itu is something.. )
  • Chaos Hunter (Trollolo~ Dragon Ruler..)
  • dan non-Dark World serta non-Infernity Fiend-Type monster yang lain
Buat yang mau ngebuild deck Archfiend dari JOTL bisa memasukkan kartu ini 2 lembar di main deck.. ada baiknya juga membawa Skill Drain untuk menegate efek dari Archfiend Emperor, the First Lord of Horror dan Archfiend Giant..

Archfiend Giant 
SHSP-EN083 (Rare)
DARK/Level 6/Fiend/Effect
2400 ATK/1600 DEF
If this face-up card on the field would be destroyed by a card effect, you can pay 500 Life Points instead. This effect can only be used once while this card is face-up on the field. If this card is destroyed by a card effect and sent to the Graveyard: You can Special Summon 1 "Archfiend" monster from your hand

Artworknya mantap.. Keren! Tapi masih kalah dari artworknya Prophecy Destroyer.. Archfiend Giant memiliki ATK sebesar 2400 points (2900 ATK jika Archfiend Palabyrinth face-up di arena dan saat Damage Calculation only) Jadi sepertinya Archfiend yang satu ini berhubungan dengan Archfiend yang bayar-membayar Life Points.. Archfiend Giant jugasangat bagus digunakan dikedua Archfiend Field Spell, baik Pandemonnium maupun Archfiend Palabyrinth.. Gampang sekali mendapatkan hand yang dipenuhi monster Fiend-Type saat menggunakan Pandemonium (silahkan baca efek keduanya Archfiend Giant jika dia didestroy by card effects). Thanks banget buat Archfiend Giant yang membuat Archfiend Empress menjadi kartu yang tidak sampah lagi, justru menjadi kartu yang lebih bagus dari Archfiend Giant.. :) Tapi buat ane sih Caius the Shadow Monarch masih lebih bagus untuk seukuran monstre yang perlu tribute.. :3 Namun sayang banget Archfiend Commander engga jadi OCG Import di SHSP, Archfiend Commander justru jadi Promo di V Jump..

Ignoble Knight of High Laundsallyn
SHSP-EN086 (Secret Rare)
DARK/Warrior/Synchro/Effect/Level 5/2100 ATK/900 DEF
1 Tuner + 1 or more non-Tuner "Noble Knight" monsters
When this card is Synchro Summoned: You can equip 1 "Noble Arms" Equip Spell Card from your Deck to this card. At the end of the Battle Phase, if this card destroyed a monster by battle and sent it to the Graveyard: You can add 1 "Noble Knight" or "Noble Arms" card from your Deck to your hand. You can only control 1 "Ignoble Knight of High Laundsallyn".


Ini dia Noble Knight Synchro Monster yang Level/Type/Synchro Material yang telah diprediksi ketika Lady of the Lake muncul di Noble Knight Showcase.. dengan stat DARK/Warrior/Synchro/Level 5 yang dimilikinya membuat kita berpikir sejenak, "kelihatannya mirip Legendary Six Samurai - Shi En". Dengan 2100 ATK yang dimilikinya membuat Ignoble Knight of High Laundsallyn menjadi Eradicator Epidermic Virus (ketika IKHL disynchro summon, equip Noble Arms - Gallatin (+1000 ATK) atau Noble Arms - Caliburn (+500 ATK)) dan Deck Devastation Virus fodder, memang Ignoble Knight Laundsallyn lebih gampang disummon, tapi itu terlalu mainstream.. 2100 ATK itu kecil untuk monster Synchro Level 5? Ga kecil ko', mengingat dia bisa ngeadd Noble Arms.. Mirip Brotherhood of Fire Fist - Tiger King? Kalo menurut ane sih mirip Spellbook of Power on leg.. :v Sebenarnya dia bisa diintant synchro summon menggunakan Lady of the Lake (normal summon Lady of the Lake> special summon Noble Knight Artorigus> synchro summon IKHL), tapi buat kalian yang engga suka mainstream bisa menggabungkan Vylon Sphere dan Vylon Matter di deck Noble Knight.. So far belum ada Noble Knight yang Level 3 jadi belum bisa bawa T.G. Striker, tapi masih bisa bawa Unknown Synchron..

Noble Arms - Excaliburn
SHSP-EN088 (Super Rare)
Equip Spell Cards
Equip only to a "Noble Knight" monster. It cannot be targeted by an opponent's card effects. During your turn, except the turn this card was sent to the Graveyard: You can banish this card from your Graveyard, then target 1 "Noble Knight" Xyz Monster you control; Special Summon from your Extra Deck, 1 "Noble Knight" Xyz Monster with a different name, by using that target as the Xyz Material. (This Special Summon is treated as an Xyz Summon.) Xyz Materials attached to it also become Xyz Materials on the Summoned monster.) You can only use this effect of "Noble Arms - Excaliburn" once per turn.

Mantap ni kartu.. Btw ini pedang yang kita bicarakan di Lady of the Lake barusan.. Noble Arms - Excaliburn + Noble Arms of Destiny = Forbidden Dress untuk Noble Knight, yay! \:v/ Buat yang sering membaca IYDC, pasti tau ini efek kartunya mirip Rank-Up Magic.. :v Soalnya ane sering bahas tentang RUM.. Yang membuat kartu ini sedikit berbeda dengan Noble Arm lainnya yaitu "Equip only to a "Noble Knight" monster." Padahal Noble Arms yang lain bisa diequip ke Warrior-Type monster.. Ini juga merupakan Noble Arms yang engga bisa reequip ke Noble Knight/Warrior-Type monster.. :( Beda dengan Rank-Up-Magic, Noble Arms - Excaliburn gampang sekali diadd di Noble Knight.. Ini juga memberi nilai plus pada Noble Arms - Excaliburn..

Bujingi Raven
SHSP-EN081 (Rare)
LIGHT/Level 4/Winged Beast/Effect/1600 ATK/900 DEF
When a "Bujin" monster you control is destroyed by battle with an opponent's monster and sent to your Graveyard: You can send this card from your hand to the Graveyard; destroy that opponent's monster.

Lagi-lagi KONAMI mulai mengutus orang yang sama dengan yang ngedesain Bujingi Warg di JOTL, orang yang engga tau cara main Bujin sama sekali .. Ane ga ngerti kenapa Noble Knight dapet banyak TCG Exclusive setelah muncul di Extra Pack 5 dan Bujin dapet kartu sampah ginian.. Kalo mau opini jujur, ini memang sampah.. Sampahnya dibagian mana? Efeknya? Bukan! Bukan karena efeknya yang sampah, tapi Bujingi Raven itu LIGHT/Level 4/Winged Beast. Ya, kartu ini mengingatkan kita dengan Bujingi Crane. Hand trap untuk Bujin :) Oh, wait! Bujingi Crane punya efek seperti Honest. Dengan munculnya kartu ini, 1 masalah pun muncul: Yang ma ayang lebih worth untuk diadd? Bujingi Crane atau Bujingi Raven? Jauuh, beda jauh banget efeknya. So pasti Bujingi Crane yang lebih worth untuk diadd (biar engga mainstream bisa balikin 3 LIGHT monster pakai Photon Veil lalu add 3 Bujingi Crane/Bujin Yamto :v) Masih lebih bagus Bujingi Yata (Bujingi Crow di TCG) dibandingkan Bujingi Raven.. TAPI art yang dimiliki Bujingi Raven keren juga kalo dilihat-lihat.. :v Bujin kan porosnya mempertahankan Yamato sehingga dia leluasa mengontrol field menggunakan Kaiser Colosseum, Vanity Emptiness, Black Garden lha ngapain dibiarin hancur?? Harusnya kasi dong Forbidden Dress dalam bentuk hand trap atau rada-rada mirip Swordsman of Revealing Light biar Bujin tambah mantap..

Sacred Noble Knight of King Artorigus
SHSP-EN087 (Ultra Rare)
LIGHT/Rank 5/Warrior/Effect/2200 ATK/2200 DEF
2 Level 5 “Noble Knight” monsters
When this card is Xyz Summoned: You can target up to 3 “Noble Arms” Equip Spell Cards with different names in your Graveyard; equip those targets to this card. Once per turn: You can detach 1 Xyz Material from this card, then target 1 other monster on the field; destroy that target. If this card on the field is sent to the Graveyard: You can target 1 Level 4 or higher “Noble Knight” monster in your Graveyard; Special Summon that target.

Munculnya kartu ini memicu perdebatan di dunia per-Yu-Gi-Oh!-an, "saya harus summon Number 61: Volcasaurus atau Sacred Noble Knight of King Artorigus ini di deck Noble Knight?". Kedua monster tersebut memiliki effect yang bisa destroy 1 monster di field lawan. Tentu saja banyak yang mmemilih Sacred Noble Knight :v lha wong dia bisa destroy 1 monster mau face-up atau face-down yang penting ada du monster zone.. \:v/. Pantaskah SNK disummon? Let's see.. Efek Artorigus, King of Noble Knight juga terdapat di kartu ini.. Dengan ini maka harga Noble Knight Medraut akan semakin melambung.. Masih belum ngeh? Coba baca ari\tikel ini dari awal lagi, nanti juga sadar.. :) Efek terakhir SNK juga bagus.. Dia bisa summon Medraut/Borz/Gwalchavad dari graveyard dan gain advantage + resource terus-menerus jika kena Mirror Force dan disend ke graveyard.. Benar-benar cocok dengan Imperial Iron Wall.. Thanks banget untuk SNK, kelemahan Noble Knight jadi hampir tanpa celah.. (LOL Skill Drain, DNA Surgery, Anti-Spell Fragrance) Mereka sudah memiliki apa yang harus dimiliki archetype lain: Consistency, Resource yang menguntungkan, tak gampang dihancurkan (by battle atau card effects).. Broken? Nope.. Kalian kena hype dari Noble Knight kalau menganggap ini kartu broken.. Di antara monster Noble Knight yang lain sih iya. Yang jelas SNK sudah menjawab fungsi dari Noble Arms - Excaliburn dan ngere-equip 3 Noble Arms yang diequip Artorigus, King of Noble Knight sebelumnya..
It’s the most wonderful time of the year! They’re finally announcing TCG exclusives for Shadow Specters. Our first two are Noble Knight Borz and Vampire Duke. Both are really good if you ask me. Here are the card texts: - See more at: http://blog.yugiohprices.com/post/64148438969/shadow-specters-tcg-exclusives#sthash.9hMONR8U.dpuf

After all, kalian salah kalau mikir Noble Knight jadi Tier 1 atau Tier 1.5 setelah SHSP TCG dirilis, itu semua hanya hype yang kalian rasakan. (Memang sekilas mirip deck Prophecy) Dan kalau pun Noble Knight topping di YCS berikut-berikutnya, itu semua hanya hype di awal. Seperti deck Ghostrick yang menang turnament di Jepang saat Dragon Ruler, Spellbook, Fire Fist masih lengkap. Noble Knight masih punya beberapa celah, belum sesempurna seperti yang kita semua pikirkan..
~~RareHunter

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IYDC Combo: FTK, STK, dan OTK

Fun Deck: Malina FTK/OTK