Melodious Tribute Stun


Melodious Tribute Stun


Yo~ Duelist! Di meta sekarang, tepatnya setelah October F&L List hampir semua deck membuat duelist harus memahami cara untuk Special Summon monster, karena cara tersebut dapat membantu duelist-duelist (terutama duelist dari jaman mesir kuno yang terpanggil kembali jiwa duelistnya) untuk ngesummon monster-monster kuat (yang ATK power dan Levelnya tiggi serta memiliki efek yang powerful) atau summon berbagai macam monster dalam 1 turn untuk memenangkan permainan dan membuat Life Point lawan menjadi 0 alias One Turn Kill (OTK). Melodious merupakan salah satu dari ratusan archetype yang menggunakan cara Special Summon untuk mendapatkan monster yang kuat di field. Hampir semua efek monster-monster Melodious akan tertrigger apabila mereka dispecial summon dari mana saja (baik dari tangan, Deck, graveyard, atau yang terbanish pun)

Di beberapa tahun terakhir ini, ada banyak archetype menjadi kuat dengan support-support yang direlease KONAMI ke dunia persilatan Yu-Gi-Oh!. Sebagai bagian dari anime Yu-Gi-Oh! Arc-V, sudah pasti Melodious akan mendapatkan support dari booster-booster yang direlease KONAMI selama anime tersebut masih tayang dan sebanyak Yuzu berduel. Namun, dengan efek yang mereka miliki untuk ngesupport monster sesama Melodious, mereka juga bisa mensupport Fairy-Type monster. Tidak hanya special summon Fairy-Type monster, tapi juga untuk membantu setup yang dibutuhkan Fairy-Type monster untuk mengaktifkan efek mereka. Di booster The Next Challengers (NECH) inilah ada kartu-kartu yang ane, RareHunter, maksud..

Serenade the Melodious Diva
幻奏の音女セレナ (NECH-JP005)
LIGHT/Level 4/Fairy/Effect/400 ATK/1900 DEF
This card can be treated as 2 Tributes for the Tribute Summon of a Fairy-Type monster. After you Special Summon this card, you can Normal Summon 1 "Melodious" monster during your Main Phase this turn, in addition to your Normal Summon/Set. (You can only gain this effect once per turn.)

Dengan 400 ATK power yang dimiliki Serenade the Melodious Diva, ia menjadi salah satu dari 3 monster Melodious yang bisa dispecial summon dari Deck menggunakan Shining Angel atau Nova Summoner, selain menggunakan Summoner Monk dan Transmodify.. Dan dengan ATK powernya tersebut, Serenade the Melodious Diva bisa dicombo dengan Canon the Melodious Diva yang bisa "target 1 "Melodious" monster you control; change that target's battle position." dan merubah Serenade the Melodious Diva yang dispecial summon dalam ATK position tadi menjadi DEF position, bahkan di turn Serenade the Melodious Diva dinormal summon langsung bisa diganti posisinya menggunakan efeknya Canon the Melodious Diva.. So, enggak usah diambil pusing masalah ATK/DEF power yang dimilikinya.. Lagian DEF 1900 point itu standard untuk monster yang memiliki ATK power lemah..

 

Efeknya juga to the point sekali dan ngesupport strategi yang digunakan Melodious.. "This card can be treated as 2 Tributes for the Tribute Summon of a Fairy-Type monster.", yang artinya copy paste dari efeknya Gellenduo dan mebuat kita lebih gampang untuk ngesummon Shopina the Melodious Maestra, Mozarta the Melodious Maestra, dan Fairy-Type monster lain yang memerlukan 2 monster untuk ditribute. Yang lebih bagusnya lagi, "After you Special Summon this card," misalnya dengan menggunakan 1st Movement Solo, "you can Normal Summon 1 "Melodious" monster during your Main Phase this turn, in addition to your Normal Summon/Set.", efek yang dimiliki Evilswarm Castor.. Jadi kita bisa normal summon non-Melodious monster (jika belum melakukan Normal Summon) lalu "Normal Summon 1 "Melodious" monster during your Main Phase this turn"  Keren kan?


Serenade the Melodious Diva benar-benar cocok untuk Melodious, efeknya sangat membantu speed dan konsistensi yang diperlukan Melodious sebagai deck Fairy beatdown.., dengan efek "This card can be treated as 2 Tributes for the Tribute Summon of a Fairy-Type monster.",  kita bisa menggunakannya sebagai bahan untuk ngesummon Darklord Asmodeus, Darklord Superbia, Archlord Krystya, Athena, Splendid Venus, Vanity's Ruler, Angel O7 dan Fairy-Type monster lain di deck Melodious. Athena juga bisa "target 1 Fairy-Type monster in your Graveyard, except "Athena"; Special Summon that target.". Yang jelek dari Serenade the Melodious Diva ya dia tidak bisa dispecial summon "(from your hand)" layaknya Canon the Melodious Diva atau Sonata the Melodious Diva..

Shopina the Melodious Maestra
幻奏の音姫ローリイット・フランソワ (NECH-JP007)
LIGHT/Level 7/Fairy/Effect/2300 ATK/1700 DEF
Once per turn: You can target 1 LIGHT Fairy-Type monster in your Graveyard; add that target to your hand. You cannot activate monster effects the turn you activate this effect, except the effects of LIGHT monsters.

Shopina the Melodious Maestra adalah salah satu monster Melodious Level tinggi yang direlease di NECH. Berbeda dengan Mozarta the Melodious Maestra yang menghabiskan kartu di tangan untuk dispecial summon, Shopina the Melodious Maestra justru akan membuat monster yang dispecial summon tersebut kembali ke tangan jika monster itu terkirim ke Graveyard yang kemudian bisa dispecial summon oleh Mozarta the Melodious Maestra lagi. "Once per turn: You can target 1 LIGHT Fairy-Type monster in your Graveyard; add that target to your hand.", jadi tidak hanya monster Melodious saja yang bisa diadd dari Graveyard ke tangan, tapi "LIGHT Fairy-Type monster" lainnya yang membantu deck Melodious juga bisa diadd ke tangan. Sebagai gantinya "You cannot activate monster effects the turn you activate this effect, except the effects of LIGHT monsters.".Kagak bisa bawa monster-monster Darklord di deck Melodious deh jadinya..

  
(Elegy the Melodious Diva, 1st Movement Solo, dan Canon the Melodious Diva)

Meskipun level yang dimiliki  Shopina the Melodious Maestra itu tinggi, bukan berarti monster ini susah untuk disummon ke field. Valhalla, Hall of the Fallen "can Special Summon 1 Fairy-Type monster from your hand", tapi "You must control no monsters to activate and to resolve the effect" sehingga efeknya hanya berguna di late game.. Mozarta the Melodious Maestra juga "can Special Summon 1 LIGHT Fairy-Type monster from your hand.". Meskipun Shopina the Melodious Maestra masuk ke archetype yang notabene play stylenya Special Summon, kita bisa menggunakan Serenade the Melodious Diva "can be treated as 2 Tributes for the Tribute Summon of a Fairy-Type monster."yang sebelumnya telah dispecial summon oleh 1st Movement Solo dari Deck. Celestial Transformation sebenarnya juga bisa "Special Summon 1 Fairy-Type monster from your hand", tapi sebaiknya kartu tersebut diaktifkan jika Elegy the Melodious Diva ada di field karena ia akan membuat "All Special Summoned “Melodious” monsters you control cannot be destroyed by card effects.". Jadi Shopina the Melodious Maestra tidak akan "destroyed during the End Phase" gara-gara dispecial summon Celestial Transformation.


Efek Shopina the Melodious Maestra mungkin kebanyakan digunakan untuk ngeadd monster Melodious yang bisa special summon diri mereka sendiri "(from your hand)" jika ada Melodious monster di field. Tentu saja target utama untuk diadd ya Sonata the Melodious Diva dan Canon the Melodious Diva. Jika ada Mozarta the Melodious Maestra dan Shopina the Melodious Maestra di field, kita bisa summon monster Melodious yang paling penting, Aria the Melodious Diva dan Elegy the Melodious Diva, untuk ngetrigger efek mereka ketika dispecial summon dari tangan.. Melodious masih baru di dunia persilatan Yu-Gi-Oh!, jadi kedepannya masih ada banyak lagi monster Melodious yang bisa diaad oleh Laureate Shopina the Melodious Maestra dan dispecial summon Mozarta the Melodious Maestra.

   

Namun, tujuan utama kita menggunakan Shopina the Melodious Maestra di deck Melodious bukanlah karena bisa add monster Melodious yang ada di Graveyard ke tangan, tapi karena ia bisa "target 1 LIGHT Fairy-Type monster in your Graveyard; add that target to your hand.". Honest yang masih dilimit di TCG F&L List semakin menjadi staple untuk deck Melodious, karena "Once per turn:" kita bisa add dia ke tangan dari Graveyard. Di late game, Hecatrice bisa diadd ke tangan untuk ngesearch Valhalla, Hall of the Fallen, yang membantu kita untuk Special Summon monster-monster Melodious. Herald of Orange Light dan Herald of Green Light itu memakan Fairy-Type monster yang ada di tangan untuk menegate kartu lawan, kita bisa add lagi monster-monster Herald tersebut atau Fairy-Type monster yang didiscard monster-monster Herald. Shopina the Melodious Maestra juga bisa ngeadd monster-monster Artifact yang ada di Graveyard yang kemudian bisa diset lagi.. Dan yang terakhir, Leaureate Shopina the Melodious Maestra bisa ngerecycle monster-monster Fairy-Type yang disummon dari Extra Deck.

Shopina the Melodious Maestra juga memiliki restriksi "You cannot activate monster effects the turn you activate this effect, except the effects of LIGHT monsters.", tapi ya dia memang monster untuk archetype berattribute LIGHT sih. Jadi ya sah-sah aja dia punya restriksi seperti itu. Namun, dia tidak harus dimasukkan ke deck Melodious sih. Melodious kan bisa menggunakan kartu yang bisa special summon monster dari Graveyard yang tidak hanya ngesummon monster dari Graveyard tapi juga mendapatkan tambahan efek ketika monster-monster Melodious dispecial summon, apalagi ATK powernya terlalu lemah untuk monster yang memiliki Level yang sama dengannya. Tapi kita juga perlu ngerecycle monster Fairy-Type yang bukan Melodious, dan  Shopina the Melodious Maestra bisa melakukan tugas tersebut dengan baik tanpa menggunakan Monster Reincarnation. Untung saja Shopina the Melodious Maestra bisa "target 1 LIGHT Fairy-Type monster in your Graveyard; add that target to your hand.", kalau enggak ya mungkin kartu ini enggak akan dibahas di blog IYDC. Lha wong kartu sampah enggak ada gunanya, ngapain juga dibahas panjang lebar? :v Menghabiskan waktu saja..

Zaborg the Mega Monarch
轟雷帝ザボルグ (NECH-JP037)
LIGHT/Level 8/Thunder/Effect/2800 ATK/1000 DEF
You can Tribute Summon this card by Tributing 1 Tribute Summoned monster. When this card is Tribute Summoned: Target 1 monster on the field; destroy that target, then if it was a LIGHT monster, both players send as many cards from their Extra Deck to the Graveyard as possible, but not more than the destroyed monster's original Level or Rank. If this card was Tribute Summoned by Tributing a LIGHT monster, add this additional effect.
● You choose the cards to be sent to the Graveyard from your opponent's Extra Deck.


Dari tadi kita membicarakan LIGHT monster dan monster yang ditribute melulu. Artikel ini sepertinya juga belum afdol kalau belum membahas LIGHT monster baru untuk Mega Monarch yang direlease di NECH, Zaborg the Mega Monarch. Kenapa belum afdol? Monarch adalah archetype yang playstylenya juga perlu ditribute summon untuk ngetrigger efeknya.. Walaupun di meta sekarang banyak deck mengandalkan pada monster yang disummon dari Extra Deck, Monarch justru mendapat support dari waktu-kewaktu yang mengidahkan monster di Extra Deck.

Dengan ngetribute summon Zaborg the Mega Monarch kita bisa "Target 1 monster on the field; destroy that target, then if it was a LIGHT monster, both players send as many cards from their Extra Deck to the Graveyard as possible, but not more than the destroyed monster's original Level or Rank. If this card was Tribute Summoned by Tributing a LIGHT monster, add this additional effect.". Efek seperti ini justru berbahaya untuk deck di meta sekarang yang mengandalkan monster dari Extra Deck, seperti Bujin, Shaddoll, Tellarknight.. Karena efeknya yang demikian dan Melodious masih belum mendapatkan monster yang bisa disummon dari Extra Deck, tidak ada salahnya untuk membawa Zaborg the Mega Monarch di deck Melodious.. :v

Zaborg the Mega Monarch adalah monster level 8 berattribute LIGHT yang bisa ditribute summon "by Tributing 1 Tribute Summoned monster.". Jadi kita bisa tribute summon Zaborg the Mega Monarch "by Tributung" Majesty's Fiend yang sudah "Tribute Summoned" terlebih dahulu. Selain itu, "When this card is Tribute Summoned: Target 1 monster on the field; destroy that target, then if it was a LIGHT monster, both players send as many cards from their Extra Deck to the Graveyard as possible, but not more than the destroyed monster's original Level or Rank.. Namun, ada bonusnya "If this card was Tribute Summoned by Tributing a LIGHT monster, add this additional effect.
● You choose the cards to be sent to the Graveyard from your opponent's Extra Deck.
".


Sebagai monster yang masih masuk ke archetype Monarch, Zaborg the Mega Monarch juga bisa disupport dengan menggunakan kartu-kartu yang ngesupport monster Monarch lainnya, seperti: Return of the Monarchs yang bisa ngeadd 1 monster Monarch atau Mega Monarch "When you Tribute Summon a monster", jadi kita bisa tribute summon monster Mega Monarch tersebut di turn berikutnya. Untuk ngetribute summon Zaborg the Mega Monarch dan mendapatkan efek bonusnya ada cara yang gampang, kita bisa menggunakan Photon Sanctuary untuk special summon 2 Photon Token berattribute LIGHT atau Kaiser Sea Horse. Selain itu kita juga bisa menggunakan Soul Exchange dan The Monarchs Stormforth untuk tribute monster lawan. Bahkan The Monarchs Stormfort makin lebih jago apabila dicombo dengan Escalation of the Monarchs, 2 kartu tersebut membuat kita dengan gampangnya tribute summon  Zaborg the Mega Monarch dan monster Monarch lainnya di turn lawan


Walaupun monster Mega Monarch tidak memiliki efek untuk ditribute summon "by Tributing 1 Tribute Summoned monster.", The First Monarch bisa dengan cepat menjadi monster berattribute LIGHT dan "also be treated as 2 Tributes" untuk tribute summon Zaborg the Mega Monarch (serta mendapatkan bonus efek yang dimiliki Zaborg the Mega Monarch).


Mega Monarch juga mendapatkan backrow yang membuat mereka jadi tidak terlalu tergantug ada efek yang dimilikiya, misalnya: March of the Monarchs bisa membuat Zaborg the Mega Monarch yang ditribute summon dengan ngetribute Token dari Photon Sanctuary atau dengan ngetribute Kaiser Sea Horse (dan juga bisa "choose the cards to be sent to the Graveyard from your opponent's Extra Deck.") menjadi "cannot be targeted by, or destroyed by, card effects", The Monarchs Erupt bisa "Negate the effects of all face-up monsters on the field, except Tribute Summoned monster", memperbolehkan kita menggunakan monster yang efeknya tertrigger jika ditribute summon dan juga memperbolehkan kita tetap bisa special summon monster dari Graveyard sebagai bahan untuk ditribute. Karena hampir semua backrow untuk monster Monarch yang tidak memperbolehkan menggunakan kartu di Extra Deck, The Seal of Orichalcos akan membuat Zaborg the Mega Monarch a 3200 ATK beater.

OVERALL
Jika kalian masih mencari Deck yang fun to play tanpa perlu khawatir tidak mempunyai duit lebih untuk membeli monster yang bisa ditaruh di Extra Deck, deck Melodious Tribute Stun yang menggunakan Zaborg the Mega Monarch bisa menjadi pilihan..

Ane berani jamin deck Melodious Tribute Stun ini tidak hanya bagus dari teori nyang ane beberkan secara gamblang di atas, tapi juga saat praktek (saat berduel maksudnya :v) deck ini juga menjadi deck yang sangat gampang dimainkan untuk kalian yang masih noob dan malas membaca teks kartu yang panjang-panjang secara seksama..
~~RareHunter

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IYDC Combo: FTK, STK, dan OTK

Fun Deck: Malina FTK/OTK