The Valuable Book 17 OCG Promotional Cards

 
The Valuable Book 17 OCG Promotional Cards

Yo~ Duelist! Di hari minggu ini ane akan membahas 2 kartu baru yang bisa kalian dapat dengan membeli Valluable Book 17. Berhubung kedua kartu ini sudah ada di Dueling Network dan sudah ane, RareHunter, tes kemarin di Dueling Network, kedua kartu ini lumayan bagus.. Buat yang mau ngebuild deck DDD dan mengetahui DDD sepertinya perlu menyimak pembahasan ane hari ini sebelum ada teman kalian yang ngehype. Btw, ane menulis artikel ini bermaksud meluruskan teman-teman ane di Facebook yang kena hype Galaxy-Eyes Full Armor Photon Dragon.. Maklum, di grup Facebook sana memang sering kena hype gara-gara mayoritas anggotanya belum bisa membaca text kartu.. :) Tanpa perlu basa-basi lagi, monggo baca penjelasan ane di bawah ini mengenai kedua kartu tersebut..

DDD Leonidas the Rebellious Lord
DDD反骨王レオニダス (VB17-JP001)
DARK/Level 7/Fiend/Pendulum/Effect/Scale 3/2600 ATK/ 1200 DEF
Pendulum Effect: When you take damage from a card effect (except during the Damage Step): You can destroy this card, and if you do, any effect that would inflict damage increases LP by the same amount instead for the rest of this turn.
Monster Effect: When you take damage from a card effect (except during the Damage Step): You can Special Summon this card from your hand, and if you do, gain LP equal to the damage you took. Any effect damage you take becomes 0.



Jika kalian sudah membaca Concept Duel yang ada DDD itu, mungkin kalian heran bagaimana cara OTK.. Wajar, karena dalam deck tersebut ada 1 kartu yang belum dimasukkan. Tapi ane menggunakan Odd-Eyes Pendulum Dragon (ymgl lha wong sama-sama pendulum monster Level 7 dan memiliki ATK power/Pendulum Scale yang hampir sama :v Odd-Eyes Pendulim Dragon juga bisa ngesearch DDD Magical Sage Kepler dari Deck) sebagai proxy untuk kartu ini karena saat ane publish artikel tersebut, DDD Leonidas the Rebellious Lord belum ada di DN/YGOPro. Kartu ini baru diadd di Dueling Network kemarin lusa (tanggal 21/22 Agustus. Lupa)

(Covennant with The Hell Gate, Covenant with the Valkyrie, dan Covenant with The Swamp King)


Yang membuat beda Odd-Eyes Pendulum Dragon dengan DDD Leonidas the Rebellious Lord ialah "you can Special Summon" DDD Leonidas the Rebellious Lord "from your hand," (bukan dipendulum summon) "when you take damage from a card effect (except during Damage Step)", "and if you do, gain LP equal to the damage you took.". Efek ini semakin berguna karena "During each of your Standby Phase" kartu-kartu "Covenant" yang ngesupport DDD akan memberikan "1000 damage". Dengan efek tersebut, ia menjadikan dirinya menjadi target utama untuk disearch Covenant with The Hellgate. Tidak hanya itu, "Any effect damage you take becomes 0." membuat dirinya lebih bagus daripada Des Wombat/One Day of Peace untuk melawan deck Chain Burn, Chain Beat, atau bahkan Nurse Burn yang sempat dibahas Rex_Raptor tempo hari..


Satu hal yang perlu digaris bawahi mengenai kartu ini, ia memiliki Pendulum Effect yang hampir sama dengan Odd-Eyes Pendulum Dragon. Mereka berdua sama-sama "You can destroy this card,". Dan dengan menggunakan efek kartu-kartu Covenant yang memberikan "1000 damage", kita bisa ngetrigger kartu ini, lalu taruh DDD Leonidas the Rebellious Lord face-up di Extra Deck,  "and if you do, any effect that would inflict damage increases LP by the same amount instead for the rest of this turn. ". Dengan menggunakan efek tersebut apabila DD Magical Sage Galilei ada di tangan, kita bisa ngedestroy kartu ini dari Pendulum Zone di Standby Phase, lalu mengaktifkan DD Magical Sage Galilei saat DD Magical Sage Kepler ada di Pendulum Zone: untuk Pendulum Summon DDD Leonidas the Rebellious Lord dari Extra Deck..

(DD Magical Sage Galilei dan DD Magical Sage Kepler)

Seperti yang sempat ane singgung di atas, Pendulum Scale yang dimiliki DDD Leonidas the Rebellious Lord adalah 3, lebih kecil daripada Pendulum Scalenya Odd-Eyes Pendulum Dragon dan lebih besar daripada Pendulum Scalenya DD Magical Sage Galilei. Hal ini membuat DDD Leonidas the Rebellious Lord makin bagus dimasukkan di deck DDD karena DD Magical Sage Kepler memiliki Pendulum Scale 10..

Tapi jika kalian memasukkan kartu ini di deck selain DDD, Pendulum Scale monster ini terbilang jelek. Kita hanya bisa Pendulum Summon monster Level 4 ke atas dan Level 2..  Namun, bisa melakukan Pendulum Summon monster Level 4 juga bagus.. Ada beberapa monster yang mendapatkan efeknya jika dispecial summon (Pendulum Summon termasuk Special Summon).

Galaxy Eyes Full Armor Photon Dragon
ギャラクシーアイズ FA・フォトン・ドラゴン (VB17-JP002)
LIGHT/Rank 8/Dragon/Xyz/Effect/4000 ATK/ 3500 DEF
3 Level 8 monsters
You can also Xyz Summon this card by using a "Galaxy-Eyes" Xyz Monster you control as the Xyz Material, except "Galaxy Eyes Full Armor Photon Dragon". (Xyz Materials attached to that monster also become Xyz Materials on this card.) Once per turn: You can target up to 2 Equip Cards equipped to this card; attach them to this card as Xyz Materials. Once per turn: You can detach 1 Xyz Material from this card, then target 1 face-up card your opponent controls; destroy it.


Well, sebenarnya enggak ada yang perlu dijelaskan dari Galaxy-Eyes Full Armor Photon Dragon, tertutama efeknya yang "detach 1 Xyz Material from this card". Karena efeknya memag to the point dan tidak berbelit-belit, "Once per turn: You can detach 1 Xyz Material from this card, then target 1 face-up card your opponent controls; destroy it.". Jika di arena lawan ada monster yang bisa didestroy tanpa by battle atau ada kartu S/T Continuous di S/T Zone atau Field Spell lawan yang face-up,  Galaxy-Eyes Full Armor Photon Dragonbisa " target 1 face-up card your opponent controls; destroy it.". Simple banget kan?. Tidak hanya itu, monster ini dilengkapi efek lainnya juga yang membuat dirinya bukanlah sekadar Rank 8 berefek Adreus, Keeper of Armageddon.. :)

Walaupun Galaxy-Eyes Full Armor Photon Dragon memerlukan "3 Level 8 monsters" sebagai Xyz Materialnya, "You can also Xyz Summon this card by using a "Galaxy-Eyes" Xyz Monster you control as the Xyz Material, except "Galaxy Eyes Full Armor Photon Dragon"." Tapi tidak ada efek khusus yang didapat jika menggunakan Galaxy-Eyes Xyz monster sebagai Xyz Materialnya da tidak ada efek tambahan apabila ada Galaxy-Eyes Xyz monster selain Galaxy-Eyes Full Armor Photon Dragon di field, jadi jika kita ngesummon Galaxy-Eyes Full Armor Photon Dragon pasti hanya untuk mengalahkan monster yang memiliki ATK power barbar (misalnya Apoqliphoth Killer yang ane bahas di artikel sebelumnya).

 
("Galaxy-Eyes" Xyz Monsters)

Hampir semua Galaxy-Eyes Xyz monster memiliki cara yang sama untuk di Xyz Summon, jadi terserah kalian mau memakai cara apa untuk Xyz Summon Galaxy-Eyes Full Armor Photon Dragon. Tentunya, deck Photon/Galaxy yang biasa ngesummon  Galaxy-Eyes Photon Dragon sudah memiliki cara agar ada 3 Level 8 monsters di field. Namun, Number 107: Galaxy-Eyes Tachyon Dragon jauh lebih gampang disummon berkat direleasenya Number C107: Neo Galaxy-Eyes Tachyon Dragon, karena monster tersebut bisa disummon dengan gampang menggunakan Rank-Up-Magic - The Seventh One dan tentunya kita tidak perlu memiliki 2 Level 8 ataupun 3 Level 8 monsters untuk ngesummon Galaxy-Eyes Full Armor Photon Dragon. Karena Xyz monster ini memiliki "Galaxy-Eyes" dinamanya, maka kita bisa special summon ""Galaxy-Eyes" Xyz Monster" yang ada di Graveyard menggunakan Galaxy Zero, lalu overlay ""Galaxy-Eyes" Xyz Monster" tersebut untuk Xyz Summon Galaxy-Eyes Full Armor Photon Dragon meskipun hanya 1 Xyz Material.


Lebih bagus lagi jika deck Photon/Galaxy yang dipakai ngesummon Galaxy-Eyes Full Armor Photo Dragon tersebut membawa Equip Spell Card. "Once per turn: You can target up to 2 Equip Cards equipped to this card; attach them to this card as Xyz Materials." Agak enggak masuk akal sih, karena play style Photon/Galaxy berbeda banget dengan Noble Kight. Tapi mengingat deck Photon/Galaxy itu cepat untuk OTK ya engga masalah membawa kartu seperti Mage Power, United We Stand, atau Xyz Unit untuk menambah ATK power yang dimiliki Galaxy-Eyes Full Armor Photon Dragon, yang nantinya bisa digunakan sebagai Xyz Materialnya daripada hanya kartu pajangan di field dan menjadi target Mystical Space Typhoon. Equip Card bagus lainya ada Big Bang Shot yang membuat Galaxy-Eyes Full Armor Photo Dragon bisa memberikan Piercing Damage, ada Dragon Shield juga yag membuat Galaxy-Eyes Full Armor Photo Dragon "cannot be destroyed by battle or card effect" yang kemudian dijadikan Xyz materialnya.

Galaxy-Eyes Full Armor Photon Dragon bukanlah monster Rank 8 yang GG, tapi bukan juga bermaksud bilang kartu ini kartu sampahan selama Felgrand the Divine Dragon Knight masih unlimited. Galaxy-Eyes Full Armor Photon Dragon memiliki efek yang tidak dimiliki Rank 8 Xyz monster lainnya. Ia bisa merubah Equip Spell Card menjadi Xyz materialnya, dimana efek tersebut tidak ada hubungannya sama sekali dengan Photon/Galaxy. Galaxy-Eyes Full Armor Photon Dragon juga bukanlah Xyz monster yang bisa membantu Galaxy-Eyes Xyz monster yang ada di arena, tapi berkat efeknya yang bisa ngeoverlay Galaxy-Eyes Xyz Monster untuk memanggil dirinya justru membantu mengatasi draw back yang dimiliki Galaxy-Eyes Xyz Monster sebelum-sebelumnya..
~~RareHunter

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IYDC Combo: FTK, STK, dan OTK

Fun Deck: Malina FTK/OTK