Battle Pack 3 TCG World Premiere Cards


Battle Pack 3 TCG World Premiere Cards

Yo~ Duelist! Akan ada turnamen draft season yang diselenggarakan KONAMI menggunakan kartu-kartu yang ada di Battle Pack, termasuk Battle Pack baru yang direlease, Battle Pack 3: Monster League! Namun dalam turnamen tersebut ada Special Rule, All monsters are all Types.

Mau monsternya ada di Deck, Extra Deck, di tangan, Graveyard, field, di banish, semua monster akan ditreat as every monster Type.

Dan ada 10 kartu World Premiere di Battle Pack 3.. Kartu-kartu tersebut didesan untuk dimainkan di Draft & Sealed Play, tapi kartu tersebut bisa digunakan di luar Draft & Sealed Play kalau kalian mau.. Apa saja kesepuluh kartu tersebut? Bagaimana penampakannya dan efeknya? Monggo lanjut baca artikel ini..
  
Typhoon
(BP03-EN235)
Trap Card/Normal
Target 1 face-up Spell/Trap Card on the field; destroy it. If your opponent controls 2 or more Spell/Trap Cards and you control no Spell/Trap Cards, you can activate this card from your hand.

Kartu ini adalah 1 dari 10 World Premiere Card yang ada di Battle Pack 3: Monster League. Layaknya Mystical Space Typhoon, Typhoon memiliki banyak fungsi dan kegunaan, tergantung ente main Draft & Sealed atau duel biasa..

Dengan menjadi kartu untuk mengaktifkan efeknya tanpa membayar cost, Typhoon merupakan kartu GG saat kalian bermain Draft & Sealed Play untuk ngedestroy Equip Cards, Continuous Spells/Trap Card lawan, seperti: Miracle Fertilizer dan Pyramid of Wonder.

Saat duel menggunakan rule biasa, Typhoon menjadi kartu yang bagus dan berguna saat melawan deck yang berporos pada Pendulum Summon dan Continuous Spell/Trap. Hal ini dikarenakan efek kedua yang dimiliki Typhoon, "If your opponent controls 2 or more Spell/Trap Cards and you control no Spell/Trap Cards, you can activate this card from your hand.". Jika kalian ngedraw Typhoon saat draw 5 kartu di awal duel, dan lawan mengaktifkan 2 Pendulum Monster di Pendulum Zone, lawan akan memiliki "2 or more Spell/Trap Cards", dan di field ente masih kosong gegara ente belum dapat giliran. Ente pada bisa mengaktifkan Typhoon langsung dari tangan dan ngdestroy salah 1 Pendulum Monster di Pendulum Zone sebelum lawan melakukan Pendulum Summon..

Stegocyber
(BP03-EN114)
DARK/Level 6/Dinosaur/Effect/1200 ATK/2400 DEF
During your opponent's turn, at damage calculation, if this card is in your Graveyard: You can pay 1000 LP; Special Summon it, and if you do, you take no battle damage from that battle, and banish this card when it leaves the field (this is a Quick Effect). You can only use this effect of "Stegocyber" once per turn.

Dinosaur? Yakin? Cyber Saurus aja typenya Machine.. Lha ko' ini Dinosaurus? =_=a "You can pay 1000 LP" untuk special summon dia dari Graveyard? Mending juga bawa Green Baboon.. Eh tapi Stegocyber Level 6.. Lumayanlah bisa diadd Fossil Dig dan dipakai buat xyz summon Evolzar Solda.. Ga jelek-jelek amat jadinya.. Bagusnya ditaruh dimana ya? Ya taruh di deck Hazy Flame dong.. Kan' Hazy Flame punya  Hazy Flame Hydra, monster Dinosaur Level 6 juga.. :) Berbeda dengan Construction Train Signal Red, Stegocyber tidak melindungi monster yang diserang lawan.. Artnya mirip Trifortressops..Not bad..

Card Advance
(BP03-EN185)
Spell Card/Normal
Look at up to 5 cards from the top of your Deck, then place them on the top of the Deck in any order. You can Tribute Summon 1 monster in addition to your Normal Summon/Set this turn. (You can only gain this effect once per turn.)

Hmmm.. Wait, what? Apa hubungannya coba efeknya yang pertama "Look at up to 5 cards from the top of your Deck, then place them on the top of the Deck in any order." dan efeknya yang kedua "You can Tribute Summon 1 monster in addition to your Normal Summon/Set this turn."? Aneh banget yang desain ini kartu.. Jaka Sembung bawa golok banget.. =_=a WTF, KONAMI! Kalau mau kedua efeknya nyambung ya harusnya textnya kayak gini, "You can Tribute Summon 1 monster in addition to your Normal Summon/Set this turn. (You can only gain this effect once per turn.) And if you do, Look at up to 5 cards from the top of your Deck, then place them on the top of the Deck in any order.". Lebih make sense kan?

Buat di Facebook yang ngehype tentang kartu ini, tolong dibaca baik-baik teksnya.. Card Advance hanya Double Summon (bahkan lebih jelek daripada Double Summon) yang memiliki efek tambahan Spellbook Organization..  Maksud dari "You can Tribute Summon 1 monster in addition to your Normal Summon/Set this turn." ialah kita bisa Tribute Summon 1 monster (monster Level 5 ke atas perlu tribute) di turn setelah Normal Summon 1 monster. Ya, sudah baca textnya 2 kali? Di sana enggak ada text "You can Tribute Summon 1 monster without a tribute in addition to your Normal Summon/Set this turn."!

Selain Monarch (terutama Mega Monarch) dan Hieratic (pernah lihat deck Hieratic bawa Trial & Tribulation?), yang terbantu dengan adanya Card Advance paling-paling hanya Hazy Flame.. Kita bisa "Look at up to 5 cards from the top of your Deck, then place them on the top of the Deck in any order." lalu ngedeclare nama kartu tersebut saat menggunakan efeknya Hazy Flame Sphynx..Lagi-lagi Hazy Flame..

Master Craftsman Gamil
(BP03-EN115)
FIRE/Level 2/Pyro/Effect/200 ATK/200 DEF
During either player’s Damage Step, when a face-up monster you control is attacking or being attacked: You can send this card from your hand to the Graveyard; that monster gains 300 ATK until the end of this turn.

Wow, Blackwing - Kalut the Moon Shadow untuk semua archetype.. Tapi sayang, hanya "gains 300 ATK". Itu hanya membuat Goyo Guardian menjadi 3100 ATK.. Kalau saja "gains 500 ATK" atau "gains 800 ATK" ane bakal mikir buat masukin dia dan ngebahas kartu ini lebih panjang.. Sampah? Ingat, Battle Pack 3 itu direlease untuk Draft & Sealed Play dan ada Special Rule juga.. Ada Naturia Beast di field lawan, tapi takut mengaktifkan Forbidden Lance gara-gara bisa dinegate Naturia Beast? Lempar saja Master Craftsman Gamil ke Graveyard..

Terlepas dari efeknya yang "nanggung", Master Craftsman Gamil memiliki stats yang bagus.. Dia itu monster Level 2 berattribute FIRE dan memiliki 200 DEF yang artinya ia bisa dispecial summon Junk Synchron, Debris Dragon, dan Rekindling.. Tapi, bukannya Rekindling dilimit di TCG? Ah, sudahlah..

Bashing Shield
(BP03-EN186)
Spell Card/Equip
Equip only to a Normal Summoned/Set monster. It gains 1000 ATK. You take no battle damage from attacks involving it.

DAFUQ! Apa maksudnya tuh "Equip only to a Normal Summoned/Set monster."?? Bukannya di rule book jelas-jelas enggak bisa target face-down monster untuk Equip Card? Eh, kalau dibaca lagi sekali itu tanda "/" maksudnya "or". :D Jadi hanya bisa equip Bashing Shield ke  "a monster that was Normal Summoned or Normal Set monster", termasuk Gemini monster yang dinormal summon untuk mendapatkan efeknya.. Hal ini membuat kita tidak bisa equip Bashing Shield ke El Shaddoll Construct yang dispecial summon Shaddoll Falco.. #logic

Lebih baik bawa Axe of Despair kalau begitu.. Kan sama-sama "gains 1000 ATK" =_=a Kalau equip Bashing Shield "You take no battle damage from attacks involving it.". Oh well, cuma damage.. Padahal bisa lebih bagus kalau ada text "the equipped monster cannot be destroyed by battle". Rapopo ah, yang penting tahan Honest, Bujingi Crane, dan Master Craftsman Gamil.:p

Ghost From the Past
(BP03-EN233)
Trap Card/Normal
Banish 2 monsters from your Graveyard, then target 1 face-up Attack Position monster on the field; its ATK becomes 0 until the end of the turn.

Eh? "Banish 2 monsters from your Graveyard"? Kartu apa yang bagus buat dibanish di TCG format sekarang? Necroface sudah semi-limit, Eclipse Wyvern bisa dibanish buat add Red-Eyes Darkness Metal Dragon atau Judgment Dragon yang dibanish Eclipse Wyvern sebelumnya.. Lumayanlah "Banish 2 monsters from your Graveyard" untuk set up combo-combo gila.. :v Sayangnya bukan Quick-Play Spell Card..

Setelah "Banish 2 monsters from your Graveyard," lalu kita bisa " target 1 face-up Attack Position monster on the field; its ATK becomes 0 until the end of the turn.". Kartu yang bagus diaktifkan saat Damage Step di Battle Phase, not bad.. Kartu ini bisa membuat monster menyusahkan seperti El Shaddoll Midrash gampang diatasi by battle..

Swamp Mirrorer
(BP03-EN236)
Trap Card/Continuous
Activate this card by declaring 1 Monster Type and 1 Attribute; Special Summon this card as a Normal Monster (Level 4/ATK 1800/DEF 1000) with that Type and Attribute. (This card is also still a Trap Card.)

Akhirnya ada juga kartu World Premiere Card yang bagus di Battle Pack 3 setelah Typhoon.. Dilihat bagus dari mananya? Well, Swamp Mirrorer merupakan Trap Monster (bisa dimasukkan di deck Uria, Lord of Searing Flames dan dilindungi Imperial Custom) yang memiliki efek hampir sama dengan efek yang dimiliki salah satu kartu Korea World Premiere Cards, Outer God Nyarla.

Kita bisa mengaktifkan dan special summon Swamp Mirrorer "by declaring 1 Monster Type and 1 Attribute". Efek tersebut membuatnya menjadi kartu yang bagus ditaruh di deck yang berporos untuk summon Fusion/Synchro/Xyz monster yang memerlukan material khusus.. Misalnya: kita bisa ngedeclare WIND/Winged Beast untuk dioverlay menjadi Lightning Chidori atau ditune bersama Dragunity Phalanx.. Atau bisa juga dioverlay untuk summon Number 66: Master Key Beetle (declare DARK attribute), Fairy Cheer Girl (declare Fairy-Type), Evolsar Laggia dan Evolsar Dolkka (declare Dinosaur-Type), Gear Gigant X (declare Machine-type), Bahamut Shark (declare WATER attribute), Constelllar Omega (declare LIGHT attribute), dsb. Bisa dibilang Copy Knight untuk semua type.. :)

Selain menjadi Xyz Material, dia juga bisa menjadi Synchro Material Synchro Monster yang memerlukan synchro material yang khusus, seperti: Michael the Arch-Lightsworn (declare LIGHT attribute), Underground Arachnid (declare Insect-Type), Dewloren, Tiger King of The Ice Barrier (declare WATER attribute), dsb.

Buat yang anti-mainstream, kalian juga bisa memasukkannya sebagai Fusion Material untuk memanggil El Shaddoll Winda dan El Shaddoll Construct (in case Shaddoll Core dibanned), Elemental HERO Absolute Zero, Ignition Beast Volacnnon, Gem-Knight Citrine, dsb.

Tapi, bukannya di turnamen tersebut ada Special Rule? Special Rule menyatakan bahwa All monsters are all Types.. Terus buat apa memasukkan Swamp Mirrorer di Deck? Gagal paham nih yang desain ini kartu sama theme Battle Pack 3: Monster League,,

Kalau masalah stat sih engga kalah beda dengan Tiki Curse.. Sayang sekali Transmodify ngecek attribute dan type saat monster ada di Graveyard, enggak bisa terlalu diabuse deh kartu Swamp Mirrorer ini..

Unbreakable Spirit
(BP03-EN234)
Trap Card/Normal
If you control only 1 face-up monster; until the end of this turn, it gains ATK equal to the ATK of the monster your opponent currently controls with the lowest ATK (your choice, if tied).

Trollolo~ Ada mainan baru buat Bujin Yamato dan Bujintei Susanowo.. Makin sulit aja nih ngalahin Bujin Yamato, Honest makin banyak.. :v IMO Prideful Roar jauh lebih bagus daripada kartu ini.. Mungkin yang ngedesain kartu ini juga yang ngedesain beberapa kartu yang digunakan Yuma.. Situational dan fokus ke Battle Phase.. Udah harus "you control only 1 face-up monster" buat ngaktifin, eh "gains ATK equal to the ATK of the monster your opponent currently controls with the lowest ATK"..

Quantum Cat
(BP03-EN237)
Trap Card/Continuous
Activate this card by declaring 1 Monster Type and 1 Attribute; Special Summon this card as a Normal Monster (Level 4/ATK 0/DEF 2200) with that Type and Attribute. (This card is also still a Trap Card.)

Berbeda dengan Swamp Mirrorer, Quantum Cat memiliki DEF power yang tinggi, 2200 DEF points. Tapi memiliki 0 ATK. Sisanya ya mirip dengan efeknya Swamp Mirrorer. Selain itu kita bisa ngetroll lawan dengan ngechain kartu ini ke Unbreakable Spirit sehingga monster lawan akan "gains" ATK 0 poin karena Quantum Cat menjadi monster yang "the lowest ATK" :v

Inspiration
(BP03-EN232)
Trap Card/Normal
Target 1 face-up monster you control; it gains 700 ATK until the end of this turn.

Dan ini dia World Premiere Card terakhir dari Battle Pack 3, Inspiration. Berbeda dengan namanya, efek dari kartu ini menegaskan bahwa desainer kartu untuk TCG enggak punya inspirasi alias enggak kreatif.. Why? Efek dari Inspiration copy paste efeknya Rush Recklessly! Cuma bedanya ya Inspiration itu Normal Trap Card, engga bisa dinegate Naturia Beast..  Statusnya yang Trap Card membuat Reinforcement makin kelihatan tidak berguna di jaman sekarang dan bisa dinegate Wiretap.. Harusnya kartu yang efeknya seperti ini direlease 6 tahun yang lalu.. Padahal artnya bisa ditaruh di kartu yang berhubungan dengan Warrior-Type monster..

OVERALL

Ngenes banget ini kesepuluh kartu World Premiere Card di Battle Pack 3: Monster League. Mereka harusnya sudah direlease 6 tahun yang lalu untuk bisa dikatakan "kartu bagus di eranya". Akan tetapi, jika kita melihat mereka hanya digunakan di Draft & Sealed Play ya mereka bisa dibilang kartu bagus di kelasnya..
~~RareHunter

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IYDC Combo: FTK, STK, dan OTK

Fun Deck: Malina FTK/OTK