YGO News: PRIO OCG World Premiere



YGO News: PRIO OCG Exclusive

Yo~ Duelist! Setelah kemarin selesai Valentine dan sekarang Malam Minggu (yang jomblo nyesek banget dah!). Ane, RareHunter, akan membahas mengenai sesuatu yang baru dari booster Primal Origin (PRIO)! Kemarin full info dari Primal Origin (PRIO) sudah direveal dan hari ini Primal Origin sudah direlease di Jepun serta beberapa negara di Asia.. Dan untuk membuka new Booster week, PRIO Week, kita akan membahas tentang OCG Exclusive yang ada di booster PRIO.. Berbeda dengan yang ada di booster LVAL, kita dapat 10 kartu OCG World Premiere di booster PRIO.. Nyok kita bahas satu per satu..

PRIO-JP081 (Rare)
ガガガシスター
Gagaga Sister
Level 2/DARK/Spellcaster/Effect/ATK 200/DEF 800
When this card is Normal Summoned: You can add 1 “Gagaga” Spell/Trap Card from your Deck to your hand. You can target 1 other face-up “Gagaga” monster; both this card and the targeted monster’s Levels become the combined Level of both monsters until the End Phase. You can only use this effect of “Gagaga Sister” once per turn.

Trollolo~ Photon Satellite untuk Gagaga.. Gagaga Sister memiliki art yang loli punya. Langsung dibahas di awal sebagai pemanis postingan :v Tidak hanya memiliki efek setara Photon Satellite, tapi Gagaga Sister juga bisa ngeadd 1 "Gagaga" Spell/Trap dari Deck. Ada lumayan banyak target yang bagus untuk diadd, semisal: Gagagabolt, Gagagawind, Gagagarevenge, dan support untuk monster Gagaga yang paling sakti, Gagaga Academy Emergency Network! Jika di graveyard ada Gagaga Magician, kita bisa normal summon Gagaga Sister> add Gagagarevenge dari Deck> aktifkan Gagagarevenge> special summon Gagaga Magician> aktifkan efeknya Gagaga Magician> aktifkan efeknya Gagaga Sister> overlay Gagaga Sister + Gagaga Magician untuk Xyz Summon monster Xyz Rank 3 sampai Rank 10.. Yup, Rank 10 dengan 2 Xyz Material! Sebelum ada Gagaga Sister, Gagaga hanya bisa Xyz Summon monster Rank 1-8 lhoo (tanpa menggunakan level manipulation seperti: Tragoedia, Gagaga Kaiser, Resonance Device, Galaxy Queen's Light, Spellbook of Life, dll) Oh oh, Gagaga Sister juga bisa diadd menggunakan Onomatopaira dari booster LVAL.. aktifkan Onomatopaira> add Gagaga Sister> normal summon Gagaga Sister> add Gagaga Academy Emergency Network.. sounds like Prophecy?

PRIO-JP082 (Rare)
No.(ナンバーズ)55 ゴゴゴゴライアス
Number 55: Gogogo Goliath
Rank 4/EARTH/Rock/Xyz/Effect/ATK 2400/DEF 1200
2 Level 4 monsters
You can detach 1 Xyz Material from this card, then target 1 Level 4 EARTH Rock-Type monster in your Gravyeard; add that target to your hand. You can only use the effect of “Number 55: Gogogo Goliath” once per turn. All monsters you control gain 800 DEF.

Setelah Gagaga dan Zubaba memiliki Xyz Monster (Gagaga Cowboy dan Zubaba General) sendiri, kali ini giliran Gogogo yang kecipratan.. Prediksi yang sempat ane katakan di Duelist Pack 14 pun terbukti.. :v Bau-bau Gogogo dapat Xyz Monster ternyata benar.. \:v/ sasuga! OK. Mari kita membahas kartu ini.. Dilihat dari attribute dan typenya, sudah obvious banget ini untuk monster Gogogo dan monster Rock-Type Koa'ki Meiru atau biasa disebut Rock Stun, bahkan hanya dengan 1 Block Golem saja bisa Xyz Summon beginian.. dari ATK powernya, Gogogo Goliath dapat membuat Gogogo Golem - Golden Form memiliki ATK power sebesar 4800 points! Mantap bukan? Oh, kita belum lihat efeknya.. detach 1 Xyz Material> target 1 monster Level 4 EARTH Rock-Type monster di graveyard (sudah obvious engga bisa balikin Neo-Spacian Grand Mole dan Block Golem. Tapi ini makin obvious untuk Gogogo dan Rock Stun) sebagai cost; add kartu yang ditarget tadi ke tangan.. Lumayan kan? bisa add Gogogo Giant atau add Gogogo Golem - Golden Form terus send Number 50: Gogogo Goliath buat special summon Gogogo Golem - Golden Form dengan 4800 ATK power.. Kalau di Gogogo sih gitu, tapi di Rock Stun bisa ngeadd: Fossil Dyna Pachycephalo selain untuk ngeadd Rock-Type Koa'ki Meiru monster, semisal: Koa'ki Meiru Guardian, Koa'ki Meiru Sandman, Koa'ki Meiru Wall.. Takut dengan text, "You can only use the effect of “Number 55: Gogogo Goliath” once per turn."? Tak usah takut, sisa Xyz Materialnya bisa dipakai sebagai cost Blue-Blooded Oni untuk special summon Gogogo Ghost dari Graveyard.. :)

PRIO-JP083 (Common)
ドドドドロー
Dododo Draw
Normal Spell Cards
Send 1 “Dododo” monster you control or from your hand to the Graveyard; draw 2 cards. You can only activate 1 “Dodododraw” per turn.

Wo-hoo~ Destiny Draw untuk Dododo.. Dengan ini sudah dipastikan Archetype yang bagus untuk dihybrid dengan Gagaga adalah Dodoo.. Kenapa? Karena Onomatopaira bisa ngeadd Dodoo monster sebagai cost mengaktifkan Dododo Draw.. Costnya itupun bisa menjadi grave set up monster-monster Dododo.. Kartu ini juga menambah consistency untuk ngedraw Dododo Witch dan Dododo Driver.. Semoga saja efeknya Photon Trade kalau direlease di OCG/TCG nantinya seperti ini.. Amiin..Oh iya ada combo yang menarik.. Kita bisa send Gogogo Gasser (Duelist Pack 14/Zexal Tin) lalu special summon face-down Dododo Gasser mennggunakan Burst Rebirth.. Enggak ada lagi sih yang bisa dibicarain dari Dododo Draw soalnya ini kartu dihitung-hitung ya +0, elu kehilangan 2 kartu dari tangan dan draw 2 kartu dari deck.. Lain masalahnya kalau Dododo Draw disend Destiny HERO Diamond Dude dari top Deck..

GalaxyEyesCloudDragon-PRIO-JP-CPRIO-JP084 (Common)
銀河眼の雲篭(ギャラクシーアイズ・クラウドラゴン)
Galaxy-Eyes Cloud Dragon
LIGHT/Level 1/Dragon/Effect/300 ATK/250 DEF
You can Tribute this card; Special Summon 1 “Galaxy-Eyes” monster other than “Galaxy-Eyes Cloud Dragon” from your hand or Graveyard. You can only use this effect of “Galaxy-Eyes Cloud Dragon” once per turn. If this card is in your Graveyard: You can target 1 “Galaxy-Eyes” Xyz Monster you control; attach this card to that monster as Xyz Material. You can only use this effect of “Galaxy-Eyes Cloud Dragon” once Duel.

Wow! 2 kartu OCG Exclusive yang cute, yang satu Gagaga Sister dan yang satu lagi ini, Galaxy-Eyes Cloud Dragon.. Bisa dibilang ini Red-Eyes B. Chick untuk Galaxy-Eyes monster.. Sebagai level 1 monster, sudah pasti Galaxy-Eyes Cloud Dragon bisa dispecial summon oleh Kinka-Byo.. Jadi combonya kek gini: normal summon Kinka-Byo> special summon Galaxy-Eyes Cloud Dragon> tribute Galaxy-Eyes Cloud Dragon> special summon "Galaxy-Eyes" monster dari hand atau graveyard. Yup, Galaxy-Eyes monster! Itu artinya kita tidak hanya bisa special summon Galaxy-Eyes Photon Dragon saja, melainkan bisa special summon: Neo Galaxy-Eyes Photon Dragon, Number 62: Galaxy-Eyes Prime Photon Dragon, Number 107: Galaxy-Eyes Tachyon Dragon dan Number C107: Neo Galaxy-Eyes Tachyon Dragon!! Tidak hanya special summon Xyz Monster dari Graveyard, tapi Galaxy-Eyes Cloud Dragon bisa diattach ke Xyz Monster yang barusan dispecial summon olehnya.. Malas memasukkan Kinka-Byo ke deck? Rapopo, kan masih ada Accelight dari Zexal Tin atau One for One untuk special summon Galaxy-Eyes Cloud Dragon dari deck (selain menggunakan Hieratic Dragon King of Atum pastinya) dan ada Photon Lead supaya Galaxy-Eyes Cloud Dragon bisa dispecial summon dari tangan.. Dengan direleasenya kartu ini, deck Photon/Galaxy mendapatkan sedikit tambahan consistency.. apalagi Galaxy-Eyes Cloud Dragon bisa diadd menggunakan Galaxy Wizard.. Tapi sayang Galaxy-Eyes Cloud Dragon enggak bisa special summon Galaxy Dragun.. :(
 
PRIO-JP085 (Super Rare)
銀河戦士(ギャラクシー・ソルジャー)
Galaxy Soldier
Level 5/LIGHT/Machine/Effect/ATK 2000/DEF 0
You can send 1 LIGHT monster from your hand to the Graveyard; Special Summon this card from your hand in face-up Defense Position. When this card is Special Summoned: You can add 1 “Galaxy” monster from your Deck to your hand. You can only use this effect of “Galaxy Soldier” once per turn.


Satu lagi support untuk monster Galaxy yang belum ada di Anime maupun Manga, monster level 5 berattribute LIGHT an Machine-Type, Galaxy Soldier.. Artinya Galaxy Soldier cocok untuk membantu deck Cyber Dragon (Structure Deck 26) dan memanggil Constellar Pleiades atau Cyber Nova Dragon.. Dengan ngesend 1 LIGHT monster ke Graveyard sebagai cost; kita bisa special summon Galaxy Soldier dari tangan. Obviously monster yang disend itu Galaxy-Eyes Photon Dragon. Kenapa? Karena ketika Galaxy Soldier dispecial summon: kita bisa add 1 Galaxy monster,di sini yang diadd bisa Galaxy-Eyes Cloud Dragon, sehingga kita bisa tribute Cloud Dragon untuk special summon Galaxy Eyes Photon Dragon.. Kalau mau bisa add Galaxy Knight juga sih.. Di text Galaxy Soldier juga tidak ada text "Special Summoned by its own effect", ini membuat Galaxy Expeition bisa ngetrigger efeknya Galaxy Soldier.. Dan berhubung Galaxy Soldier memiliki 2000 ATK power, maka kita bisa special summon Overlay Booster dari tangan juga.. Jadi singkatnya begini:


Hand: Galaxy Soldier, Galaxy Eyes Photon Dragon, Overlay Booster/Photon Slayer/Instant Fusion
  • send Galaxy Eyes Photon Dragon> special summon Galaxy Soldier> add Galaxy-Eyes Cloud Dragon ke tangan 
  • special summon Overlay Booster dari tangan 
  • normal summon Cloud Dragon> tribute Cloud Dragon> special summon Galaxy-Eyes Photon Dragon 
  • overlay Galaxy Soldier + Overlay Booster = Shark Fortress 
  • detach Overlay Booster dari Shark Fortress> target Galaxy-Eyes Photon Dragon
Field: Shark Fortress dan Galaxy-Eyes Photon Dragon
Damage: 2400+3000+3000=8400 points
=============================

Hand: Galaxy Soldier, Galaxy-Eyes Photon Dragon, Galaxy Expedition
  • send Galaxy-Eyes Photon Dragon> special summon Galaxy Soldier> add Galaxy Knight
  • normal summon Galaxy Knight tanpa tribute> special summon Galaxy-Eyes Photon Dragon dari Graveyard
  • aktifkan Galaxy Expedition> special summon Galaxy Soldier dari Deck
  • overlay Galaxy Knight dan Galaxy-Eyes Photon Dragon = Rank 8/Xyz/Effect/3000 ATK
  • overlay 2x Galaxy Soldier = Shark Fortress> detach Galaxy Soldier> target Rank 8//Xyz/Effect/3000 ATK
Field: Shark Fortress + Rank 8/Xyz/Effect/3000 ATK
Damage: 2400+3000+3000=8400 points

Dibilang juga apa, Overlay Booster berguna toh? Oh iya, Galaxy Soldier juga memiliki 0 DEF sehingga membuatnya bisa dispecial summon oleh Masked Chameleon.. Buat yang enggak suka OTK bisa ganti Shark Fortress jadi Constellar Pleiades dan Rank 8 bisa diganti jadi Felgrand the Divine Dragon Knight..

PRIO-JP086 (Common)
破(は)滅(めつ)のフォトン・ストリーム
Photon Stream of Destruction
Quick-Play Spell Cards
If you control a “Galaxy-Eyes” monster: Target 1 card on the field; banish that target. If you do not control “Galaxy-Eyes Photon Dragon”, you can only activate this card during your turn.

As expected KONAMI akan merelease kartu attack name sebuah monster (Burst Stream of Destruction, Dark Magic Attack, Inferno Fire Blast, dll). Btw kita hanya bisa mengaktifkan kartu ini jika kita mengontrol Galaxy-Eyes monster. Saat ini baru ada 6 Galaxy Eyes monster yang direlease  di OCG: Galaxy Eyes Cloud Dragon, Galaxy-Eyes Photon Dragon, Neo Galaxy-Eyes Photon Dragon, Number 62: Galaxy-Eyes Prime Photon Dragon, Number 107: Galaxy-Eyes Tachyon Dragon dan Number C107: Neo Galaxy-Eyes Tachyon Dragon. Gampang kan? Gampang sih iya, tapi kalian tidak bisa mengangktifkan kartu ini di turn lawan jika tidak mengontrol Galaxy-Eyes Photon Dragon.walaupun Photon Stream of Destruction adalah Quick-play Spell Card.. Jeleknya dari karu ini hanya itu..  Namun "Target 1 card on the field; banish that target." itu merupakan efek yang sudah bagus banget.. Sudah lupa sama Spellbook of Fate? Dan akhirnya di sini kita memiliki kartu yang bisa membanish Xyz Dimension Splash lhoo.. Yup, kartu ini enggak hanya bisa dipakai di deck Photon/Galaxy.. :p

PRIO-JP087 (Common)
タキオン・トランスミグレイション
Tachyon Transmigration
Counter Trap Cards
If you control a "Galaxy-Eyes" monster: Negate the activations of your opponent's Spell Cards, Trap Cards, and monster effects that are in the same Chain as this card, and if you do, shuffle all of those negated cards on the field into the Deck. If you control a "Galaxy-Eyes Tachyon Dragon" monster, you can activate this card from your hand.

Trollolo lagi.. Enggak kebayang KONAMI akan merelease kartu baru dan antinya di booster yang sama.. Primal Origin (PRIO) memperkenalkan archetype baru bernama Artifact.. Tachyon Transmigration menegate aktivasi dari kartu-kartu chain link sebelum dia dan membalikkannya ke Deck dengan syarat kita harus kontrol monster Galaxy-Eyes.. Tachyon Transmigration adalah Counter Trap Card, jadi yang bisa negate dia hanya kartu semacam Seven Tools of the Bandit, Solemn Judgment, dan Dark Bribe.. Selain untuk melawan Artifact, Tachyon Transmigration juga bisa digunakan melawan deck Chain Burn.. :v So far menurut ane sih ini support untuk Galaxy-Eyes yang paling bagus dibandingkan yang lain.. Ditambah lagi kita bisa mengaktifkan Trap Card ini dari tangan jika kita mengontrol "Galaxy-Eyes Tachyon Dragon" monster di arena. Walau pun Tachyon Transmigration tidak bisa menegate: Breakthrough Skill, Skill Successor, Skill Prisoner, Mischief of the Yokai yang dibanish dari Graveyard karena Tachyon Transmigration hanya menegate ACTIVATION, bukan mennegate efek kartunya..

PRIO-JP088 (Common)
BK(バーニングナックラー) シャトー 
Battlin’ Boxer Shadow
Level 4/FIRE/Warrior/Effect/ATK 1800/DEF 1400
You can detach 1 Xyz Material from a “Battlin’ Boxer” Xyz Monster you control; Special Summon this card from your hand. You can only use the effect of “Battlin’ Boxer Shadow” once per turn.

Tak hanya Gagaga, Dododo, Gogogo dan Galaxy, deck Battlin' Boxer juga kebagian OCG Exclusive.. Battlin' Boxer Shadow adalah OCG Exclusive untuk Battlin' Boxer yang pertama akan kita bahas.. tidak seperti Battlin' Boxer Sparrer, kita bisa special summon Battlin' Boxer Shadow de1ngan mendetach 1 Xyz Material dari Battlin' Boxer Xyz monster yang ada di arena kita.. So pasti dengan mendetach Xyz Materialnya Battlin' Boxer Lead Yoke dong.. Namum efeknya Battlin' Boxer Glassjaw ga bisa diaktifkan jika dia didetach as a cost..

"Apa?! Battlin' Boxer Glassjaw enggak bisa dipakai buat costnya Battlin' Boxer Shadow?!!"

Dilihat dari textnya sih gitu gan, detachnya Battlin' Boxer Shadow itu cost.. :) Lumayanlah ada bahan untuk swarming selain pakai Battlin' Boxer Sparrer dan ga perlu ragu lagi untuk memasukkan Battlin' Boxer Spirit ke deck Battlin' Boxer.. Ga broken-broken amat si Shadow.. Ho oh, lumayan.. 1800 ATK itu sudah termasuk lumayan walau masih kalah dengan Flamvell Firedog.. Yang jadi masalah buat duelist Battlin' Boxer, "Berapa lembar harus ane bawa Battlin' Boxer Shadow di deck, om?"


PRIO-JP089 (Super Rare)
No.(ナンバーズ)79 BK(バーニングナックラー) 新(しん)星(せい)のカイザー
Number 79: Battlin’ Boxer Nova Caesar
Rank 4/FIRE/Warrior/Xyz/Effect/ATK 2300/DEF 1600
2 Level 4 monsters
Once per turn: You can attach 1 “Battlin’ Boxer” monster from your hand or Graveyard to this card as Xyz Material. This card gains 100 ATK for each Xyz Material it has. When this card is destroyed by your opponent and sent to the Graveyard: You can target any number of Level 4 or lower “Battlin’ Boxer” monsters in your Graveyard, up to the number of Xyz Material that were attached to this card; Special Summon those targets.

Akhirnya kita mendapatkan Xyz monster yang bisa disummon menggunakan Battlin' Boxer Switchitter selain Battlin' Boxer Lead Yoke, Number 79: Battlin’ Boxer Nova Caesar namanya. Wow, GG! Artnya yang GG, bukan efeknya :p Liat aja artnya mirip Gallantmon Crimson Mode dijoggres sama Imperialdramon Paladin Mode.. Keren! :3 Efeknya? Mari kita baca sama-sama bijimana bunyi efeknya:
  • "Once per turn: You can attach 1 “Battlin’ Boxer” monster from your hand or Graveyard to this card as Xyz Material. This card gains 100 ATK for each Xyz Material it has.": Efeknya yang satu ini memperbolehkan kita untuk attach 1 "Battlin' Boxer" monster dari tangan atau Graveyard sebagi Xyz Materialnya. Ditambah lagi ATK powernya Number 79 gains 100 points setiap Xyz Material yang dimilikinya, artinya ATK power Number 79 bisa terus bertambah (kecuali kalian mau menggunakannya sebagai bahan untuk Battlin' Boxer Shadow atau Xyz Block)
  • "When this card is destroyed by your opponent and sent to the Graveyard: You can target any number of Level 4 or lower “Battlin’ Boxer” monsters in your Graveyard, up to the number of Xyz Material that were attached to this card; Special Summon those targets.": Ini dia efek Number 79 sebenarnya yang paling bagus.. Ketika dia didestroy oleh lawan (entah by batle or card effects): kita bisa swarm Battlin' Boxer monster dari Graveyard. Jadi monster yang dispecial summon itu di turn kita bisa digunakan untuk bahan Xyz summon Blade Armor Ninja, Battlin' Boxer Lead Yoke, Heroic Champion Excalibur, dll.
Berikut combo menarik yang bisa kita lakukan dengan Number 79: Battlin' Boxer Nova Caesar

Hand: Battlin' Boxer Switchitter, Battlin' Boxer Shadow
Grave: Number 79: Battlin' Boxer Nova Caesar
Hand/Grave: 1 "Battlin' Boxer" monster
  • normal summon Battlin' Boxer Switchitter> special summon Number 79: Battlin' Boxer Nova Caesar> attach 1 Battlin' Boxer monster dari Hand/Grave ke Number 79
  • detach 1 Xyz Material dari Number 79> special summon Battlin' Boxer Shadow
  • overlay Switchitter + Shadow = Battlin' Boxer Lead Yoke
Field: Battlin' Boxer Lead Yoke dan Number 79: Battlin' Boxer Nova Caesar

PRIO-JP090 (Common)
ジョルト・カウンター
Jolt Counter
Counter Trap Cards
During the Battle Phase, if you control a “Battlin’ Boxer” monster while an Effect Monster’s effect or a Spell/Trap Card is activated: Negate the activation of that card, and if you do, destroy it.


Ini dia kartu OCG Exclusive terakhir dari Primal Origin (PRIO).. Satu lagi archetype yang kebagian Infernity Barrier, tak lain dan tak bukan Battlin' Boxer akan menutup artikel kali ini.. Kemarin kita sudah membicarakan Imperial Tomb of Necrovalley dimana itu merupakan Infernity Barrier untuk Gravekeeper.. Balik ke Jolt Counter, kita bisa mengaktifkannya jika kita mengontrol monster Battlin' Boxer dan lawan mengaktifkan efek dari Effect Monster/Spell/Trap Card maka kita bisa menegate kartu tersebut.. Sampah? Kartu yang bisa negate Honest, Gorz, the Emissary of Darkness, Swift Scarecrow, Battle Fader, Bujingi Crane, Book of Moon, Forbidden Lance, Forbidden Chalice, Dimensional Prison, Neo-Spacian Grand Mole  di Battle Phase itu elu yakin kartu sampah?

CONCLUTION
Apakah kartu OCG Exclusive ini membantu mengatasi masalah yang dimiliki mereka? Yup, hampir semua membantu masalah yang mereka miliki sendiri.. Ada masalah swarming, field control, dan consistency.. Namun pendapat ane sih mereka (pihak KONAMI OCG) belum mengatasi masalah yang dimiliki Battlin' Boxer sepenuhnya... Masalahnya itu boss monster Battlin' Boxer, Battlin' Boxer Lead Yoke, masih bisa diakali dengan memanggil Number 101: Silent Honr ARK.. Dan kartu-kartu OCG Exclusive ini belum mengatasi masalah Battlin' Boxer tersebut, jadi Battlin' Boxer masih harus berkutat pada build Masked Chameleon.. Untuk mengatasi Number 101: Silent Honor ARK sih bisa saja dengan summon Battlin' Boxer Lead Yoke pada DEF mode.. Lha kalau DEF mode mulu kapan main aggronya.. bawa Kaiser Colosseum di deck Battlin' Boxer juga enggak mempan.. Nope. Nasib Battlin' Boxer tidak akan seperti pendahulunya yang kecipratan OCG Exclusive. Chronomaly dan Heraldic Beast..

Parahnya lagi 10 kartu di atas adalah OCG Exclusive, jadi untuk saat ini yang bisa merasakan 10 kartu tersebut hanya yang main Dueling Network, YGOPro, dan OCG saja.. Untuk TCG masih belum ada berita.. Btw 10 kartu di atas juga merupakan bukti bahwa KONAMI OCG benar-benar tau bagaimana membuat kartu World Premiere dibandingkan TCG World Premiere.. Seperti yang ane bilang sebelumnya, mulai postingan ini dan berikutnya ane akan membahas kartu-karti dari booster Primal Origin.. Mungkin nanti bahas LVAL lagi soalnya ada LVAL Deluxe Edition di bulan Maret 2014 mendatang..
~~RareHunter

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IYDC Combo: FTK, STK, dan OTK

Fun Deck: Malina FTK/OTK