YGO News: PRIO TCG World Premiere Cards


YGO News: PRIO TCG World Premiere



Yo~ Duelist! Kartu-kartu TCG World Premiere di Primal Origin sudah tereveal, beberapa sudah direveal di blog KONAMI. (Ane, RareHunter, sudah memberi link ke blog KONAMI di bagian kart yang sudah direveal). Dalam TCG World Premiere kali ini terdapat support untuk beberapa acrhetype, seperti: Artifact, Noble Knight, Sylvan, Vampire, dan Monarch. Mau tau bagaimana penampakan TCG World Premiere di Primal Origin kali ini? Nyok kita baca sama-sama artikel kali ini..

Artifact Scythe
Super Rare (PRIO-EN000)
LIGHT/Level 5/Fairy/Effect/2200 ATK/900 DEF
You can Set this card from your hand to your Spell & Trap Card Zone as a Spell Card. During your opponent's turn, when this Set card in the Spell & Trap Card Zone is destroyed and sent to your Graveyard: Special Summon it. If this card is Special Summoned during your opponent's turn: Your opponent cannot Special Summon monsters from the Extra Deck for the rest of this turn. 

Uhuy! Setelah sekian lama akhirnya ada juga kartu Sneak Peek yang enggak begitu sampah efeknya.. :3 Artifact Scythe bisa dikatakan Madolche Anjelly untuk Artifact. Why? Karena Artifact Scythe menjadi berguna dengan adanya Artifact Sanctum yang bisa "Special Summon 1 "Artifact" monster from your Deck". Jika Artifact Scythe dispecial summon "during your opponent's turn: Your opponent cannot Special Summon monsters from the Extra Deck for the rest of this turn. " Ketika banyak orang mengatakan tidak sebegitu useful, dia bisa menjadi salah tiga Artifact monster yang bisa dimasukkan ke deck manapun (salah satu dan salah duanya adalah Artifact Moralltach dan Artifact Beagalltach), dan kita juga bisa menggunakan Call of The Hunted untuk mengaktifkan efeknya Artifact Scythe.. Apa di antara pembaca blog IYDC ada yang membawa Number 101: Silent Honor ARK dan Evilswarm Exciton Knight di Extra Deck?



"Kalau bisa sampai flip table gitu berarti Artifact Scythe ini broken, om?" Oh, tentu tidak.. Kartu yang teksnya model Artifact Scythe begini dibilang broken? Mimpi! Artifact Scythe sama sekali bukan termasuk kartu broken.. Memang iya kalau Artifact Scythe bisa dimasukkan ke Side Deck untuk melawan deck yang berporos pada Extra Deck semacam Madolche, Evilswarm (Evilswarm Ophion) dan Constellar, tapi coba kalian bandingkan lagi teks yang ada di Artifact Scythe dengan teks kartu-kartu yang ada di Forbidden/Limited list.. Cupu 'kan efeknya Artifact Scythe? Lagian kalau mau mencegah lawan untuk summon Evilswarm Ophion kan sudah ada Artifact Moralltach.. In most cases, Artifact Moralltach jauh lebih berguna daripada Artifact Scythe, apalagi saat lawan punya 2 monster yang levelnya sama untuk Xyz summon.. In that sense, Artifact Moralltach sudah melaksanakan tugas dari Artifact Scythe lebih baik, jika kalian membaca teks yang ada di Artifact Moralltach lebih dari 3 kali. Artifact Scythe hanya ngestop lawan untuk summon monster dari Extra Deck, tapi ia masih meninggalkan backrow lawan yang sewaktu-waktu bisa menghancurkannya.. Dan itulah kenapa Artifact Scythe belum termasuk kartu broken dan sedikit kurang berguna.. Kalian itu kena hype, Artifact Scythe sama sekali bukan kartu broken.. :)

Noble Knight Brothers
Secret Rare (PRIO-EN081)
LIGHT/Level 4/Warrior/Effect/1200 ATK/2400 DEF
This card can only attack while you control exactly 3 "Noble Knight" monsters (and no other monsters). When this card is Normal Summoned: You can Special Summon up to 2 "Noble Knight" monsters from your hand, but cannot Special Summon monsters for the rest of this turn, except "Noble Knight" monsters. Once per turn: You can target 3 "Noble Knight" and/or "Noble Arms" cards in your Graveyard; shuffle all 3 into the Deck, then draw 1 card.

Well, salah satu kartu baru untuk Noble Knight yang ada di Primal Origin (PRIO). Noble Knight Brothers sepertinya kartu yang cocok untuk summon Artorigus tanpa menggunakan Noble Knight Gawyn. Dilihat dari textnya, Noble Knight Brothers memiliki 3 efek:
  1. "This card can only attack while you control exactly 3 "Noble Knight" monsters (and no other monsters)." :WTF! Ngapain ada text beginian KONAMI? Buat apa?? Parah ah, enggak bisa OTK kalo kek gini textnya.. >_>
  2. "When this card is Normal Summoned: You can Special Summon up to 2 "Noble Knight" monsters from your hand, but cannot Special Summon monsters for the rest of this turn, except "Noble Knight" monsters.": T*i, buat apa coba punya DEF power 2400 kalau efeknya ga aktif waktu diflip summon?! Marauding Captain yang bisa "Special Summon up to 2 "Noble Knight" monsters from your hand". Dengan ngenormal summon monster ini bisa langsung Xyz summon Artorigus, King of the Noble Knights atau bisa juga untuk summon Sacred Noble Knight of King Artorigus.
  3. "Once per turn: You can target 3 "Noble Knight" and/or "Noble Arms" cards in your Graveyard; shuffle all 3 into the Deck, then draw 1 card." : Bagus sih bagus, tapi bukan efek seperti ini yang diperlukan Noble Knight untuk saat ini. (ane enggak bilang efek kek Daigusto Emeral itu jelek lhoo..) Di satu sisi, draw 1 kartu menambah sedikit consistency yang dimiliki Noble Knight. Di sisi yang lain, shuffle Noble Arms dan Noble Knight ke Deck sangat bertolak belakang dengan Artorigus, King of the Noble Knights, Sacred Noble Knight of King Artorigus, Noble Knight Gwalchavad, dan Soul Charge.
Btw Noble Knight Brothers + Noble Arms - Destiny + Noble Arms - Excaliburn = no Stardust Dragon :p DEF powernya di atas ATK powernya Stardust Dragon :v Overall, Noble Knight Brothers bukan kartu sampah, juga bukan kartu broken :v Dia bukanlah kartu Noble Knight yang diperlukan saat ini dan juga monster Noble Knight yang tidak perlu dimasukkan ke Main Deck lebih dari 1 lembar.. Noble Knight itu perlu Medallion of the Ice Barrier atau Fire Formation - Tenki untuk mereka sendiri (minimal semi-limit Reinforcement of the Army) kalau mau kompetitif. Jaman Rescue Rabbit masih semi-limt dulu, Noble Knight itu deck yang konsisten.. Yup, Noble Knight untuk sementara masih sangat bergantung dengan Noble Knight Medraut.. Noble Knight perlu konsistensi, bukan kartu model begini.. Well, mungkin dengan adanya kartu ini nanti ada Xyz monster Noble Knight baru yang memerlukan 3 Level 4 "Noble Knight" monsters sebagai Xyz Materialnya.. :v who knows?

Sylvan Princessprout
Super Rare (PRIO-EN083)
LIGHT/Level 1/Plant/Effect/100 ATK/100 DEF
You can only activate each effect of "Sylvan Princessprout" once per turn.
● You can Tribute this card; excavate the top card of your Deck, send it to the Graveyard, then you can place 1 "sprout" monster in your Graveyard on top of your Deck.
● If this card is excavated from the Deck and sent to the Graveyard by a card effect: You can declare a Level from 1 to 8; Special Summon this card from your Graveyard, and if you do, it becomes that Level.


Well, buat yang kesulitan ngebaca textnya, Sylvan Princessprout adalah Copy Plant yang bisa "Tribute this card; excavate the top card of your Deck, send it to the Graveyard, then you can place 1 "sprout" monster in your Graveyard on top of your Deck.". Efeknya sih bagus, dan dia bisa ngesupport Sylvan Cherubsprout. Ditambah lagi "If this card is excavated from the Deck and sent to the Graveyard by a card effect: You can declare a Level from 1 to 8; Special Summon this card from your Graveyard, and if you do, it becomes that Level."! Kartu ini menambah speed dan konsistensi yang dimiliki Sylvan.. Dan juga membuat Miracle Fertilizer masih menjadi pilihan yang tepat untuk dimasukkan di deck Sylvan..   :) Tadi ane sempat ngesearch "sprout" di DN, so far sih baru ada 2 monster.. Kali aja ada "sprout" yang lain setelah kartu ini direlease.. :3 Dengan direleasenya Sylvan Princessprout maka deck Sylvan ke depannya akan berporos pada Sylvan Princessprout, Sylvan Cherubsprout, dan Sylvan Peaskeeper.. Ketiga kartu itu adalah Plant/Level 1 monster lho.. Jika diperlukan, kita bisa special summon Sylvan Peaskeeper untuk ngexcavate Sylvan Princessprout.. TAPI sayang Sylvan Princessprout bukanlah Tuner monster.. :v Masa iya perlu excavate Sylvan Cherubsprout> summon Copy Plant/Spore> baru bisa synchro summon? Kelamaan.. =_=a Broken? Nope. Sylvan Princessprout tidak membuat Sylvan menjadi broken dan menjadi Tier 1, kartu ini hanya membuat Sylvan sedikit lebih konsisten dari sebelumnya.. :3

Gladiator Beast Nerokius
Secret Rare (PRIO-EN086)
DARK/Level 8/Winged Beast/Fusion/Effect/2800 ATK/1900 DEF
3 “Gladiator Beast” monsters
Must first be Special Summoned (from your Extra Deck) by shuffling the above cards you control into the Deck. (You do not use “Polymerization”.) Cannot be destroyed by battle. If this card attacks or is attacked, your opponent cannot activate cards or effects until the end of the Damage Step. At the end of the Battle Phase, if this card attacked or was attacked: You can shuffle it into the Extra Deck; Special Summon 2 “Gladiator Beast” monsters from your Deck.

Baru saja beberapa waktu lalu kta membicarakan Gladiator Beast. Eh, sekarang bicarain mereka lagi.. Gladiator Beast Nerokius adalah Fusion monster untuk Gladiator Beast yang summoning conditionnya lebih bagus daripada Gladiator Beast Heraklinos, dimana ia hanya memerlukan 3 Gladiator Beast monster.. See? Gladiaotor Beast Heraklinos perlu Gladiator Beast Laquari dan 2 Gladiator Beast monster untuk difusion summon.. Baik Heraklinos atau Nerokius, keduanya "do not use “Polymerization”" untuk difusion summon :v yay! Melainkan "by shuffling the above cards you control into the Deck". Selain fusion material, efek Gladiator Beast Nerokius yang "Cannot be destroyed by battle." juga tidak dimiliki oleh Gladiator Beast fusion monster lainnya. Walaupun ATK powernya yang 2800 points masih kalah jauh dibandingkan Gladiator Beast Heraklinos.. :( Namun Gladiator Beast Nerokius dipersenjatai dengan efeknya Ancient Gear Golem, " If this card attacks or is attacked, your opponent cannot activate cards or effects until the end of the Damage Step." yang cocok banget dengan kartu Battle Fusion dari DRLG (DRLG-EN017). Broken? Nope! Ini masih belum masuk kategori kartu broken.. Kalau mau broken sih harusnya fusion materialnya 2 Gladiator Beast monster, bukan 3.. So all in all, kalau kalian main Gladiator Beast, dan di field ada 3 Gladiator Beast monster (thanks to Gladiator Beast Darius, A Hero Lives + Elemental HERO Prisma, Gladiator Beast Augustal, Gladiator Beast Equeste, dll), ya summon Gladiator Beast Nerokius aja. Why not? Takut dinegate Black Horn of Heaven/Solemn Warning? Duelist bego darimana sih yang fusion summon Gladiator Beast monster menggunakan 3 Gladiator Beast sebagai fusion material di saat field lawan ada 5 kartu face-down di S/T? :v Lagipula "At the end of the Battle Phase, if this card attacked or was attacked: You can shuffle it into the Extra Deck; Special Summon 2 “Gladiator Beast” monsters from your Deck." yang kemudian bisa digunakan untuk fusion summon Gladiator Beast Heraklinos dengan special summon Gladiator Beast Laquari dan Gladiator Beast Darius atau fusion summon Gladiator Beast Gyzarus dan ngedestroy 2 kartu atau bisa juga digunakan untuk xyz summon Rank 4/Rank 8 di Main Phase 2 dengan ngespecial summon 2 Level 4 Gladiator Beast monster/2 Gladiator Beast Augustal dari Deck..

Noble Knights of the Round Table
Ultra Rare (PRIO-EN087)
Spell Card/Field
During your End Phase: You can activate each of these effects up to once per turn, depending on the total number of “Noble Knight” cards with different names in your Graveyard and/or you control.
● 3 or more: Send 1 “Noble Knight” card from your Deck to the Graveyard.
● 6 or more: Special Summon 1 “Noble Knight” monster from your hand, then you can equip 1 “Noble Arms” Equip Spell Card from your hand to that monster.
● 9 or more: Target 1 “Noble Knight” monster in your Graveyard; add that target to your hand.
● 12: Draw 1 card.


Field Spell Card untuk Noble Knight! \:v/ yay! Dan yang lebih penting lagi kartu ini adalah Ancient City - Rainbow Ruins untuk Noble Knight, yang artinya kartu ini memiliki efek "depending on the total number of “Noble Knight” cards with different names in your Graveyard and/or you control.". Mari kita simak efek dari Noble Knights of the Round Table:
  • "3 or more: Send 1 “Noble Knight” card from your Deck to the Graveyard.": Efek ini sangat membantu Noble Knight untuk mendapatkan kondisi yang diperlukan Noble Knight Medraut, Noble Knight Gwalchavad, Noble Knight Brothers, dan Soul Charge.. Dengan "Send 1 “Noble Knight” card from your Deck to the Graveyard." sudah membantu untuk ngeset up efeknya Noble Knight Gawayn dan memperkecil jumlah kartu yang ada di Deck. Tentu saja kita bisa membuang "Artorigus" monster dan "Laundsallyn" monster yang bisa digunakan untuk target dari Avalon. (kartu PRIO TCG World Premiere) Lady of the Lake yang ada di tangan bisa "Special Summon 1 "Noble Knight" Normal Monster in your Graveyard" lho.
  • "6 or more: Special Summon 1 “Noble Knight” monster from your hand, then you can equip 1 “Noble Arms” Equip Spell Card from your hand to that monster.": Well, efek yang ini membantu kita untuk swarming dan membantu kita agar tidak ngenormal summon monster Noble Knight yang tidak penting.. Apalagi efeknya jalan di End Phase, bagus banget untuk special summon Noble Knight Drystan dari tangan dan lalu equip Noble Knight Drystan dengan Noble Arms. Kita bahkan bisa special summon Noble Knight Brothers dalam DEF position dan lalu equip Noble Arms of Destiny ke Noble Knight Brothers! Terjawab sudah masalah yang dimiliki Noble Knight Brothers
  • "9 or more: Target 1 “Noble Knight” monster in your Graveyard; add that target to your hand.": Saat ada "9 or more “Noble Knight” cards with different names in your Graveyard and/or you control.", itulah saat dimana Noble Knight mulai konsisten. Kalian bisa "Send 1 “Noble Knight” card from your Deck to the Graveyard." lalu "Target 1 “Noble Knight” monster in your Graveyard; add that target to your hand." yang artinya Noble Knights of the Round Table mirip Medallion of tehe Ice Barrier untuk Noble Knight!
  • "12: Draw 1 card.": Kita bisa draw 1 kartu dari Deck apabila ada 12 "“Noble Knight” cards with different names in your Graveyard and/or you control". Kenapa 12 ""Noble Knight" cards"? Bukannya jumlah kartu "Noble Knight" dengan nama berbeda ada lebih dari 12 kartu? Monggo search di google. Round Table memiliki twelve seats/12 kursi, jadi masuk akal kalau Noble Knights of the Round Table perlu 12 "“Noble Knight” cards with different names in your Graveyard and/or you control". Lumayan kan? Upstart Goblin dalam bentuk Field Spell
Tentu saja Noble Knights of the Round Table memiliki drawback yang besar, "the total number of “Noble Knight” cards with different names in your Graveyard and/or you control". Buat yang main Noble Knight di tingkat kompetitif sih biasanya paling mentok bisa dapat 9 "“Noble Knight” cards with different names" dimana 9 kartu tersebut: 6 diantaranya ada di Main Deck, 2 Noble Knight Xyz monster, dan 1 Ignoble Knight synchro monster.. Jadi totalnya bisa bawa 9 "“Noble Knight” cards with different names" tanpa mengurangi konsistensi deck Noble Knight.. Sepertinya KONAMI ingin membuat Noble Knight menjadi Fire Fist, dimana dalam 1 archetype terdapat 2 playstyle yang berbeda..

Avalon
Super Rare (PRIO-EN088)
Trap Card/Normal
Target 5 “Noble Knight” monsters in your Graveyard, including at least 1 “Artorigus” monster and 1 “Laundsallyn” monster; banish those targets, and if you do, destroy all cards on the field.


WTF, KONAMI! Watt Des (arti)Fact!! Ngapain juga ngrelease kartu beginian pas format Return from Different Dimension dibanned dan Rescue Rabbit juga dilimit?! Ckckck.. Gimana caranya ngeabuse coba kalau kek begini banlistnya? Mana enggak bisa pakai Junk Collector, masih OCG.. =_=a Memang sih gampang banget buat mendapatkan "5 “Noble Knight” monsters in your Graveyard, including at least 1 “Artorigus” monster and 1 “Laundsallyn” monster" dengan bantuan Card Trooper, Mathematician, Kuribandit, dan Noble Knights of the Round Table, tapi efeknya Avalon yang ngebanish monster itu kontras banget dengan Noble Knights of the Round Table, Noble Knight Gwalchavad, dan Sacred Noble Knight of King Artorigus. Untungnya kita ngebanish kelima Noble Knight saat ngeresolve efeknya :) Bisa berabe kalau ngebanish "5 “Noble Knight” monsters in your Graveyard, including at least 1 “Artorigus” monster and 1 “Laundsallyn” monster" itu cost dan dinegate Seven Tools of the Bandit/Dark Bribe/Wiretap. :v Enakan summon Judgment Dragon, Evilswarm Exciton Knight atau Black Rose Dragon daripada aktifin beginian.. Nope! Kartu ini bukan tanda-tanda kita harus ambil ancang-ancang untuk mulai taruh Starlight Road di Side Deck dan Stardust Dragon di Extra Deck lagi.. Good luck aja buat yang mau bawa Burial from Different Dimension/Miracle Dig untuk mengembalikan 5 Noble Knight monster yang dibanish.. Well, sepertinnya kartu ini dikhususkann untuk digunakan saat late game..

Bujingi Sinyou
Ultra Rare (PRIO-EN084)
LIGHT/Level 4/Beast/Effect/1500 ATK/1000 DEF
During either player’s Damage Step, if a Beast-Warrior-Type “Bujin” monster you control battles an opponent’s monster: You can banish this card from your Graveyard; that monster you control gains ATK equal to the current ATK of the opponent’s monster it is battling until the end of the Damage Step, and if it does, any Battle Damage your opponent takes from that battle is halved. You can only use this effect of “Bujingi Sinyou” once per turn.

HO HO HO! Sepertinya ada kartu di Bujin yang akan kena ban list setelah PRIO TCG dan Mega-Tin Bujin direlease.. Dilihat dari efeknya, Bujingi Sinyou masih kalah jauh dibandingkan Bujingi Crane..  Why? Kenapa?? Bukannya Bujingi Sinyou itu Honest ketiga untuk Bujin? Kan di textnya jelas-jelas berbunyi "that monster you control gains ATK equal to the current ATK of the opponent’s monster it is battling until the end of the Damage Step," sedangkan Bujingi Crane hanya, "the ATK of your monster becomes double its original ATK, during that Damage Calculation only". Well, kalau pertanyaan "Kenapa Bujingi Sinyou masih kalah dibandingkan Bujingi Crane?" ada di benak kalian saat membaca artikel ini, sudah dipastikan banget kalian selama ini hanya netdeck deck Bujin yang top di YCS/shriek.twoday.net :) Makanya baca text di kartunya Bujingi Sinyou baik-baik, tong :p Bujingi Sinyou itu harus "banish this card from your Graveyard;" sedangkan Bujingi Crane "send this card from your hand to the Graveyard;". Yang artinya Bujingi Sinyou itu makanan empuk Abyss Dweller/Imperial Iron Wall/Ally of Justice Cycle Reader/D.D. Crow/Light-Imprisoning Mirror/Soul Drain, dimana kartu-kartu tersebut akan ramai dipakai di format setelah PRIO direlease.. Sedangkan Bujingi Crane? Crane lebih susah diatasi.. Perlu Mind Drain/Debunk/Mind Crush.. Kalian itu lebih baik ngesend Bujingi Hare/Bujingi Turtle lebih dulu daripada ngesend Bujingi Sinyou saat ngeadd Bujingi Crane menggunakan Bujin Yamato.. Ngeadd Bujingi Crane dan ngesend Bujingi Sinyou itu engga guna di format depan, dimana Artifact Sanctum masih unlimited.. Bujingi Hare dan Bujingi Turtle jauh lebih berguna di format setelah PRIO direlease.. Yoi, bro. Ente bego jika lebih mengutamakan ngesend Bujingi Sinyou daripada ngesend Bujingi Turtle/Bujingi Hare.. Kenapa ane bilang begitu? Masa iya ane perlu jelasin lagi kenapa ngesend Bujingi Turtle/Bujingi Hare lebih worthy daripada ngesend Bujingi Sinyou? Elu yakin kalau elu bukan netdecker Bujin kalau ane jelasin itu? :v Baca sono teks yang ada di Bujingi Turtle/Bujingi Hare...


7 Honest di TCG? 8 Honest di OCG?? Seriously??? 10 Honest di TCG, 11 Honest di OCG, tong! Lupa sama Bujingi Yata?? Duelist darimana juga coba pikir yang mau ngemain deck 3 lembar Bujingi Sinyou? Well, kalau dia bawa 3 Bujintei Kagutsuchi di Extra Deck sih gpp.. Main decknya Bujin itu rentan dengan space issue, Main Dek untuk Bujin sudah terlalu ketat.. Silahkan bawa 1 Bujingi Sinyou (maksimal 2) untuk menggantikan Honest yang dilimit di TCG (di OCG bisa bawa 2 Honest) hingga Bujingi Crane/Fire Formation - Tenki dilimit/disemi-limit oleh KONAMI.. :)

Vampire Vamp
Super Rare (PRIO-EN085)
DARK/Level 7/Zombie/Effect/2000 ATK/2000 DEF
Once per turm, when this card or a “Vampire” monster is Normal Summoned to your side of the field: You can target 1 face-up monster your opponent controls, whose ATK is higher then this card’s; equip it to this card. This card gains ATK equal to the combined original ATK of the monsters equipped to it by this effect. When this card is sent to the Graveyard, while equipped with a card by this effect: Special Summon this card from the Graveyard.

Wow. Enggak nyangka Vampire dapat kebagian TCG World Premiere juga dari PRIO TCG.. Apakah ini tanda bahwa penjualan SHSP dari dirubahnya Plaguespreader Zombie menjadi 3, Mezuki menjadi 3, dan Destiny HERO Malicious menjadi 3 di Forbidden/Limited List ternyata sedikit dan enggak ngefek ke penjualan? Salah sendiri dulu ngerelease Dragon Ruler dan non-Level 7 Dragon Ruler monster :p Anyway mari kita bahas Vampire Vamp lebih mendalam.. Dilihat dari namanya, sudah obvious banget kalau Vampire Vamp ini masuk ke dalam archetype Vampire :youdontsay:. Jadi Vampire Vamp bisa diadd menggunakan Vampire Sorcerer dan bisa disummon dengan berbagai cara menggunakan kartu-kartu yang ngesupport Vampire dan Zombie (misal: Mezuki, Skull Conductor, Zombie Master, Pyramid Turtle, dll).. Well, add Vampire Vamp menggunakan Vampire Sorcerer> banish Sorcerer> normal summon Vampire Vamp tanpa tribute lalu "Once per turm, when this card or a “Vampire” monster is Normal Summoned to your side of the field: You can target 1 face-up monster your opponent controls, whose ATK is higher then this card’s; equip it to this card." Yup, dia bisa equip monster lawan yang ATK powernya di atas 2000 points dan membuat ATK power Vampire Vamp menjadi di atas 4000 points karena "This card gains ATK equal to the combined original ATK of the monsters equipped to it by this effect.". Conditional? Wait, ada banyak cara lho memanipulasi ATK power lawan, misal: Black Garden, Forbidden Chalice, Forbidden Lance, Forbidden Dress, dll. Jika kalian normal summon Vampire Vamp, maka tak perlu takut lagi dengan Nuamber 101: Silent Honor ARK lagi.. Number 101 hanya bisa ngeattach monster yang dispecial summon ATK position saja.. Vampire Vamp memiliki potensi untuk OTK lhoo.. summon Vampire Duke> special summon "1 DARK "Vampire" monster" Level 5 "from your Graveyard" (P.S.: Vampire Vamp bukan Level 5)> overlay kedunya jadi Shark Fortress> banish Vampire Sorcerer> normal summon Vampire Vamp> equip monster lawan> detach 1 Xyz material dari Shark Fortress> target Vampire Vamp> damage 4050+4050+2400=10500 points. :v The last but not least, efeknya Vampire Vamp yang "When this card is sent to the Graveyard, while equipped with a card by this effect: Special Summon this card from the Graveyard." itu mandatory dan tidak membuat Vampire Vamp miss timing jika digunakan sebagai synchro material.

Noble Knight Eachtar
Super Rare (PRIO-EN082)
DARK/Level 5/Warrior/Effect/1600 ATK/2000 DEF
You can banish 2 “Noble Knights” monsters from your Graveyard; Special Summon this card from your hand or Graveyard. You can only use this effect of “Noble Knight Eachtar” once per turn. A Synchro or Xyz Sumon of a “Noble Knight” monster using this card as a Material cannot be negated, also your opponent cannot activate cards or effects when that monster is Special Summoned.

Nah, ini dia kartu TCG World Premiere terakhir untuk Noble Knight dari Primal Origin (PRIO). Yang terakhir dan yang paling parah efeknya, Dragon Ruler untuk Noble Knight! Noble Knight Eachtar sama sekali tidak ngesupport kartu Noble Knight TCG World Premiere yang ane bahas sebelumnya.. Tapi Noble Knight Eachtar bisa digunakan untuk synchro summon Ignoble Knight of High Laundsallyn dengan menggunakan Lady of the Lake sebagai tuner monster, walaupun cost Noble Knight Eachtar "banish 2 “Noble Knights” monsters from your Graveyard" (kalau enggak mau banish 2 Noble Knights monsters bisa pakai efeknya Noble Knight Medraut) membuat kondisi yang diperlukan Avalon dan Noble Knights of the Round Table makin susah untuk terpenuhi.. Merasa aneh denga namanya tidak ada Ignoble Knight walaupun statnya DARK/Level 5/Warrior? Well, "Ignoble Knight" adalah monster Noble Knight yang jahat, sedagkan Noble Knight Eachtar tidak jahat,  Ignoble Knight of Black Laundsallyn adalah kakaknya Noble Knight Eachtar, mereka bersekutu untuk melawan Arthur.. Efeknya Noble Knight Eachtar yang membuat "A Synchro or Xyz Sumon of a “Noble Knight” monster using this card as a Material cannot be negated, also your opponent cannot activate cards or effects when that monster is Special Summoned." itu diperlukan sekali untuk Noble Knight.. Mengingat Noble Arms of Destiny dan Noble Arms - Excaliburn membuat monster yang disynchro/xyz summon "cannot be destroyed by battle or card effects" dan "cannot be targeted by an opponent's card effect"

Escalation of the Monarch
Super Rare (PRIO-EN089)
Trap Card/Continuous
Once per turn, during your opponent's Main Phase or your opponent's Battle Phase, You can: Immediately after this effect resolves, Tribute Summon 1 monster.

Kartu TCG World Premiere terakhir di Primal Origin (PRIO) yang akan ane bahas, Escalation of the Monarch namanya. Dari textnya, kartu ini bisa dibilang versi mediocre dari Ultimate Offering.. Dengan mengaktifkan Escalation of the Monarch, "during your opponent's Main Phase or your opponent's Battle Phase, You can: Immediately after this effect resolves, Tribute Summon 1 monster.", dimana kartu ini merubah monster-monster Monarch dan monster-monster yang perlu ditribute summon untuk mengaktifkan efeknya menjadi hand trap, misal: Caius the Shadow Monarch, Vanity's Fiend, Dark Dust Spirit, Fenghuang, Light and Darkness Dragon, dll. Berbeda dengan Spell/Trap yang dimiliki Monarch lainnya, di textnya Escalation of the Monarch sama sekali tidak ada "You cannot Special Summon monsters from the Extra Deck." dan "you have no cards in your Extra Deck:", yang artinya kartu ini bisa digunakan di deck yang bukan Monarch (uhuk Spirit uhuk), atau bisa juga di deck Monarch yang menggunakan Xyz monster dan Illusory Snatcher.. Textnya yang, "Once per turn, during your opponent's Main Phase or your opponent's Battle Phase," juga membuat Escalation of the Monarch tidak masuk ke kategori kartu broken.. Sayang sekali Escalation of the Monarch adalah Continuous Trap Card, ia bisa saja dichain Mystical Space Typhoon/Trap Stun/Royal Decree sebelum "this effect resolves". Tidak hanya itu, kita makin sulit menggunakan Treeborn Frog di deck Monarch..


Well, mari kita lihat kartu-kartu di kobokan yang bisa digunakan Monarch sebagai bahan untuk ditribute (selain Treeborn Frog tentunya):
  • Ronintoadin, Dupe Frog, Swap Frog: Ya, bahan tribute untuk Monarch di archetype Frog bukanlah monopoli Treeborn Frog.. Kalian bisa menggunakan Ronintoadin, Swap Frog, Dupe Frog, tapi masalahnya sewaktu-waktu kalian bisa kehabisan bahan untuk ditribute. Makanya di build ini biasanya bawa Sea Lancer untuk ngerecycle Frog monster yang dibanish Ronintoadin... Saat darurat dan diperlukan, Sea Lancer bisa digunakan untuk tribute summon Mobius the Mega Monarch.. Wait, selain Frog ya? Kalau begitu...
  • Samsara Kaiser dan Majiosheldon: masih ingat dengan 2 monster ini? Ane pernah memasukkan Majiosheldon ke salah satu kartu bagus yang ada di LVAL.. Dengan  DAmenggunakan Escalation of the Monarch kalian bisa normal summon/set Majiosheldon> set Escalation of the Monarch> dan di Main Phase/Battle Phase lawan: aktifkan Escalation of the Monarch> tribute Majiosheldon> "during your next Standby Phase: You can Special Summon this card from your Graveyard." (P.S.: "You cannot Special Summon monsters from the Extra Deck during the turn you activate this effect.").
  • Triple-Star Trion: Selain Majiosheldon, Triple-Star Trion juga menjadi bagus sebagai bahan tribute summon karena kita tidak perlu ngeprotect Triple-Star Trion agar dia bisa menjadi bahan untuk ditribute di turn berikutnya
  • Hieratic: Yup, Monarch dan Hieratic sama-sama mayoritas monsternya Level 6 dan 8 (blablabla the Mega Monarch rata-rata Level 8). Efeknya Hieratic Dragon of Tefnuit akan menyala bila ditribute Monarch.. Jadi playnya seperti ini: special summon 1 Hieratic> tribute summon Monarch> special summon 1 Level 6/Dragon/Normal monster dari Deck> overlay keduanya menjadi Rank 6 Xyz monster.. Misal: special summon Hieratic Dragon of Tefnuit> tribute Tefnuit> tribute summon Thestalos the Firestorm Monarch> special summon Tyhone #2> overlay keduanya jadi Hazy Flame Basiltrice . Simple kan mainnya?
  • Mecha Phantom Beast: Kita bisa menggunakan Token yang disummon oleh Mecha Phantom Beast monster (misal: token yang disummon oleh Mecha Phantom Beast Hamstrat) sebagai tribute untuk tribute summon monster-monster Monarch (bahkan Obelisk the Tormentor) di turn lawan dengan menggunakan Escalation of the Monarch..
  • Ghostrick: Saat lawan menyerang kita> special summon Ghostrick monster seperti: Ghostrick Jackfrost, Ghostrick Lantern, Ghostrick Mary, Ghostrick Specter dari tangan> aktifkan Escalation of the Monarch> tribute monster Ghostrick> tribute summon monster-monster Monarch, Dark Dust Spirit, Fenghuang, dll
  • Dark-Dragon Collapserpent, White Dragon Wyverburster, Chaos Zone: Kedua OCG Import yang ada di SHSP ini bisa special summon diri mereka sendiri dengan membanish 1 monster dari Graveyard yang berbeda attribute (Dark-Dragon Collapserpent perlu membanish LIGHT monster dan White Dragon Wyverburster perlu membanish DARK monster), dan jika disend ke graveyard, kita bisa add White Dragon Wyverburster/Dark-Dragon Collapserpent dari Deck.. Dalam teks kedua monster tersebut ada "If ...: you can" yang membuat mereka tidak miss the timing, dan membuat mereka jadi bahan synchro summon/tribute summon yang bagus. Dengan asumsi Battle Fader di Graveyard> Banish Battle Fader> special summon White Dragon Wyverburster> tribute Wyverburster> tribute summon Caius the Shadow Monarch> add Dark-Dragon Collapserpent> banish White Dragon Wyverburster> special summon Dark-Dragon Collapserpent sehingga apabila Collapserpent didestroy lawan, kita bisa memiliki bahan untuk ditribute di turn berikutnya dengan ngeadd White Dragon Wyverburster dari Deck.. Metode tersebut membuat Chaos Zone bisa penuh dengan counter yang dapat membuatnya bisa ngeadd Caius the Shadow Monarch dari Deck tanpa menggunakan Return of the Monarch.. Selain itu Chaos Zone juga bagus sebagai umpan agar lawan mengaktifkan Mystical Space Typhoon/Double Cyclone/Artifact Ignition.. Konsistenkah cara tribute seperti ini? Enggak. White Dragon Wyverburster perlu DARK monster di Graveyard atau Dark-Dragon Collapserpemt perlu LIGHT monster untuk mulai melakukan manuver.. 
  • Artifact Sanctum: Artifact adalah archetype baru di PRIO. Mereka juga bisa menjadi bahan unruk tribute summon monster-monster Monarch.. Dengan menggunakan Artifact Sanctum, kita bisa "Special Summon 1 "Artifact" monster from your Deck" dan menggunakan Escalation of the Monarch untuk mentribute monster yang dispecial summon tadi. Combonya jadi begini: set Artifact Sanctum, Escalation of the Monarch, dan kartu-kartu Artifact lainnya> End Phase> Draw Phase lawan> Main Phase lawan> aktifkan Artifact Sanctum> special summon Artifact Moralltach> aktifkan Escalation of the Monarch> tribute Moralltach> tribute summon Kuraz the Light Monarch> "target up to 2 cards on the field; destroy those targets, and if you do, each player can draw 1 card for each of the cards they controlled that was destroyed by this effect.". Bahkan semuanya dilakukan di turn lawan..
  • dan masih banyak lagi: Yup, masih ada banyak lagi yang bisa dijadikan tribute untuk Monarch, selain Treeborn Frog. Misal: Chronomaly Crystal Bones, Battle Fader, D.D. Survivor, D.D. Scout Plane, Photon Thrasher, Junk Forward, monster-monster yang bisa dispecial summon Instant Fusion dan Emergency Teleport, dll
Meskipun demikian, semua Spell/Traps support Monarch ini memberikan keuntungan untuk player Monarch untuk mengendalikan monster yang ditribute summon atau saat ngetribute summon monster, ngeadd Monarch yang lain dari Deck, ngenegate efek kartu, dll. Tapi KONAMI melupakan 1 hal, mereka belum merelease support dalam bentuk tribute material yang spesifik untuk Monarch..  Well, ada kemungkinan sih dibooster-booster berikutnya mereka merelease kartu seperti itu.. KONAMI mungkin telah merencanakan untuk ngerelease kartu yang efeknya jalan jika mengontrol Monarch, dan lalu merelease kartu untuk membantu tribute summon.. Who knows?



OVERALL
Entah  kenapa KONAMI TCG menjadi aneh bin ajaib serta berbeda dari yang biasanya. Sepertinya mereka makin lama makin susah untuk ngerelease kartu TCG World Premiere yang broken seperti dulu.. Walaupun efek dari kartu-kartu di atas mayoritas efeknya bagus, tapi belum ada satupun yang masuk ke kategori kartu broken.. Namun, satu yang pasti yang dapat dilihat jelas-jelas dengan mata telanjang dari kesepuluh TCG World Premiere di atas ialah KONAMI ingin agar kita menggunakan kartu-kartu Dragons of Legend (DRLG). Wait, what?

 

Dengan menormal summon Mathematician: "You can send 1 Level 4 or lower monster from your Deck to the Graveyard". "During the End Phase," jika Kuribandit "was Normal Summoned this turn: You can Tribute this card; excavate the top 5 cards of your Deck, you can add 1 excavated Spell/Trap Card to your hand, also send the remaining cards to the Graveyard." yang artinya Kuribandit berpotensi ngesend monster-monster Noble Knight dan Noble Arm ke Graveyard dan bisa ngeadd salah 1 Spell/Trap Card yang terexcavate. Coba baca ulang teks Noble Knights of the Round Table di atas, mereka berdua aktif di End Phase kan? KONAMI mau agar kita menggunakan kartu-kartu di DRLG.. "belilah DRLG untuk ngesupport yang ada di PRIO" said KONAMI..
~~RareHunter

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IYDC Combo: FTK, STK, dan OTK

Fun Deck: Malina FTK/OTK