YGO News: Legacy of the Valiant (LVAL) Review


YGO News: Legacy of the Valiant (LVAL) Overview

Yo~ Duelist! Booster set Yu-Gi-Oh! TCG terbaru - Legacy of the Valiant (LVAL) - sudah seminggu direlease. (Sedangkan OCGnya sudah lumayan lama, November 2013 :v) Dan sekarang baru ada kesempatan bisa ngebahas.. Harusnya sih saat ini sudah bahas PRIO, tapi ya gara-gara banyak ada masalah akhirnya baru bisa dibahas juga.. Seperti biasanya dalam kesempatan kali ini kita akan membiacarakan mengenai: Deck Idea, Combo yang bisa dilakukan di Booster ini dan Kartu-kartu bagus versi ane, RareHunter. OK. Mari kita lanjutkan tanpa basa basi lebih lama lagi..


Release Date
OCG: November 2013
Price: 150 Yen (include tax)
TCG: January 2014

DECK IDEA
----------------
Sama seperti di JOTL, ini dia beberapa deck yang bisa dibuat dari booster LVAL, kompetitif ato engga ya entah:
  • Duston OTK
  • Bujin
  • ZW - Asura Strike OTK
  • Rank 5 Spam
  • Rank-Up-Magic Astral Force variant (Chronomaly, Hieratic, Koaki Meiru, dll)
  • Chronomaly ft Gorgonic
  • Mystic Piper Chaos
  • Shinra/Sylvan Turbo
  • pure Ghostrick
  • Spirit variant (Chain Summoning, Herald of Perfection, Fenrir, dll)
  • Skill Drain Valley
  • Photon Dragon OTK
  • Number 88 OTK
  • Shark Xyz
  • Xyz Shift OTK
  • Rank 10 OTK
  • Raccoon ft Ojama
  • Madolche ft Raccoon (Transmodify says Hi)
  • dll
Berikut beberapa archetype yang disupport SHSP:

  • Baby Raccoon, Bujin, Battlin' Boxer
  • Chronomaly, Dododo, Duston
  • Gagaga, Gimmick Puppet, Ghostrick
  • Gogogo, Gravekeeper's, Hieratic
  • Heraldic Beast, Lightsworn, Monarch
  • Ojama, Photon, Reptilianne
  • Shark, Utopia, ZW

KARTU BAGUS DI LVAL (versi RareHunter)
--------------------------------------------------------

Masuk ke pokok utama pembahasan, di sini ane akan memberikan kartu-kartu apa saja yang bagus di LVAL.. Tentunya versi ane.. buat orang lain mungkin kartu-kartu ini engga bagus dan berguna, tapi buat ane ya engga..
  

Monster Effect
  • Rainbow Kuriboh: Seperti monster Kuriboh yang lain (Kuriboh, Winged Kuriboh, dan Kuribon), Rainbow Kuriboh berfungsi untuk melindungi player dari serangan.. Rainbow Kuriboh memiliki 2 efek, "When an opponent's monster declares an attack: You can target that monster; equip this card from your hand to that target. It cannot attack." Saat lawan mendeclare serangan, kita bisa equip Rainbow Kuriboh dari hand ke monster lawan dan membuat monster yang diequip Rainbow Kuriboh itu engga bisa menyerang sampai Rainbow Kuriboh didestroy atau monster lawan hilang dari field.. Dan efek yang satu lagi, "When an opponent's monster declares a direct attack: You can Special Summon this card from your Graveyard. If Summoned this way, banish this card when it leaves the field." Kita bisa special summon Rainbow Kuriboh dari Graveyard ketika lawan mendeclare direct attack ke kita sehingga mengakibatkan Battle Replay terjadi..
  • Overlay Booster: Bisa dikatagorikan sebagai kartu yang bagus karena Overlay Booster bisa dispecial summon setelah kita special summon Cyber Dragon dari tangan, instant Constellar Pleiades.. :v atau setelah special summon The Tricky dengan mendiscard The Fabled Cerburrel sebagai bahan synchro summon.. Buat yang menganggap remeh kartu ini, tunggu saja sampai Primal Origin (PRIO) direlease. Di booster PRIO (setelah LVAL) ada archetype yang berfokus special summon Level 5/LIGHT monster.. Bagaimana? Masih belum menemukan alasan untuk membeli Structure Deck 26? Mungkin ini bisa menjadi salah satu alasan kalian nanti..
  • Ghostrick Jackfrost: Hmmm... Sebenarnya hampir mirip sih antara Rainbow Kuriboh dan Ghostrick Jackfrost. Berbeda dengan Rainbow Kuriboh, Ghostrick Jackfrost membuat monster lawan menjadi face-down layaknya Book of Moon, lalu kita bisa special summon Ghostrick Jackfrost pada posisi face-down DEF mode..  Jeleknya, Ghostrick Jackfrost tidak mengakhiri Battle Phase layaknya Ghostrick Lantern/Battle Fader.. Kartu yang balance, ga broken dan ga sampah efeknya.
  • Majiosheldon: Tau Samsara Kaiser kan? Baguslah. Ane ga perlu bahas kartu ini lebih lagi kalau udah tau efeknya Samsara Kaiser.. :v Buat yang ga tau Samsara Kaiser, itu adalah salah satu monster dari Structure Deck: The Dark Emperor (yang ada gambar Caiusnya itu lho..). Terus apa hubungannya dengan Majiosheldon? Majiosheldon adalah Level 3/WATER/Warrior-Type monster yang bisa special summon dirinya di Standby Phase berikutnya jika kita tribute summon menggunakan Majiosheldon sebagai bahan tribute.. Berbeda dengan Treeborn Frog, kalian bisa menggunakan efeknya ini walau ada kartu di S/T Card Zone kalian.


Spell Card
  • Rank-Up-Magic Astral Force: (Spell/Normal) Well, sebenarnya sih ane ga mau masukin dia di artikel kali ini, mau dibilang bagus gimana lha efek di kartunya dinerf habis-habisan sama KONAMI.. -_- Beda efeknya engga ketulungan sama efeknya di Anime.. Sama seperti Rank-Up-Magic, kalian bisa melakukan Rank Up ke monster Xyz dan memanggil monster dari Extra Deck dengan 2 Rank di atasnya dan Attribute serta Type yang sama.. Bahkan kartu ini gampang untuk direcycle dari Graveyard..
  • Shared Ride: (Spell/Quick-Play) Buat yang terbiasa main Appropriate? Exodia mungkin mengingat kartu Appropriate. Kartu sakti di deck Exodia yang memperbolehkan kita draw 2 kartu ketika lawan draw kartu dari Deck di luar Draw Phasenya. Tapi kita engga bisa ngedraw kalau lawan ngesearch kartu menggunakan Spellbook of Secrets. Shared Ridelah jawabannya! Setiap lawan ngeadd kartu di turn ini, kita bisa draw 1 kartu. Imbo bukan? :v
  

Trap Card
  • Ghostrick-Go-Round: (Trap/Continuous) Heran kenapa ane memasukkan dia di Trap Card terbagus di LVAL? Biarpun dinamanya ada "Ghostrick", Ghostrick-Go-Round tidak hanya untuk monster Ghostrick saja! Dari text yang ane baca terdapat, "Once per turn, during the battle phase, you can select a set monster you control and flip it face-up."! Yup, set card! Ini yang menandakan ia bisa digunakan selain di archetype Ghostrick :v Ghostrick-Go-Round merupakan Book of Taiyou dalam bentuk Continuous Trap.. Artinya apa? Artinya Ghostrick-Go-Round bisa mentrigger monster seperti: monster-monster Charmer, Summoner of IllusionGeargiarmor, Gravekeeper's Spy, Senior Silver Ninja, dll.
  • Imperial Tomb of Necrovalley: (Trap/Counter) Memang Tomb hanya berguna untuk Gravekeeper's.. Tapi dengan adanya Imperial Tomb of Necrovalley, Gravekeeper's bisa dengan mudah menhalau Scrap Dragon dan Fire King Avatar Garunix tanpa menggunakan Solemn Warning.. Lumayan kan? Bisa menghemat 2000 Life Points.. :3 Namun tak selamanya jalan tol itu mulus, Imperial Tomb bisa menjadi bad hand saat di tangan kita tak ada monster Gravekeeper, atau tak ada Gravekeeper's Commandant untuk ngeadd Necrovalley.. Segala kemungkinan bisa terjadi.. Tentu saja chance terjadinya hal tersebut menjadi lebih tinggi dengan diunlimitnya Fire Formation - Tenki yang bisa ngeadd Bortherhood of Fire Fist Bear.. :( Jadi, kalau kalian mau membawa Imperial Tomb of Necrovalley di Gravekeeper's, bawa 2-3 lembar saja..
  • Skill Prisoner: (Trap/Normal) Sama seperti pendahulunya - Skill Successor dan Breakthrough Skill - Skill Prisoner adalah Trap Card yang bisa dibanish dari Graveyard. Tau seberapa hebatnya Divine Dragon Knight Felgrand kan? Yup ini adalah versi S/Tnya.. :v Untung Felgrand terkenal, ane ga perlu ngejelasin lebih banyak lagi apa bagusnya kartu ini.. Buat yag senang main OTK, Skill Prisoner sangat cocok dimasukkan ke dalam deck Number 88: Gimmick Puppet of Leo OTK.. Yup, kalian hanya perlu 2 Skill Prisoner di Graveyard saja :v


    Extra Deck Monster
    • Ghostrick Dullahan: Hohoho.. sebelum repost ini artikel, ane sempat masukin Number 39: Utopia Root gara-gara Utopia Root punya OTKnya sendiri yang sudah pernah kita bahas.. Lupakan itu! Ghostrick Dullahan jauh lebih OK. Yang membuat dirinya jago itu textnya yang bertuliskan, "Once per turn, during either player’s turn: You can detach 1 Xyz Material from this card, then target 1 face-up monster on the field; halve its ATK, until the End Phase." Yup. Susah mencari Shrink hari gini? Ghostrick Dullahan bisa menggantikan Shrink yang sudah tertelan jaman.. Ditambah lagi Ghostrick Dullahan bisa ngeadd Ghostrick monster yang ada di Graveyard ke tangan jika Ghostrick Dullahan tersend ke Graveyard, tentunya untuk ngeadd monster Ghostrick Level 1: Ghostrick Lantern, Ghostrick Mary, atau Ghostrick Specter..
    • Number 101: Silent Honor ARK: Good Bye Maestroke the Symphony Djinn! Number 101 memiliki efek yang sama dengan Maestroke, "If this face-up card on the field would be destroyed, you can detach 1 Xyz Material from this card instead". ATK Power yang dimiliki Number 101 juga dari Maestroke, 2100 ATK coy. Maestroke hanya 1800 Masih rentan Bottomless Trap Hole :v Namun bedanya dengan Maestroke, dengan mendetach 2 Xyz Material, kita bisa ngeattach monster lawan yang disummon secara Special Summon ke Number 101 sebagai Xyz Materialnya Number 101.. Tentu ini efeknya engga imba,, lha wong yang bisa diattach hanya monster yang dalam posisi ATK mode. Sekali lagi, brokenkah kartu ini? NOPE. Powerfulkah? Iya banget :v
    • Evilswarm Exciton Knight: Untuk yang kali ini ane hanya perlu membahasnya sedikit. Berhubung di Youtube, di Blog dan Fans Page YuGiOh yang lain sudah terlalu sering membahas kartu ini.. Jadi ane ga akan membahas apa bagusnya ni kartu..
    • Downerd Magician: Hohoho.. Gaia Dragon the Thunder Charger tapi versi Rank 4. Dia bisa memberikan piercing damage. Tidak seperti Gaia Dragon, dia hanya bisa disummon dengan ngeoverlay monster Rank 3 ke bawah selain dengan menggunakan 2 Level 4 Spellcaster monster (Summoner Monk + Star Drawning obviously). Dengan DARK attribute dan 2100 ATK yang dimilikinya membuat Downerd Magician menjadi fodder bagus untuk Deck Devastation Virus. Eits, tunggu dulu.. ATK power Downerd Magician bertambah 200 points sebanyak Xyz Materialnya.. Jika kita summon Downerd Magician dengan ngeoverlay monster Rank 3 yang memiliki 2, maka ATK Power Downerd Magician akan menjadi 2700 points sehingga membuatnya cocok sebagai fodder Eradicator Epidermic Virus.. Sakti bukan?

    Dan ini dia saat yang paling ditunggu-tunggu tiap ada YGO News di IYDC.. Kartu favorit ane dari sekian banyak kartu yang ada di booster Legacy of the Valiant (LVAL).. Kartu itu adalah.. Ba Dum Tss..

    Giant Trunade on leg

    Fairy Knight Ingunar
    妖精騎士イングナル (LVAL-JP055)
    EARTH/Rank 6/Plant/Xyz/Effect/2200 ATK/3000 DEF
    3 Level 6 monsters
    Once per turn: You can detach 2 Xyz Materials from this card; return all other cards on the field to the hand. Your opponent cannot activate cards or effects in response to this effect’s activation.

    Simple banget kan teksnya? Hanya dengan detach 2 Xyz Material sebagai cost; kita bisa mendapatkan efeknya Giant Trunade. Bahkan lebih hebat dari Giant Trunade, yang direturn tidak hanya kartu yang ada di S/T Zone, melainkan semua kartu selain dirinya. Parahnya lagi, lawan tidak bisa mengaktifkan kartu untuk merespon aktifasi dari efeknya Ingunaar.. Tentu saja semua kehebatan yang dimilikinya itu perlu restriksi yang besar juga.. 3 Level 6 monsters.. Tidak tanggung-tanggung, langsung minta 3.. Archetype mana lagi coba yang bisa summon 3 monster Level 6 dalam 1 turn kalau tidak Hieratic.. :v Hieratic maning hieratic maning.. Bosan? Jangan bosan dulu karena yang kita hybrid bukanlah Hieratic dan Dragon Ruler, melainkan Hieratic dan Psychic untuk xyz summon Fairy Knight Ingunar.. (tentunya ane dulu sudah pernah membahas cara summon monster ini dengan menggunakan Rank-Up-Magic Astral Force)

    Hand: Hieratic Seal of Convocuation, Overdrive Teleporter
    • aktifkan Hieratic Seal of Convocuation> add Hierartic Dragon of Tefnuit> special summon Tefnuit
    • tribute Tefnuit> tribute summon Overdrive Teleporter> special summon 1 Dragon-Type Normal monster dari Deck
    • bayar 2000 Life Points> special summon 2x Risebell the Star Adjuster> naikin levelnya Risebell jadi 6
    • overlay 2x Risebell + Overdrive Teleporter = Fairy Knight Ingunaar
    • detach 2 Xyz Material> bounce semua kartu selain Ingunaar ke tangan

    Khusus buat yang suka OTK dan non-mainstream bisa melakukan OTK tanpa menggunakan Ingunaar hanya dengan 3 kartu di tangan, Hieratic Seal of Convocuation, Hieratic Dragon of Tefnuit dan Overdrive Teleporter
     
    Field Lawan: 1x Mecha Phantom Beast Dracossack, 2x Mecha Phantom Beast Token
    Hand: 2x Hieratic Convocuation, Hieratic Dragon of Tefnuit, Overdrive Teleporter
    • aktifkan Hieratic Seal of Convocuation> add Hierartic Dragon of Su 
    • special summon Hieratic Dragon of Tefnuit dari tangan
    • tribute Tefnuit> tribute summon Overdrive Teleporter> special summon Wattaildragon dari Deck (efeknya Tefnuit tidak miss timing karena efeknya Tefnuit itu mandatory)
    • bayar 2000 Life Points> special summon Psychic Commander/Mental Seeker dan Serene Psychic Witch/Hushed Psychic Cleric
    • tune 1 Tuner EARTH/Psychic-Type monster + 1 non-Tuner EARTH/Psychic-Type monster = Naturia Barkion 
    • overlay Naturia Barkion + Wattaildragon = Hieratic Dragon King of Atum
    • detach Wattaildragon> special summon Red-Eyes Darkness Metal Dragon dari Deck> special summon Tefnuit dari Graveyard
    • tribute Tefnuit> special summon Hieratic Dragon of Su dari tangan> special summon Wattaildragon dari Graveyard
    • overlay Su + Wattaildragon = Constellar Ptolemy M7
    • detach Wattaildragon> bounce REDMD ke tangan
    • banish Atum> special summon REDMD dari tangan> special summon Su dari Graveyard
    • overlay Su + Overdrive Teleporter = Inzektor Exa-Beetle> equip Tefnuit dari Graveyard
    • detach Su> send Tefnuit dan Mecha Phantom Beast Dracossack ke Graveyard
    • overlay Inzektor Exa-Beetle> summon Gaia Dragon, the Thunder Charger
    • overlay M7> summon Gaia Dragon
    Field: 2x Gaia Dragon, the Thunder Charger dan Red-Eyes Darkness Metal Dragon
    Damage: 2600+2600+2800= 8000 points


    ALL IN ALL
    Sebemarmya kartu favorit ane itu Number C92: Chaos Heart-eartH Dragon.. Gila! Artnya Number C92: Chaos Heart-eartH Dragon itu keren banget.. Tapi efeknya sampah, makanya engga masuk kriteria ane :v Art dan efek harus seimbang dong.. Btw ada banyak kartu yang bagus selain kartu-kartu nyang ane sebutin di atas, namun apa boleh buat untuk menghindari double post maka ane tidak membahas kartu-kartu tersebut.. (misal: Xyz Shift, Quantum Dragon Ritual, Paladin of Photon Dragon, Number 39: Utopia Root, dll. Klik saja tag LVAL di sebelah) :) Berbeda dengan LVAL di OCG, LVAL TCG punya World Premiere sendiri.. Jadi yang beli LVAL TCG tidak mendapatkan 5 kartu OCG World Premiere yang ada di LVAL OCG..

    Dengan ini ane menyatakan bahwa LVAL Week Sudah ditutup! Tidak akan ada lagi postinngan yang membahas LVAL.. Dan mulai postingan berikutnya ane akan membahas kartu-kartu yang ada di booster Primal Origin (PRIO). So, pantengin terus blog IYDC!!
    ~~RareHunter

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    IYDC Combo: FTK, STK, dan OTK

    Fun Deck: Malina FTK/OTK