Entermate Hieratic


Entermate Hieratic

Yo~ Duelist! Di postingan sebelumnya ane, RareHunter, sudah menjelaskan semua hal mengenai Pendulum Monster dan Pendulum Summon. Kalau di antara kalian ada yang belum paham dan belum membaca mengenai Pendulum Summon dan Pendulum Monster, kalian bisa membacanya di sini karena ane enggak akan menjelaskannya lagi sebelum menjelaskan pokok artikel yang dibahas kali ini. Yang dibahas dalam artikel kali ini tentu saja Fun Deck yang dibantu dengan adanya Pendulum Monster dan Pendulum Summon. Tanpa banyak basa-basi lagi, ini dia deck yang akan kita bahas!


Ban List: TCG April 2014
Deck: Entermate Hieratic

23 Monster
1x Black Luster Soldier - Envoy of the Beginning
1x Red-Eyes Darkness Metal Dragon
1x Flamvell Guard
 

1x Debris Dragon
1x Koa'ki Meiru Drago
3x Hieratic Dragon of Eset
3x Hieratic Dragon of Nebhtet
3x Hieratic Dragon of Su
3x Hieratic Dragon of Tefnuit

3x Performapal Kaleidoscorp

3x Labradorite Dragon
 
13 Spell

1x Book of Moon
2x Hieratic Seal of Convocuation
2x Insect Imitation
2x Inferno Reckless Summon
3x Cards of Consonance
3x Dragon Shrine


4 Trap
1x Compulsory Evacuation Device
3x Breakthrough Skill
 

Extra Deck:
1x
English non-release card/月華竜 ブラック・ローズ (YF07-JP001)
1x Black Rose Dragon 

2x Star Eater
1x Shark Fortress
1x Number 61: Volcasaurus
1x Gauntlet Launcher
1x Constellar Pleiades
1x Constellar Ptolemy M7

1x Number C73: Abyss Supra Splash
1x English non-release card/No.39希望皇ビヨンド・ザ・ホープ (MG04-JP001) 
2x Hieratic Dragon King of Atum
2x Gaia Dragon, the Thunder Charger


Performapal Kaleidoscorp
EMカレイドスコーピオン (DUEA-JP009)
LIGHT/Level 6/Insect/Pendulum/Effect/Scale 4/100 ATK/2300 DEF
Pendulum Effect: All LIGHT monsters you control gain 300 ATK.
Monster Effect: Once per turn: You can target 1 face-up monster you control; this turn, it can attack all Special Summoned monsters your opponent controls, once each.


Saat monster ini diaktifkan (ditaruh di Pendulum Zone), "All LIGHT monsters you control gain 300 ATK.". Mirip-mirip efek Field Spell Card saat awal Yu-Gi-Oh direlease (ada yang masih ingat Umi, Mountain, Yami, Mystic Plasma Zone?). Memang sih masih kalah besar daripada efek Luminous Spark, tapi bukan itu alasan kenapa Performapal Kaleidoscorp dimasukkan ke deck Hieratic ini.. :p Ada beberapa alasan kenapa Performapal Kaleidoscorp dipilih sebagai Pendulum Monster ke deck Hieratic selain alasan Pendulum Effect yang dimilikinya, antara lain:
  • LIGHT/Level 6: Ya, sudah obvious sekali kenapa kartu ini dimasukkan ke deck ini.. deck Hieratic yang dibuat ialah 6-Axis Hieratic..
  • Pendulum Scale 4: Well, berhubung ini bukan 4-Axis Hieratic, jadi ane bawa Hieratic Dragon of Eset dan Hieratic Dragon of Nebhtet untuk Level 5 yang bisa dipendulum summon.. Tapi menurut game mechanic yang ada di V Jump, Kita tidak bisa melakukan Pendulum Summon jika hanyaada 1 kartu di Pendulum Zone/ada 2 kartu yang memiliki Scale yang sama di Pendulum Zone
  • Insect-Type: Masih ingat dengan Deck Idea: Hieratic Bug yang dibuat admin Rex_Raptor? Berhubung Hieratic Dragon of Eset dan Hieratic Dragon of Nebhtet itu Level 5, maka kita bisa menggunakan Insect Imitation untuk ngesummon Entermate Kaleido Scorpion langsung dari Deck.. Monster-monster Hieratic itu demen banget kalau ditribute.. :youdontsay:
  • 100 ATK: Kalau ini sih enggak termasuk alasan, tapi ya Entermate Kaleido Scorpion jadi bisa dispecial summon Debris Dragon lalu ditune untuk Synchro Summon Ascension the Sky Dragon (YMGL lha wong Leo, the Keeper of the Sacred bukan Dragon-Type. Trident Dragion perlu synchro materialnya Dragon-Type semua)
Namun yang paling penting dari semua itu ya efeknya Performapal Kaleidoscorp saat ia ada di Monster Zone. "target 1 face-up monster you control; this turn, it can attack all Special Summoned monsters your opponent controls, once each.". Yup, ini alasan yang paling utama. Karena di meta-meta ke depan setelah Duelist Alliance (DUEA) hampir semua monster yang kita temui saat duel itu dispecial summon lawan (disini kita menggunakan Inferno Reckless Summon). Apalagi jika efek tersebut diberikan pada monster yang bisa melakukan Piercing Damage (sudah obvious bahwa Hieratic gampang mengakses Gaia Dragon, the Thunder Charger)/memanipulasi ATK power (Number C73: Abyss Supra Splash itu gampang disummon menggunakan Hieratic).. "If a monster you control battles an opponent's monster, during damage calculation (in either player's turn): You can detach 1 Xyz Material from this card once per battle; your battling monster gains ATK equal to the ATK of the opponent's monster it is battling, during that damage calculation only." Keren abis itu efeknya, mengingat Honest yang memiliki efek serupa dilimit KONAMI TCG..


Hand: Insect Imitation, Hieratic Dragon of Eset, Inferno Reckless Summon
Field lawan: Mecha Phantom Beast Dracossack, 2 Mecha Phantom Beast Tokens
  • normal summon Hieratic Dragon of Eset tanpa tribute
  • aktifkan Insect Imitation> tribute Hieratic Dragon of Eset> special summon Performapal Kaleidoscorp> special summon Labradorite Dragon dari Deck
  • aktifkan Inferno Reckless Summon> special summon 2x Labradorite Dragon dari Deck
  • overlay 2x Labradorite Dragon = Hieratic Dragon King of Atum
  • detach Labradorite Dragon> special summon Red-Eyes Darkness Metal Dragon dari Deck> special summon Labradorite Dragon dari Graveyard
  • overlay Hieratic Dragon King of Atum> summon Gaia Dragon, the Thunder Charger
  • aktifkan efeknya Performapal Kaleidoscorp> target Gaia Dragon, the Thunder Charger
  • overlay 2x Labradorite Dragon + Performapal Kaleidoscorp = Number C73: Abyss Supra Splash
Field: Gaia Dragon, the Thunder Charger dan Number C73: Abyss Supra Splash
Damage: 2600+2600+3000=8200 points

Selain menggunakan Performapal Kaleidoscorp, kita juga bisa menggunakan Pendulum Monster baru lainnya yang ada di DUEA, Odd-Eyes Pendulum Dragon.

Odd-Eyes Pendulum Dragon
オッドアイズ・ペンデュラム・ドラゴン (DUEA-JP004)
DARK/Level 7/Dragon/Pendulum/Effect/Scale 4/2500 ATK/2000 DEF
Pendulum Effect: You can reduce the battle damage you take from a battle involving a Pendulum Monster you control to 0. During your End Phase: You can destroy this card, and if you do, add 1 Pendulum Monster with 1500 or less ATK from your Deck to your hand. You can only use each Pendulum Effect of "Odd-Eyes Pendulum Dragon" once per turn.
Monster Effect: If this card battles an opponent's monster, any battle damage this card inflicts to your opponent is doubled.

Odd-Eyes Pendulum Dragon adalah Stardust Dragon untuk karaketer utama di Arc-V dan Pendulum Monster pertama yang muncul di anime Yu-Gi-Oh! Arc-V.. Dilihat dari stat yang dimilikinya, Odd-Eyes Pendulum Dragon bertype Dragon, sehingga kita bisa menggunakan Red-Eyes Darkness Metal Dragon/Number 46: Dragluon untuk special summon dirinya tanpa bergantung pada Pendulum Summon, atau special summon dari Deck dengan menggunakan Hieratic Dragon King of Atum/Ninjitsu Art of Super-Transformation. (ada yang mau buat Ninja Pendulum Chaos Dragon? Eclipse Wyvern bisa ngebanish Odd-Eyes Pendulum Dragon dari Deck dan ngeadd Odd-Eyes Pendulum Dragon apabila dirinya terbanish lho..) Namun jika kalian menggunakan monster-monster Dragon Ruler (di build ini ane enggak pake selembar pun) dan prefer Odd-Eyes Pendulum Dragon ada di Pendulum Zone, kalian bisa menggunakan Draconnection untuk ngetrade 1 Level 7 Dragon-Type di tangan dan add Odd-Eyes Pendulum Dragon dari Deck (buat duelist yang anti-mainstream sih sudah biasa ngeadd Judgment Dragon menggunakan Draconnection di deck Lightsworn). Tapi INGAT: Jika Pendulum Monster disend ke Graveyard selain disend/didestroy/ditribute dari Field (misal: dari Deck/Hand/Xyz Material), Pendulum Monster tidak akan ditaruh face-up ke Extra Deck! Jadi kalian bisa menggunakan Soul Charge/Queen Dragun Djinn/Redox, Dragon Ruler of BouldersCall of the Hunted/dsb untuk ngesummon Odd-Eyes Pendulum Dragon ke field dari graveyard.

Seperti halnya Pendulum Monster lainnya, Odd-Eyes Pendulum Dragon juga memiliki efek untuk support kartu lain atau bisa dibilang efek yang agresif dan membantu deck aggro. Jika Odd-Eyes Pendulum Dragon ditaruh di Pendulum Zone "You can reduce the battle damage you take from a battle involving a Pendulum Monster you control to 0.", berguna pada waktu kalian dapat dengan mudah mengeluarkan monster ATK power tinggi dengan cara yang mudah. Selain itu, "During your End Phase: You can destroy this card, and if you do, add 1 Pendulum Monster with 1500 or less ATK from your Deck to your hand.", yang memberi kita advantage tertentu selain memiliki searcher.

Dan apabila Odd-Eyes Pendulum Dragon face-up di Monster Zone, ia memiliki ATK power yang rata-rata dimiliki monster Level 7/2500 ATK. Namun ia memiliki efek "any battle damage this card inflicts to your opponent is doubled.", jadi Odd-Eyes Pendulum Dragon bisa memberikan damage pada lawan yang besar apabila lawan enggak berhati-hati. Number 39: Beyond the Hope bisa membuat ATK power monster lawan menjadi 0 dan Enemy Controller bisa merubah posisi monster tersebut dari DEF position menjadi ATK position yang membuat Odd-Eyes Pendulum Dragon bisa memberikan damage 5000 points! Tentu saja kita bisa memberikan effect Piercing Damage pada  Odd-Eyes Pendulum Dragon dengan menggunakan Big Bang Shot atau Dragon’s Rage..

Lalu, kenapa bukan Odd-Eyes Pendulum Dragon saja yang dimasukkan ke deck ini melainkan Entermate Kaleido Scorpion? Well, maunya sih ane buat build Hieratic yang bawa Odd-Eyes Pendulum Dragon dan Dragon Ruler.. Tapi berhubung deck begituan sudah dibahas di blog sebelah, ane engak mau capek nulis 2 kali.. :p
~~RareHunter 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IYDC Combo: FTK, STK, dan OTK

Fun Deck: Malina FTK/OTK