Imperial Wrath of Revolt

  
Imperial Wrath of Revolt

Yo~ Duelist! Jaman sekarang Xyz monster sudah menjadi monster yang dengan gampangnya bisa disummon dari Extra Deck dengan strategi dan cara apapun. Hal ini tak lain karena setup mereka yang gampang untuk dipenuhi, tidak ada Deck yang tidak bisa melakukan Xyz Summon di dunia per-Yu-Gi-Oh!-an di jaman ini. Tentu saja kita juga bisa menggunakan kartu dari jaman mesir kuno untuk menghadapi para Xyz Monster tersebut, baik kartu yang membuat lawan tidak bisa Special Summon hingga kartu yang bisa membuat Xyz monster balik ke Extra Deck atau dibanish dari Field. Hari ini ane, RareHunter, akan membahas cover boy dari booster The New Challenger (NECH), Dark Rebellion Xyz Dragon. Tidak hanya itu, ane juga akan membahas kartu lain yang digunakan oleh Yuto di anime Yu-Gi-Oh! Arc-V, Phantom Knight Shadow Veil..


Dark Rebellion Xyz Dragon
ダーク・リベリオン・エクシーズ・ドラゴン (NECH-JP053)
DARK/Rank 4/Dragon/Xyz/Effect/2500 ATK/2000 DEF
2 Level 4 monsters
You can detach 2 Xyz Materials from this card, then target 1 face-up monster your opponent controls; halve that monster’s ATK, and if you do, this card gains that same amount of ATK.

Dark Rebellion Xyz Dragon bisa menjadi monster yang GG berkat stat dan efek yang dimilikinya. Di textnya tertulis, "You can detach 2 Xyz Materials from this card, then target 1 face-up monster your opponent controls; halve that monster’s ATK, and if you do, this card gains that same amount of ATK.". Dengan Original ATK 2500 points dan efek seperti itu, Dark Rebellion Xyz Dragon bisa menjadi beater dengan ATK power tinggi, dan sekaligus membuat ATK power lawan menjadi lemah.. Efek yang sangat bagus untuk ngedestroy monster lawan yang memiliki ATK power tinggi.. TAPI efek tersebut enggak mempan melawan Apoqliphoth Killer atau Obelisk the Tormentor karena di textnya sudah jelas-jelas dia itu "target 1 face-up monster your opponent controls;" :v Buat duelist di Facebook yang memberi tips menggunakan Dark Rebellion Xyz Dragon untuk melawan Apoqliphoth Killer, tolong dibaca lagi textnya.. :)


Sebagai Xyz monster Rank 4 yang hanya "detach 2 Xyz Materials from this card" sebagai costnya; sudah pasti Dark Rebellion Xyz Dragon bisa dimasukkan ke deck APAPUN yang menggunakan monster Level 4.. Monster-monster seperti Summoner Monk, Rescue Rabbit, Masked Chameleon, dan Tin Goldfish bisa digunakan untuk ngesetup Xyz Summon Dark Rebellion Xyz Dragon. Archetype yang bisa swarm Level 4 monster, sepeerti: Constellar, Gadget, Six Samurai, Chronomally, Battlin' Boxer, Heraldic Beast, dll juga memiliki cara tersendiri mengumpulkan 2 Level 4 monsters untuk Xyz Summon Dark Rebellion Xyz Dragon baik di awal permainan atau di late game.

http://vignette2.wikia.nocookie.net/yugioh/images/b/bd/EradicatorEpidemicVirus-SDGU-EN-C-1E.png/revision/latest?cb=20140730191900

Dark Rebellion Xyz Dragon memiliki fungsi yang hampir sama dengan Number 101: Silent Honor ARK dan Castel, the Skyblaster Musketeer, mereka sama-sama bisa mengatasi monster yang memiliki ATK power lebih tinggi daripada ATK power mereka dan sama-sama "detach 2 Xyz Materials from this card". Bedanya, Dark Rebellion Xyz Dragon bisa "target 1 face-up monster your opponent controls; halve that monster’s ATK, and if you do, this card gains that same amount of ATK.". Bahkan Dark Rebellion Xyz Dragon bisa dicombo dengan efek Number 103: Ragnazero atau Number C103: Ragnafinity dan membuat monster yang terkena efek Dark Rebellion Xyz Dragon menghilang dari field. Dan hebatnya lagi Number 33: Chronomaly Machu Mech bisa "target 1 face-up monster your opponent controls; inflict damage to your opponent equal to the difference between its original ATK and current ATK, and if you do, this card gains ATK equal to the damage inflicted." setelah kita menggunakan efek Dark Rebellion Xyz Dragon. Busa dibilang ia bisa menggantikan Number 36: Chronomaly Fork Hyuk yang belum direlease di TCG saat ini

   

Memang benar jika Dark Rebellion Xyz Dragon sudah tidak memiliki efek setelah ngedetach 2 Xyz Materialnya tersebut, tapi di textnya tidak ada "Once per Turn:". :) Itu artinya ia bisa ngedetach 2 Xyz Material berkali-kali selama ia masih memiliki Xyz Material untuk didetach.. Teringat sesuatu? So pasti, ane kan dulu pernah membahas loop yang memanfaatkan Xyz Monster yang tidak memiliki "Once per Turn" di textnya.. Tidak hanya bisa ngesummon 2 Level 4 monsters di field dengan cepat, Heraldic Beast memiliki Heraldic Beast Twin-Head Eagle yang bisa "target 1 face-up Xyz Monster you control with no Xyz Materials and 2 "Heraldic Beast" monsters in your Graveyard; attach those monsters from the Graveyard to that face-up Xyz Monster, as Xyz Materials.". Dan karena efeknya hanya berguna untuk Battle Phase saja, kita bisa menggunakan kartu seperti Forbidden Dress dan Safe Zone untuk melindungi Dark Rebellion Xyz Dragon dari marabahaya yang akan dilakukan lawan.. Jika kedua kartu tersebut tidak terlalu membantu dan jika kalian tidak menggunakan deck Heraldic Beast termasuk Heraldic Beast Twin-Head Eagle, kalian masih bisa ngetribute Dark Rebellion Xyz Dragon untuk mengaktifkan Deck Devastation Virus atau Eradicator Epidemic Virus untuk mengacaukan play lawan.

Sejauh ini bagus-bagus saja ya apa yang dimiliki oleh Dark Rebellion Xyz Dragon, enggak begitu broken dan enggak begitu sampah. Sepertinya kartu ini enggak ada masalah yang membuatnya enggak layak untuk dimasukkan ke Extra Deck :) Eits, jangan senang dulu. Justru itulah masalah utama dari Dark Rebellion Xyz Dragon.. Ada puluhan Xyz monster Rank 4 yang layak dimasukkan di Extra Deck, sedangkan kita hanya bisa memasukkan 15 kartu di Extra Deck. Bahkan ada Xyz monster Rank 4 yang memiliki efek lebih bagus daripada Dark Rebellion Xyz Dragon yang tidak harus memikirkan akan terkena Mirror Force dan Dimensional Prison di Battle Phase.. Tapi, jika kalian merasa Xyz material yang diperlukan untuk Xyz summon Heroic Champion - Excalibur terlalu spesifik dan tidak generic, Dark Rebellion Xyz Dragon bisa menjadi pilihan untuk dimasukan di Extra Deck..


The Phantom Knights of Shadow Veil
幻影騎士団シャドーベイル (NECH-JP072)
Trap Card/Normal
Target 1 face-up monster you control; that target gains 300 ATK and DEF. When your opponent declares a direct attack while this card is in your Graveyard: You can Special Summon this card from your Graveyard as a Normal Monster (Warrior-Type/DARK/Level 4/ATK 0/DEF 300) in Defense Position. (This card is not a Trap Card.) If Summoned this way, banish this card when it leaves the field.

Satu kartu lagi yang digunakan oleh the UNKNOWN di anime Yu-Gi-Oh! Arc-V (Well, The Phantom Knights of Shadow Veil itu Spell Card di anime). Efek pertamanya menurut ane pribadi sedikit jelek, "Target 1 face-up monster you control; that target gains 300 ATK and DEF.". Tapi bukan itu tujuan utama mengapa efek pertamanya seperti itu. Efek tersebut membuat kita dengan gampang ngesend The Phantom Knights of Shadow Veil ke Graveyard tanpa perlu menggunakan Lavalval Chain atau menunggu lawan ngedestroy kartu ini serta bisa juga untuk memenuhi kondisi yang diperlukan The Phantom Knights of Shadow Veil untuk mengaktifkan efek keduanya. Apa efek keduanya?

"When your opponent declares a direct attack while this card is in your Graveyard: You can Special Summon this card from your Graveyard as a Normal Monster (Warrior-Type/DARK/Level 4/ATK 0/DEF 300) in Defense Position. (This card is not a Trap Card.)" Efek ini membuatnya menjadi Trap Monster yang muncul dari Graveyard. Berbeda dengan Trap Monster pada umumnya yang ditreat as Trap Card ketika disummon ke Monster Zone, kartu ini di textnya tidak ada efek demikian.. Jadi ketika The Phantom Knights of Shadow Veil ada di Monster Zone, ya lawan tidak bisa ngedestroy dia menggunakan Mystical Space Typhoon karena "(This card is not a Trap Card.)". Kartu ini juga tidak memakan slot S/T Zone ketika dispecial summon "from your Graveyard as a Normal Monster".


Terus di deck mana The Phantom Knights of Shadow Veil bisa mengeluarkan potensiya yang sebenarnya? Obviously, kalian bisa memasukkannya di deck Spirit atau di deck yang menggunakan Trap Monster, dengan begitu kartu ini bisa melindugi kita ketika monster Spirit balik ke tangan atau bisa membantu kita untuk swarming monster dari backrow sebagai Xyz material untuk Xyz summon monster Rank 4. Well, rata-rata Trap Monster itu levelnya Level 4, Zoma the Spirit bisa "inflict damage to your opponent equal to the ATKof the monster that destroyed it", Tiki Soul bisa ngeset Trap Card yang didestroy as monster, dan Tiki Curse bisa ngedestroy monster lawan yang ngedestroy The Phantom Knights of Shadow Veil.

Berarti The Phantom Knights of Shadow Veil masuk ke kategori kartu bagus dong? Oh, siapa bilang? Kartu bagus itu kartu yang enggak punya cost dan restriksi :p Sudah jelas-jelas di text kartu ini ada restriksi "If Summoned this way, banish this card when it leaves the field.". Memang kemampuan special summon dirinya dari Graveyard as monster itu berguna banget, kita bisa special summon 3 The Phantom Knights of Shadow Veil secara langsung dari Graveyard dalam 1 turn. Tapi "If Summoned this way, banish this card when it leaves the field.". Karena ia memiliki DEF power yang kecil, ia jadi gampang didestroy dan "leaves the field". Restriksi ini gampang banget diatasi apabila kita ngemain deck Imperial Iron Wall, karena kartu ini akan membuat The Phantom Knights of Shadow Veil tidak terbanish "when it leaves the field". Sedikit catatan: jika The Phantom Knights of Shadow Veil dioverlay dan digunakan sebagai Xyz material, ia akan tetap ke graveyard jika didetach oleh Xyz monster dan tidak terbanish. Dan karena The Phantom Knights of Shadow Veil merupakan DARK/Level 4/Warrior monster, ia bisa digunaka untuk xyz summon monster-monster yang perlu xyz material khusus, seperti: Number 66: Master Key Beetle, Heroic Champion - Excalibur, Heroic Champion - Gandiva, Evilswarm Nightmare, dll


Bagian yang membuat The Phantom Knights of Shadow Veil menjadi kartu jelek ya "ATK 0/DEF 300" yang ada di textnya, lawan bisa membuat menjadi ATK position menggunakan Photon Papiloperative dan membuat kita menerima battle damage 2100 poin. Besar banget kan damagenya? Well, Zerozerock bisa membuat "Your opponent cannot target face-up Attack Position monsters with 0 ATK for attacks.".  Venom Swamp juga bisa menguntungkan "ATK 0" yang dimiliki The Phantom Knights of Shadow Veil. Tapi DEF power yang dimiliki The Phantom Knights of Shadow Veil juga enggak besar-besar mamat. Ini artinya monster yang memiliki efek untuk memberikan "piercing Battle Damage" seperti Gaia Dagon, the Thunder Charger juga bahaya bagi The Phantom Knights of Shadow Veil.

OVERALL

Dark Rebellion Xyz Dragon akan ngefollow 2 seniornya, Number 101: Silent Honnor ARK dan Castel the Avian Musketeer, menjadi salah satu monster Xyz Rank 4 yang patut diperhitungkan untuk dimasukkan ke Extra Deck. Sudah memiliki stat yang bagus, DARK/Rank 4/Xyz/Dragon/Effect/2500 ATK/2000 DEF, Dark Rebellion Xyz Dragon juga bisa menjadi monster ber-ATK power barbar yang bisa menyaingi Heroic Champion - Ecalibur.

Tidak hanya itu, Dark Rebellion Xyz Dragon juga mampu "target 1 face-up monster your opponent controls; halve that monster’s ATK" yang membuat monster yang memiliki ATK power diatas 2500 point dengan gampangnya bisa didestroy by battle tanpa menggunakan Forbidden Lance, Solidarity, Burden of the Mighty, dll. 
~~RareHunter

Komentar