Deck Idea: The Naturias Ambush


Deck Idea: The Naturias Ambush

Yo~ Duelist! Sudah lama ternyata ane, RareHunter, enggak update Deck Idea.. Maklum, nunggu semua kartu-kartu baru dan Ban List untuk OCG dan TCG 2014 jadi baru bisa tenang buat Deck baru.. Hari ini kita akan membicarakan archetype lama, Naturia. Sudah jelas berarti kalau yang dibahas hari ini bukan deck OTK.. Ya iyalah, masa tiap hari bahas OTK.. Kemarin-kemarin kan sudah sering =_=a 

"Ah bosan om. Paling-paling mau bahas Naturia Bamboo Shoot kan?"

Emang, :p Lebih bosan lagi main deck Naturia yang ngeburn, lama menangnya.. Tapi deck yang ini berbeda dengan deck Naturia lockdown sebelum-sebelumnya.. Bedanya? Deck naturia kali ini tidak menggunakan Extra Deck untuk Naturia (termasuk tidak menggunakan synchro-synchronya Naturia, seperti: Naturia Beast, Naturia Barkion, Naturia Leodrake dan Naturia Landoise) karena kita akan menggunakan kartu baru dari booster Primal Origin (PRIO), Ambush of the Monarchs. Biar enggak mainstream.. (Mulai pada bingung dah ini.. Bingung karena di art dan namanya kan Monarch, bukan Naturia.. o.O)

Btw, ane paling malas buat intro sebenarnya, langsung masuk ke pembahasan Deck List dan kartu barunya saja ya..

Ban List: TCG January 2014
Main Deck: 40
Monsters: 21
1x Cherubime, Princess of Autumn Leaves
1x Dandylion
1x Naturia Cosmobeet
1x Sylvan Hermitree
2x A Cat of Ill Omen
2x Cardcar D
2x Lonefire Blossom
2x Maxx "C"
3x Naturia Bamboo Shoot
3x Naturia Cherries
3x Naturia Cliff

Spells: 10
1x Dark Hole
1x Forbidden Dress
1x Magic Planter
1x The Seal of Orichalcos
2x Forbidden Lance
2x Monster Reincarnation
2x Pot of Duality

Traps: 9
1x Bottomless Trap Hole
1x Compulsory Excavation Device
1x Scrap-Iron Scarecrow
1x Solemn Warning
2x Safe Zone
3x Ambush of the Monarchs

Buat yang enggak tahu efek tiap-tiap kartu, sila buka Dueling Network/YGOPro> copy-paste nama kartu waktu di Deck Constructor/Deck Edit> klik Search.. Buat yang buka pake Mozilla Forefox, block nama kartu yang dicetak tebal> klik kanan> klik Search Google for.. Itu kartu-kartu yang ada di Side Deck hiraukan saja, ane enggak nemu slot di Main Deck, jadinya ditaruh di sono untuk sementara.. :v Monggo edit decknya jika kalian menemukan slot yang cocok untuk dibuang dari Main Deck dan memasukkan yang ada di Side Deck..

The Monarchs Erupt
帝王の溶撃 (PRIO-JP076)
Trap Card/Continuous
Activate this card only if you have no cards in your Extra Deck and control a Tribute Summoned monster. Negate the effects of all face-up monsters on the field, except Tribute Summoned monsters. During your End Phase, if you control no Tribute Summoned monsters, send this card to the Graveyard.

Ya, ini dia kartu yang kita maksud di intro. Support baru yang katanya untuk Monarch. Dari namanya dan artnya memang ada Monarch, tapi alangkah lebih bijaksananya lagi (parah banget nih bahasanya!) mari kita membaca text yang ada di The Monarchs Erupt juga~ "Activate only if you have no cards in your Extra Deck" See? Bagian mananya yang untuk Monarch? Pernah lihat deck Monarch ada yang bawa The Seal of Orichalcos? Deck Monarch itu biasanya menggunakan Frog sebagai engine untuk tribute fodder.. Swap Frog dan Ronnintoadin berlevel 2 sehingga membuat mereka menjadi Xyz Material ngesummon monster-monster Xyz Rank 2, Gachi Gachi Gantetsu misalnya.. Monster-monster Monarch itu rata-rata Level 6, cocok untuk Xyz Material buat memanggil Constellar Ptolemy M7, Gauntlet Launcher, Photon Strike Bounzer, dll.. Paham sampai di sini? Walaupun di artworknya Solidarity ada Ojama, bukan berarti ente harus bawa Solidarity di deck Ojama.. Masih belum paham? Duelist Six Samurai bodoh dari mana yang bawa Gozen Match di Main Decknya?! Ditambah lagi The Monarchs Erupt itu Continuous Trap Card, sudah tidak mungkin membawa Treeborn Frog.. Memang kalau dilihat dari kondisinya yang satu lagi, "you control a Tribute Summoned monster.", sepertinya The Monarchs Erupt untuk deck Monarch karena monster-momnster Monarch yang level 6 membuat mereka perlu ditribute untuk memanggilnya.. Masalahnya, "Tribute Summoned monster." kan bukan Monarch saja yang ada di dunia per-Yu-Gi-Oh!-an.. Sudah obvious banget jadinya kan kalau ini tidak hanya untuk Monarch dan tidak harus dimasukkan di deck Monarch.. Saya prihatin sama beberapa duelist yang masih membawa Solidarity di deck Ojama.. :( Terlepas dari kondisi yang diperlukan untuk mengaktifkan kartu ini, The Monarchs Erupt akan menegate semua efek monster selain monster yang ditribute summon, ini dia Skill Drain yang ada Monarch di namanya.. Tidak hanya efek monster lawan yang ternegate, lawan juga akan mengalami masalah dengan backrow yang kita bawa.. Makanya ane lebih mengutamakan Naturia Bamboo Shoot daripada Vanity's Fiend di Deck Idea kali ini..


Jika Naturia Bamboo Shoot ditribute summon dengan ngetribute monster Naturia (di deck ini ane membawa Naturia Cosmobeet, Naturia Cherries dan Naturia Cliff sebagai tribute fodder yang tidak ternegate The Monarchs Erupt), lawan tidak bisa mengaktifkan kartu Spell/Trap.. Sudah efeknya ternegate eh enggak bisa mengaktifkan Mystical Space Typhoon untuk menghancurkan The Monarchs Erupt.. Bahaya banget kan kalau summonnya Naturia Bamboo Shoot direspond Torrential Tribute atau Compulsory Evacuation Device atau dihancyrkan by battle menggunakan Stardust Dragon? Lindungi Naturia Bamboo Shoot dengan menargetnya menggunakan Safe Zone serta dengan mengaktifkan The Seal of Orichalcos..

"Terus konsistensi untuk ngedraw Naturia Bamboo Shoot, The Monarchs Erupt, dan Safe Zone bagaimana? Ini kan deck combo based, tapi enggak bawa Upstart Goblin atau Reckless Greed =_=a"


Ah elu tong, kartu yang bisa ngedraw kan enggak cuma Upstart Goblin dan Reckless Greed aja.. :p Harga mereka meroket walaupun enggak kena Ban List April 2014.. :v elu main YGOPro sih, mana tahu harga kartu berapaan.. Main di DN makanya, elu jadi bisa tahu harga kartu patokan TCGplayer.com :) Sebagai gantinya, ane memasukkan Cardcar D, Magic Planter, Pot of Duality, Maxx "C", dan A Cat of Ill Omen.. FYI, Omen bisa top deck Trap Card lho.. Makanya, baca teks yang ada di A Cat of Ill Omen dulu sana..

Simple kan? Banget. Enggak ada combo-combo yang susah untuk dilakukan, like as: target monster lawan pakai Safe Zone> aktifkan Magic Planter> send Safe Zone> destroy monster lawan yang ditarget Safe Zone> draw 2 kartu dari Main Deck.. Akhir kata, bingung mau buat deck tapi enggak punya duit Extra untuk membeli kartu-kartu Extra Deck? Deck ini mungkin bisa menjadi salah satu pilihan dari ribuan deck yang bisa dimainkan tanpa Extra Deck..
~~RareHunter

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IYDC Combo: FTK, STK, dan OTK

Fun Deck: Malina FTK/OTK