How to Pendulum Summon

http://i.ytimg.com/vi/2DMow17Tv7Y/hqdefault.jpg

How to Pendulum Summon

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiWDu5P6TtXxQSk6Z9iH3CsBASaPzLpWA9b0f-7buSniYEk9ylkPLiVCqCxPK9nH6XLI5AYHua-2Ko8sSJfwqkTrit5AJqdGgJRtZQBkJTcKr9H2hALE1gfR1m7GlYS1yukzfp6a5438lA/s1600/The_Trail_of_Light,_Pendulum_Summon_ARCV01.pngYo~ Duelist! Dari yang ane, RareHunter, baca di Yugioh Wikia, Duelist Alliance (DUEA) merupakan booster pack pertama yang dirilis setelah anime Yu-Gi-Oh! Arc-V disiarkan.. Di anime yang baru tayang (lumayan, baru 10 episode) tersebut memperkenalkan cara summon monster yang baru dan type monster yang baru.. Jika di Zexal ada Xyz Monster, di 5Ds ada Tuner Monster dan Synchro Monster, di GX memperkenalkan teknik Contact Fusion, maka di Arc-V juga memperkenalkan metode summon baru dan monster baru bernama Pendulum Summon dan Pendulum Monster.. Lalu, apa itu Pendulum Monster dan Pendulum Summon?

Pendulum Monsters adalah kartu jenis baru yang ada di dunia persilatan Yu-Gi-Oh!, dan membantu kita untuk Special Summon monster-monster Level tinggi dari tangan. Meskipun pada awalnya ini merupakan cara summon yang enggak kalah bagus dibandingkan dengan Synchro Monster dan Xyz Monster, Pendulum Monster dan Pendulum Summon membawa fitur baru untuk dunia persilatan Yu-Gi-Oh!.

Pendulum Monster di Super Starter: Space-Time Showdown dan Duelist Alliance (DUEA)

At first glance, kita dapat melihat bahwa Pendulum Monster memiliki 2 warna, perpaduan warna oranye kecoklatan + hijau (ditreat sebagai Effect Monster) dan perpaduan warna kuning + hijau (ditreat sebagai Normal Monster), yang menunjukkan 2 hal. Pertama, warna tersebut menunjukkan bahwa mereka Pendulum Monster yang ditreat sebagai Effect Monster/Normal Monster, yang artinya Pendulum Monster akan dimasukkan di Main Deck, bukan di Extra Deck seperti Fusion/Synchro/Xyz Monster. Kedua, warna hijau tersebut menandakan bahwa Pendulum Monster termasuk Spell Card. Bingung kan? Kalau sampai sini masih bingung, berarti kalian perlu melanjutkan untuk membaca artikel ini.. Kalau sudah jelas ya engga usah dilanjutkan lagi bacanya.. (takut ada yang mati kebosanan nanti)



Hal kedua yang kita lihat di Pendulum Monster ialah adanya 2 kristal (kristal merah dan kristal biru) yang di bawahnya terdapat angka. Angka tersebut disebut Pendulum Scale, Angka yang digunakan untuk menentukan monster level berapa yang bisa diPendulum Summon, yang akan dijelaskan nanti lebih lanjut. 

Dan hal terakhir yang bisa kita lihat di Pendulum Monster ialah adanya 2 text box yang menjelaskan efek mereka, biasanya pada Effect Monster biasa hanya ada 1 text box. Mereka membawa dua efek yang berbeda tergantung jika mereka berada bersama di Pendulum Zone menggunakan Pendulum Scale mereka untuk ngependulum summon monster, atau efek ketika mereka ada di Monster Zone. Text box yang kecil namanya Pendulum Effect, dan text box yang besar namanya Monster Effect.

Jadi, sekarang kita sudah tahu semua tentang Pendulum Monster, tapi bagaimana cara menggunakannya? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Pendulum Monster berbeda dengan Monster biasa (baik Efek Monster/Normal Monster), mereka juga tidak seperti Spell Card biasa (Field Spell Card, Continuous Spell Card, Ritual Spell Card). Pendulum Monster menjadi Spell Card hanya di saat yang khusus, itu di saat Pendulum Monster berada di Pendulum Zone. Berikut adalah gambar game mat setelah dimasukkannya Pendulum Zone


Pendulum Zone itu seperti Field Zone yang bukan bagian dari Spell/Trap Zone, dan seperti Field Zone, hanya kartu khusus saja yang bisa ditaruh di sini. Yup, hanya kartu Pendulum Monster yang bisa ditaruh di Pendulum Zone.

Kita taruh Pendulum Monster di Pendulum Zone seperti kita mengaktifkan Field Spell Card di Field Zone, dan ini termasuk mengaktifkan (activation) Spell Card (alias bisa dinegate Legendary Six Samurai Shi En, Naturia Beast, dkk). Di Pendulum Zone, Pendulum Monster akan dianggap sebagai Spell Card dan hanya bisa mengaktifkan Pendulum Effect mereka di sini (Sayang banget Eradicator Epidermic Virus dilimit). Jika mereka ada di Monster Zone, mereka hanya bisa mengaktifkan Monster Effect mereka. Mereka tidak bisa mengaktifkan Pendulum Effect mereka saat mereka di Monster Zone.

Berbeda dengan Field Spell Card yang bisa diset di Field Zone, kita tidak bisa ngeset Pendulum Monster di Pendulum Zone. Kita juga hanya bisa memiliki 1 Pendulum Monster tiap Pendulum Zone, dan kita tidak bisa mengaktifkan Pendulum Monster dari tangan jika ada 2 Pendulum Monster di Pendulum Zone kita.

Ketika ada Pendulum Monster di kedua Pendulum Zone di field kita, saat itulah kita bisa melakukan Pendulum Summon di Main Phase 1 atau Main Phase 2. Yang hanya bisa dilakukan once per turn dan summon monster sebanyak apapun yang kita inginkan, hingga Monster Zone kita penuh juga bisa,  dari tangan, atau summon face-up Pendulum Monsters yang ada di Extra Deck.


Kita bisa summon monster yang memiliki Level di antara kedua Pendulum Scale yang terdapat pada Pendulum Monster yang berada di Pendulum Zone. Caranya? Misal kita memiliki Pendulum Scale 1 di kiri dan Pendulum Scale 8 di kanan, maka kita bisa Pendulum Summon monster Level 2, 3, 4, 5, 6, hingga Level 7 dari tangan atau Pendulum Summon face-up Pendulum Monster dari Extra Deck sebanyak apapun, dan semua monster tersebut disummon dalam waktu yang bersamaan..

Cara summon seperti ini (Pendulum Summon) termasuk kedalam Inherent Summon, sama seperti Synchro Summon dan Xyz Summon (alias tidak memulai Chain), tapi yang disumoon itu turunnya kek hujan, keroyokan, dan disummonnya di saat bersamaan dan hanya bisa dilakukan sekali di tiap turn seperti Normal Summon. (Kalau di Main Phase 1 sudah Pendulum Summon, di Main Phase 2 enggak bisa) TAPI hanya monster yang tidak termasuk Nomi monster dan Semi-nomi monster yang bisa dipendulum summon dari tangan.. (Enggak tau apa itu Inherent Summon, Nomi monster, dan Semi-Nomi monster? Di blog sebelah sudah dibahas). Gila aja bisa summon Dark Armed Dragon langsung turun tanpa ada "3 DARK monsters in your Graveyard".


Nah sekarang, seperti yang ane jelaskan juga di atas, kita bisa Pendulum Summon Pendulum Monster yang face-up di Extra Deck, tapi mungkin tadi ada yang baca bahwa ane sempat nulis "Pendulum Monster itu dimasukkan di Main Deck". Well, sebenarnya sih simple, Pendulum Monster yang ada di field (tidak hanya Pendulum Monster yang ada di Monster Zone dan Spell & Trap Zone (misal: Pendulum Monster yang diequip Sea Lancer/Relinquished/Destiny HERO Plasma), Pendulum Monster yang ada di Pendulum Zone juga termasuk) akan ke Extra Deck jika mereka disend/didestroy dari Field. Jadi, apabila Mystical Space Typhoon ngedestroy Pendulum Monster di Pendulum Zone atau Dark Hole ngedestroy Pendulum Monster di Monster Zone, kita hanya menaruh mereka face-up di Extra Deck. Apabila Dimensional Fissure face-up di arena, jika Pendulum Monster yang ada di Pendulum Zone didestroy, maka Pendulum Monster tersebut tidak dibanish. Mereka juga ditaruh face-up di Extra Deck. Hal ini dikarenakan Pendulum Monster yang ada di Pendulum Zone ditreat as Spell Card.. :)

TAPI apabila Pendulum Monster:
  • disend dari Deck ke Graveyard (misal: menggunakan Foolish Burial, Ryko, Lightsworn Hunter, dll),
  • dinegate aktivasi dan summonnya (dinegate Magic Drain atau Black Horn of Heaven)
  • didiscard atau disend dari tangan ke Graveyatd (misal: menggunakan Hand Destruction, Lightning Vortex, Dark World Dealing, dll),
  • dan disend ke Graveyard sebagai Xyz Material (didetach),
maka dalam kasus tersebut Pendulum Monster tetap akan disend ke Graveyard, bukan ditaruh face-up di Extra Deck. Dan apabila Macro Cosmos, Banisher of the Radiance, Banisher of Light, Masked HERO Darklaw, dsb face-up di field dalam kasus-kasus di atas, maka Pendulum Monster akan "banished instead". :) Hal ini berlaku pula untuk Pendulum Monster yang ada di Pendulum Zone.. Mereka akan dibanish apabila saat mereka disend/didestroy ada Macro Cosmos, Banisher of the Radiance, Banisher of Light, dsb fac-up di field..

Wait, what? Pendulum Monster yang didestroy/disend dari Field ditaruh face-up di Extra Deck? Yup, tidak seperti monster yang ada di Extra Deck biasanya, Pendulum Monster ditaruh face-up, dan berbeda dari monster yang ada di Extra Deck juga, mereka masuk ke dalam public knowledge, jadi kedua player bisa mengecek Pendulum Monster yang face-up di Extra Deck kapanpun yang mereka inginkan. Ditambah lagi, jumlah ini bisa melebihi batas maksimal 15 kartu yang ada di Extra Deck saat Build Deck. Setelah duel berakhir, Pendulum Monster dimasukkan ke Main Deck lagi..

Jadi, selain Pendulum Summon monster dari tangan, kita juga bisa Pendulum Summon Pendulum Monsters yang face-up di Extra Deck. Menarik kan?

Nah, sekarang kita sudah mengetahui apa itu Pendulum Monster, Pendulum Scale, Pendulum Zone dan Pendulum Summon. Tapi saat berduel, kita perlu mengetahui ruling mengenai istilah-istilah tadi.. Berikut rule yang perlu kita ketahui:
  1. Pendulum Summon tidak akan berhenti apabila salah 1 Pendulum Monster yang ada di Pendulum Zone didestroy saat kita melakukan Pendulum Summon. Hal ini dikarenakan, seperti yang dijelaskan di awal, Pendulum Summon masuk ke dalam Inherent Summon (banyak duelist yang bilang Built-In Summon), jadi saat kita ngedestroy Pendulum Monster yang ada di Pendulum Zone, monster yang dipendulum summon sudah tersummon
  2. Pendulum Monster yang ada di Pendulum Zone tidak dihitung oleh efek United We Stand. Kita hanya diperbolehkan memiliki 2 Pendulum Monster di Pendulum Zone di field kita. 1 Pendulum Monster di Pendulum Zone sebelah kiri dan 1 Pendulum Monster di Pendulum Zone sebelah kanan
  3. Jika kita menggunakan kartu yang bisa ngenegate summon seperti Black Horn of Heaven, Thunder King Rai-Oh, dll maka kita hanya bisa menggunakannya saat lawan melakukan Pendulum Summon 1 monster saja. (Namun di TCG, Rule ini sedikit berbeda)
  4. Jika di field lawan ada 2 Pendulum Monster di Pendulum Zone, hanya lawan saja yang bisa melakukan Pendulum Summon. Kita harus memliki 2 Pendulum Monster di Pendulum Zone untuk melakukan Pendulum Summon.
  5. Pendulum Summon tidak dapat dilakukan apabila:
  • hanya ada 1 Pendulum Monster di Pendulum Zone (misal: di Pendulum Zone sebelah kiri ada 1 Pendulum Monster dan di Pendulum Zone sebelah kanan tidak ada Pendulum Monster)
  • ada 2 Pendulum Monster di Pendulum Zone yang memiliki Pendulum Scale yang sama (misal: di Pendulum Zone sebelah kiri dan sebelah kanan sama-sama memiliki Pendulum Scale 4)
  • ada 2 Pendulum Monster yang memiliki "selisih" Pendulum Scale kurang dari 2. (Misal: jika di Pendulum Zone kiri Pendulum Scalenya 1, dan di kanan Pendulum Scalenya 2 (2-1=1), maka kita tidak bisa melakukan Pendulum Summon. Karena dari Yu-Gi-Oh! jaman Mesir kuno dimana duel masih pakai batu tulis sampai sekarang, enggak ada yang namanya Level 1,5. Kalau 16.5 ada di anime sebelah)
Source:
  • https://yugiohblog.konami.com/articles/?p=6353
  • https://yugiohblog.konami.com/articles/?p=6351
  • https://yugiohblog.konami.com/articles/?p=6342
  • https://yugiohblog.konami.com/articles/?p=6333
  • https://yugiohblog.konami.com/articles/?p=6412


OVERALL
Pendulum monster adalah monster yang masih baru di dunia persilatan Yu-Gi-Oh!. Untuk saat ini (saat artikel ini dipublish) jumlah mereka masih bisa dihitung pakai jari.. Mereka juga masih kekurangan support untuk set up field dengan cepat..

Pendulum monster masih memiliki "sedikit" support untuk membuat deck berporos pada mereka, tapi mereka memiliki potensi tersembunyi yang besar untuk mengguncang meta yang ada di dunia persilatan Yu-Gi-Oh! di kemudian hari.. Who knows?
~~RareHunter

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IYDC Combo: FTK, STK, dan OTK

Fun Deck: Malina FTK/OTK