IYDC Tips: Top Deck Plant - Shinra


IYDC Tips: Check Top Deck Plant

Hari ini ane akan memberikan agan-agan semua Tips-tips untuk membantu archetype utama yang ada di booster LVAL, Shinra. Seperti deck Naturia, Shinra adalah archetype yang fokus pada Plant-type monster.. main play dari mereka ialah mendecleare top deck dan ngesend top deck.. Shinra juga memiliki kemampuan swarming yang lumayan cepat.. Sebenarnya artikel ini sudah lama mau dipublish, tapi kartu-kartu di LVAL kelamaan untuk direveal dan membuat blog lama untuk posting. So, apa boleh buat.. Ane akan memberikan tips untuk agan semua tentang monster Shinra yang hanya sudah direveal detik ini saja.. Buat monster Shinra yang direveal nanti akan dibahas di artikel yang lain... Cekidot gan!



Shinra no Mibari Peas
Level 1/WIND/Plant/Effect
ATK 400/DEF 100
When this card is Normal or Special Summoned: You can reveal the top card of your Deck. If the revealed card is a Plant-Type monster, send it to the Graveyard. Otherwise, place it on the bottom of your Deck. If this card is revealed in the Deck and sent to the Graveyard by a card effect: You can target 1 Level 4 or lower Plant-Type monster in your Graveyard; Special Summon that target. You can only use this effect of "Shinra no Mibari Peas" once per turn.

Level 1/WIND/Plant monster, mengingatkan kita dengan Spore :3 1+1= Formula Synchron> draw 1 kartu> fapfapfap> Shooting Quasar Dragon.. Lha jadi jauh gini ampe manggil Quasar segala.. :v Yang jelas kita disini dapat Monster Reborn untuk Lonefire Blossom (selain: The World Tree, Miracle Fertilizer, Seed of Flame, Gigaplant, etc) berhubung Monster Reborn dibanned di TCG.. Tentu saja untuk ngereveal + send kartu ini kita tidak bisa menggunakan Foolish Burial, karena di textnya jelas2 engga ada kata reveal.. :v obvious banget.. Jadi pilihannya ada: Reasoning (makin kelihatan kenapa Reasoning diunlimit), Monster Gate (selain menggunakan efek dari monster Shinra), dan Magical Merchant.

"Tapi om, di textnya Magical Merchant kan engga ada kata reveal. Yang ada cuma kata "Pick Up""

Ah iya juga ya. Tapi perasaan Reasoning dulu juga pakai Pick Up dan textnya berubah menjadi Reveal pas direprint di SD22: Dragon Collide. Jadi kedepannya mungkin ada ruling yang membedakan antara Pick-up dan Reveal, who knows..

Shinra no Senju Regia
Level 8/FIRE/Plant/Effect
ATK 2700/DEF 1800
Once per turn: You can reveal the top card of your Deck, and if that card is a Plant-Type monster, send it to the Graveyard and draw 1 card, otherwise place it on the bottom of your Deck. If this card is revealed from the Deck and sent to the Graveyard: You can look at up to 3 cards from the top of your Deck, then return them to the top of the Deck in any order.

Another Plant/FIRE/Level 8 yang cocok dimasukkan di deck Marina FTK/OTK yang pernah kita bahas sebelumnya di SHSP Week.. Nope! Walau menggunakan Amarylease, Senju Ragia masih perlu 1 monster untuk ditribute.. ngapain juga perlu Amarylease kalau dia bisa dispecial summon Lonefire Blossom kan? LOL Lonefire masih dilimit sih.. Well, sama seperti monster-monster Shinra lainnya, Senju Regia juga jalan kalau kena Reasoning, Monster Gate, dan Magical Merchant.. Efek ngemillnya juga jago untuk set-up play yang akan dilakukan nantinya...

Shinra no Morigami Arusei
Rank 8/LIGHT/Plant/Xyz/Effect
ATK 2300/DEF 3200
2 Level 8 Monsters
Once per turn: You can declare 1 card name; reveal the top card of your Deck, and if it is the declared card, add it to your hand, otherwise send that card to the Graveyard. If a card(s) is sent from your Deck to the Graveyard by a card effect: You can detach 1 Xyz Material, then target 1 card on the field; place that card on the top or bottom of the Deck. You can only use this effect of “Shinra no Morigami Arusei” once per turn.

Rank 8 monster yang perlu 2 Xyz material (uhuk Felgrand the Divine Knight uhuk).. 3200 DEF yang kelihatan bisa bertahan lama di field.. dari artnya mengingatkan saya dengan salah satu monster Naturia, Naturia Beast..dilihat dari efek yang dimiliki 2 monster Shinra yang sudah kereveal tadi sepertinya ia gampang disummon (selain menggunakan Lonefire Blossom, Gigaplant, The World Tree, Meliae of the Tress, dll).. OK, lanjut kita baca efeknya:
  • Once per turn: You can declare 1 card name; reveal the top card of your Deck, and if it is the declared card, add it to your hand, otherwise send that card to the Graveyard: What the.. lama-kelamaan Xyz monster mau menyaingi Synchro monster.. Mereka sudah engga perlu Xyz material untuk mengaktifkan efeknya..hanya dengan tanpa mendetach xyz material kita bisa decleare 1 nama kartu yang ada di top deck.. Menebak kartu yang ada di atas top deck gampang banget jika ada Convultion of Nature.. Jadi secara obviously kita bisa bilang kalau kartu ini Archfiend's Oath untuk Shinra.. Dengan efek yang tanpa menggunakan Xyz material, ia menjadi salah 3 Rank 8 Xyz monster yang worthy untuk disummon di Plant deck.. Terkadang kita perlu sengaja salah menebak untuk ngesend monster yang di top deck dan ngemill monster Shinra atau random Dandylion.. Ditambah lagi jika kita salah nebak maka kita bisa ngetrigger efek kedua yang dimiliki Morigami Arusei's untuk ngespin 1 kartu. Dan kalau kita benar menebak ya draw 1 kartu sekali detach :v Ga ada minusnya nih ni kartu.. 
  • If a card(s) is sent from your Deck to the Graveyard by a card effect: You can detach 1 Xyz Material, then target 1 card on the field; place that card on the top or bottom of the Deck: Yang satu ini juga lumayan bagus walau perlu detach Xyz material.. Rada-rada mirip Madolche Tiaramissu.. efeknya yang ini gampang banget ditrigger dengan menggunakan efek 2 monster Shinra yang lain atau dengan menggunakan efek dari: Armageddon Knight> send Plaguespreader Zombie, sengaja salah nebak saat decleare nama pas mengaktifkan Archfiend's Oath, send 1 kartu dari deck dengan efeknya Lavalval Chain, dll. Archfiend's Oath sendiri gampang diadd menggunakan efek Archfiend's Heiress.. Heiress juga gampang dispecial summon Tour Guide.. Tour Guide + Heiress = Rank 3 monster> detach Heiress> add Archfiend's Oath. Sayang, detach 1 Xyz Material dari Xyz Monster biasanya cost untuk mengaktifkan efek mereka.. Kenapa sayang? Archfiend Heiress engga aktif kalau disend as a cost..

Setelah melihat fokus dari archetype baru ini yang ngereveal dan ngesend serta melihat Top Deck. Kartu non-Shinra apa saja yang bisa membantu archetype ini selain Convultion of Nature, Reasoning, Monster Gate, Magical Merchant, ? Let's see kartu apa saja yang ada..
(P.S: buat yang engga tau efek kartu dibawah ini, silahkan block nama kartunya dan klik "Search Google For" jika kalian memakai Mozilla Firefox. Kalau insert gambar terlalu besar :v)
  • Morphtronic Celfon: entah angin apa banyak TCGer bilang kartu ini sampah. (Bukti? buka Pojo sana..) Tapi untuk Shinra ini menjadi salah 1 tech yang lumayan..  "Roll a die, and reveal the top cards of your Deck equal to the result." Gimana? enak kan bisa reveal Shinra? Tapi habis reveal dishuffle lagi :v Jadi untu memaksimalkan efeknya Celfon, bawa saja 2-3 lembar Morphtronic Celfon.. Well kalau gitu efek keduanya, "Roll a die, and pick up the top cards of your Deck equal to the result, and return them in the same order." Nah ini sama juga mirip Magical Merchant, masih pakai kata pick up, bukan reveal.. Kalau kartu ini dan Magical Merchant dirubah jadi reveal, cocok taruh di Shinra
  • A Feather of the Phoenix, Cyber Valley: kedua kartu ini memiliki efek yang sama, "target 1 card in your Graveyard; return(place) that target to the top of your Deck." Self explanation, sudah obvious banget buat top deck apaan
  • Fruits of Kozaky's Studies, Big Eye: berbeda dengan kartu di atas, 2 kartu ini dapat membantu kita untuk melihat top deck,, Jadi kita gampang untuk mendecleare nama kartunya.. Benar-benar engga ada yang dijelaskan, efeknya sudah jelas ko
  • Spellbook of Secrets + Spellbook Organization: Spellbook lagi spellbook lagi.. Tenang, yang ini dijamin engga broken :v seperti halnya Big Eye, Spellbook Organization bisa melihat isi top deck kita.. Spellbook of Secrets sendiri dapat ngeadd Spellbook Organization..
  • Convulsion of Nature + Ghiski Diviner: Meh, Deep Sea Diva sudah dilimit di TCG, no hope buat draw Ghiski Diviner atau ngedraw Diva.. Btw, buat yang mau main Convultion of Nature, kalian engga perlu asal nebak nama, soalnya kartu sidah direveal ke atas berkat efek dari Convultion of Nature
  • Armageddon Knight/Dark Grepher + Plaguespreader Zombie/Arcfiend Heiress: dengan ngesend Plaguespreader Zombie menggunakan efek Armageddon Knight, kita bisa top deck 1 Plant monster dan special summon Plaguespreader Zombie dari graveyard.. Plaguespreader Zombie itu Tuner monster, jdi 2+4=Level 6 Synchro monster.. atau kalian bisa ngesend Archfiend Heiress untuk ngeadd Archfiend's Oath..
  • Lavalval Chain + Archfiend's Oath: obviously banget efek kedua Lavalval Chain bisa top deck monster.. setelah monster Plant ada di top deck, aktifkan Archfiend's Oath untuk ngeadd atau ngesend Plant monster tersebut
  • dll, Cek aja di sini lebih lengkapnya: di wikia

Cara melakukan combonya? Gampang..

Hand: Summoner Monk, 1 random Spell card
  • normal summon Summoner Monk> efek nyala jadi DEF mode
  • discard Spell Card> special summon Armageddon Knight> dump Archfiend Heiress
  • efek Archfiend Heiress nyala> add Archfiend's Oath
  • overlay Summoner Monk + Armageddon Knight = Lavalval Chain
  • detach 1 Xyz material> top deck 1 Plant monster
  • aktifkan Archfiend's Oath> silahkan sengaja salah nebak untuk mill plant monster atau decleare aja nama kartu yang di top deck Lavalval Chain.
(Combo Summoner Monk di atas tidak hanya berlaku untuk Shinra, tapi bisa juga untuk Dark Armed Dragon, BLSEOTB, baby Chaos Dragon yang ada di SHSP TCG sebagai OCG Import, dll. Fungsinya sama: untuk ngedraw kartu yang ditop deck Lavalval Chain)

Gimana? Tertarik untuk memainkan Shinra? Masih inconsistent? Ya iyalah, lha mana ada archetype bisa hidup cuma ada 3 kartu (1 monster xyz, 2 lainnya effect monster) bisa konsisten.. Lagian juga dari spoiler yang ada di V Jump akan ada banyak monster Shinra di booster LVAL ini.. All in all kalau kalian menggunakan deck Shinra, berhati-hatilah dengan deck CLOUDian Strife.. :v
~~RareHunter

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IYDC Combo: FTK, STK, dan OTK

Fun Deck: Malina FTK/OTK