DRLG Love DUEA - Superheavy Samurai


DRLG Love DUEA - Superheavy Samurai

Yo~ Duelist! Ane, RareHunter, baru saja baca artikel yang ada di mari. Tiba-tiba ane ingat ada archetype di DUEA yang kesupport kartu tersebut. Ane juga ingat udah lama DUEA Week ga diupdate.. :v Nah kali ini ane akan membahas archetype baru yang ada di DUEA, archetype Machine dari Yu-Gi-Oh! Arc-V, Superheavy Samurai.

Superheavy Samurai merupakan salah satu archetype baru dari anime Yu-Gi-Oh! Arc-V yang ada di Duelist Alliance (DUEA). Playstyle mereka yang unik membuat ane tertarik buat ngebahas mereka..  Monster-monster Superheavy Samurai berfokus pada stalling lawan dengan DEF power yang tinggi, namun mereka bisa menyerang lawan dalam DEF mode. Playstyle yang cukup unik untuk deck Machine, biasanya deck-deck Machine itu aggresive semua berkat adanya Limiter Removal atau archetype seperti Machina, Karakuri, dan Cyber Dragon. Meskipun demikian, Superheavy Samurai mencoba untuk bermain dengan tingkat agresivitas yang sama tanpa menghiraukan Mirror Force di saat mereka ngestall lawan. Strategi ini diperoleh dari ace card mereka, Superheavy Samurai Big Benkei.

Superheavy Samurai Big Benkei
超重武者ビッグべン-K (DUEA-JP013)
EARTH/Level 8/Machine/Effect/1000 ATK/3500 DEF
When this card is Normal or Special Summoned: You can change this card's battle position. All "Superheavy Samurai" monsters you control can attack while they are in face-up Defense Position. If they do, apply their DEF instead of ATK for damage calculation.

Meskipun Superheavy Samurai Big Benkei memiliki ATK power yang kecil, hal ini diimbangi dengan efeknya yang membuat archetype Superheavy Samurai bergantung padanya."When this card is Normal or Special Summoned: You can change this card's battle position.", dia dan Superheavy Samurai lainnya bisa dirubah ke DEF mode jika dispecial/dinormal summon dalam ATK mode, langsung nongol monster dengan 3500 DEF seketika. Tapi bukan itu efeknya yang sebenarnya, melainkan "All "Superheavy Samurai" monsters you control can attack while they are in face-up Defense Position.". efek yang hanya dimiliki Elemental HERO Rampart Blaster dan Total Defense Shogun hingga sekarang. Bukan itu saja, "If they do, apply their DEF instead of ATK for damage calculation.".


Tidak sedikit kartu yang bisa special summon Superheavy Samurai Big Benkei ke arena. Machina Armored Unit sepertinya menjadi kartu bagus untuk special summon Superheavy Samurai Big Benkei, karena "when a Machine-Type monster is destroyed by battle and sent to your Graveyard" kita bisa special summon Superheavy Samurai Big Benkei "from your Deck" dan langsung merubahnya menjadi DEF mode. Selain Machina Armored Unit masih ada Giant Rat dan Chaos-End Master untuk special summon Superheavy Samurai Big Benkei dari Deck. Jika ia ada di Graveyard (misalnya karena disend Scrap Recycler), kita bisa special summon dia menggunakan Call of the Hunted, Soul Charge, Redox, Dragon Ruler of Boulders, Soul of Silvermountain, dll

Superheavy Samurai Blue Brawler
超重武者ワカ-O2 (DUEA-JP011)
EARTH/Level 4/Machine/Effect/0 ATK/2000 DEF
When this card is Normal or Special Summoned: You can change this card's battle position. This card cannot be destroyed by battle.

Superheavy Samurai Blue Brawler memiliki efek yang dapat melindunginya dari "destroyed by battle". Jadi satu-satunya cara yang lawan lakukan untuk menghancurkan monster ini ya dengan menggunakan efek kartu seperti Ally of Justice Catastor atau dengan ngesend monster ini menggunakan kartu seperti Number 50: Blackship of Corn atau Inzektor Exa-Beetle.. Bisa juga diequip menggunakan Underground Arachnid atau dibounce dengan Compulsory Evacuation Device.. Namun apabila ia dan Superheavy Samurai Big Benkei ada di arena maka 2000 DEF itu bisa menghancurkan beberapa monster di field lawan by battle.. Ga sampah-sampah amat sih, tapi efeknya bisa jadi lebih bagus kalau textnya "All "Superheavy Samurai" monsters you control cannot be destroyed by battle." :v Anyway, monster ini memiliki stat yang bagus untuk monster Machine.. EARTH/Level 4/0 ATK yang membuatnya bisa digunakan sebagai target Machine Duplication, Debris Dragon, Inferno Reckless Summon dan xyz summon Gear Gigant X..

Superheavy Samurai Swordsman
超重武者ソード-999 (DUEA-JP012)
EARTH/Level 3/Machine/1000 ATK/1800 DEF
When this card is Normal or Special Summoned: You can change this card's battle position. If a "Superheavy Samurai" monster you control battles an opponent's monster, after damage calculation: That opponent's monster's ATK and DEF become 0.

Superheavy Samurai Swordsman ialah tangan kanannya  Superheavy Samurai Big Benkei, karena ia dan Superheavy Samurai monster lainnya mendapatkan efek "If a "Superheavy Samurai" monster you control battles an opponent's monster, after damage calculation: That opponent's monster's ATK and DEF become 0." yang dapat membantu Superheavy Samurai leluasa menguasai Battle Phase karena ATK power lawan "become 0.". Karena berlevel 3 dan EARTH attribute, maka ia bisa dispecial summon oleh Crane Crane dan dioverlay bersama Scrap Recycler, Crane Crane, dan EARTH/Level 3 monster lainnya menjadi Soul of Silvermountain..

Construction Train Signal Red
工作列車シグナル・レッド (DRLG-EN038)
EARTH/Level 3/Machine/Effect/1000 ATK/1300 DEF
When your opponent's monster declares an attack: You can Special Summon this card from your hand, and if you do, change the attack target to this card and proceed to damage calculation. This card cannot be destroyed by that battle.

Selain Crane Crane, kita bisa menggunakan kartu ini sebagai xyz material yang membantu Superheavy Samurai Sword-999 "Kyukyukyu" untuk Xyz Summon Soul of Silvermountain, kartu dari Dragons of Legend (DRLG), Construction Train Signal Red. Kartu ini memiliki stat dan efek yang pas untuk Superheavy Samurai, EARTH/Machine/1000 ATK/1300 DEF yang biasa dimiliki monster Level 3 lainnya.

Construction Train Signal Red  bisa melindungi monster-monster Superheavy Samurai "When your opponent's monster declares an attack: You can Special Summon this card from your hand," dengan efek yang mirip Battle Fader, Gorz the Emissary of Darkness, Swift Scarecrow, dll. "and if you do, change the attack target to this card and proceed to damage calculation.". Dan juga "This card cannot be destroyed by that battle."


Ada lebih dari cukup kartu untuk membuat deck yang berporos pada playstyle Superheavy Samurai jalan ketika Superheavy Samurai Big Benkei ada di arena. Sebuah advantage yang besar jika Superheavy Samurai Big Benkei di arena. Karenanya, "All "Superheavy Samurai" monsters you control can attack while they are in face-up Defense Position." apalagi efek tersebut bisa lebih mematikan daripada yang tertulis di textnya dengan bantuan beberapa kartu yang diremehkan duelist-duelist di dunia persilata Yu-Gi-Oh!. D2 Shield dan Blustering Winds bisa merubah Superheavy Samurai Big Benkei menjadi 8000 DEF monster, dimana jika dicombo dengan efeknya bisa mengakhiri duel dan nge-OTK serta sebagai dinding yang tak dapat dipecahkan. Jika di field ada monster Superheavy Samurai selain Superheavy Samurai Big Benkei, dengan Unity kita bisa "Select 1 monster on your side of the field. The DEF of the selected monster becomes equal to the combined original DEF of all face-up monsters on your side of the field". Spikeshield with Chain "Target 1 face-up monster on the field; equip this card to that target. It gains 500 ATK. If the equipped monster attacks or is attacked while in Defense Position, it gains DEF equal to its ATK during damage calculation only.", sehingga mudah mengatasi monster di arena ketika Battle Phase. Dan yang terakhir, berkat ATK power mereka yang kecil (1500 ke bawah itu kecil :p) dan berkat efek Superheavy Samurai Big Benkei bisa ngebypass kondisi yang dimiliki Black Garden, Magic Hole Golem, Secret Pass to the Treasures, dan Shooting Star Bow - Ceal untuk membuat monster-monster Superheavy Samurai bisa menyerang langsung lawan dan mengakhiri permainan.

 

OVERALL
Masalah utama dari archetype ini ialah Superheavy Samurai Big Benkei merupakan kunci utama archetype ini bisa jalan, karena efeknyalah yang membuat "All "Superheavy Samurai" monsters you control can attack while they are in face-up Defense Position. If they do, apply their DEF instead of ATK for damage calculation." dan ngestall lawan karena 3500 DEF yang dimilikinya. Jika Superheavy Samurai Big Benkei dicombo dengan Blustering Wind, D2 Shield atau Shooting Star Bow - Ceal ia dapat ngestall lawan sekaligus ngeOTK lawan jika ada peluang..


Untuk itu kita hanya bisa ngestall lawan dengan DEF power tinggi (1500 ke atas itu lumayan tinggi :3) yang dimiliki monster-monster Superheavy Samurai dan menggunakan Messenger of Peace, Level Limit Area - B atau Stumbling (jadi ingat deck clown control..) hingga Superheavy Samurai Big Benkei muncul ke field. Namun archetype ini masih fresh from Anime, masih baru sekali di dunia persilatan Yu-Gi-Oh!, dan archetype ini pastinya akan mendapatkan banyak support di booster-booster selanjutnya..
~~RareHunter

Komentar