IYDC Tips: Replacement Cards September 2013

IYDC Tips: September 2013 Replacement Cards

Yo~ Duelist! OK. Jadi kemarin sudah lihat kan perubahan F&L List untuk September ke depan? Nah, post kali ini akan membahas "kartu pengganti" untuk kartu yang kena F&L List, baik OCG maupun TCG, namun tak ada pembahasan buat kartu yang: dipindah ke Unlimited (baik dari Limited ke Unlimited dan Semi-Limited ke Unlimited (Lha apa yang mau diganti kalau bisa bawa 3? :v)), dan dipindah dari Limited ke Semi-Limited. Alias yang kena hit aja yang dibahas :v

Sebelumnya, F&L List OCG akan dirubah 4 kali setahun, kalau ga salah antara selang waktu 2-3 bulan F&L Listnya.. Jadi F&L List ga lagi Maret dan September.. selang waktu 2 bulan untuk OCG, 3 bulan untuk TCG..

Silahkan klik link di bawah ini kalau belum tau F&L List buat September nanti:
http://iydc-indonesia.blogspot.com/2013/08/ygo-news-september-2013-forbidden-list.html 
P.S: bersiaplah untuk membaca post panjang.. :illtakethispotatoandeatit:)

Udah dibaca? Nah sekarang ini dia kartu pengganti buat kartu yang kena F&L List


Dragon Rulers: Burner, Stream, Reactan, Lightning 
Status: Banned (OCG dan TCG) 

Entah kenapa merekea dibanned sekarang.. Well, masalah mereka dibanned sih udah pasti dan predicted (silahkan baca artikel sebelum-sebelumnya) Tapi ga secepat ini, kan mereka baru aja keluar beberapa bulan dari TCG.. Dark Strike Fighter aja nunggu 1 ban list sebelum kena..
Replacement Cards: Ada banyak pilihan untuk mengganti keempat kartu itu
  • Debris Dragon, Delta Flyer, Dragunity - Legionaie + Dragunity Aclys atau Dragunity Corsesca untuk Lightning
  • Flamvell Guard + Dragon's Shrine (SD25)/Dragon Ravine, Trigon, Volcanic Shell untuk Burner
  • Exploder Dragon atau Mythical Wood Dragon untuk Reactan
  • Mythical Water Dragon, Fog King, Dragon Ice, Mythic Water Dragon dll untuk Stream

Bisa juga dengan membawa engine Plant.. Lonefire Blossom, Dandylion, Spore untuk FIRE, EARTH dan WIND.. Berhubung Gorz berlevel 7 dan Dragon Ruler jarang bawa Trap Card, bawa aja 2.. Karena Card Destruction dan keempat anak naga dibanned, Dragon Ruler perlu engine untuk ngemill agar mereka cepat ke graveyard dan mengaktifkan efeknya..untuk itu peran Card Trooper, Dragon Ravine, Dragon's Shrine (SD25), dan Ryko, Lightsworn Hunter dapat membantunya.. Keknya ane perlu buat post lain nih, banyak soalnya Deck yang kena hit: basically deck yang menggunakan 1 attribute dragon ruler.. "Kalau udah kebanish banyak naganya, source ane kan habis om di grave. Gimana jadinya?" untuk mengatasi hal itu, kalian bisa membawa Burial from the Different Dimension, Return from the Different Dimension (RftDD), D.D.R. - Different Dimension Reincarnation (bawa lebih banyak dari biasanya, berhubung Dragon Ruler itu Level 7 jadi ga bisa dikasi Leviair :p) serta random Hidden Armory untuk ngeadd D.D.R.

Spellbook of Judgment:
Status: Banned (OCG dan TCG)
Sudah cukup alasan buat ngejelasin kenapa dia dibanned.. Ini kartu yang ngebuat semua duelist yang awam Prophecy ("Prophecy? Apaan tuh? Cupu ah") menjadi melek Prophecy ("Gila! Dewa nih deck").. Ini kartu bisa ngasi kalian +11 sampai +15 hanya dalam 1 turn.. ane dulu sampai mikir bakal ada Emergency Ban List pas dia keluar di TCG, eh ternyata dibanned kemarin.. Masih perlu dijelasin kenapa dia dibanned? Well, apa engga cukup selama 2 minggu ane ngebahas kebrokenan ni kartu kemarin-kemarin? -_-)

"Judgment dibanned, trus gimana dong?" NO. Kalau pertanyaan itu sampai keluar dipikiran kalian, jangan salahin ane kalo bilang ente No Logic :p karena itu pertanyaan bego yang jawabannya sudah obvious.. :v Kemana aja kalian sebelum Spellbook of Judgment direlease?
"-_-) jadi ada kartu penggantinya ga?" Entah, tapi yang paling mendekati sih Magican's Circle :v Well, ga ada jalan lain selain main Prophecy pre-LTGY: Sumoner Monk-Star Drawning, Master OTK, The World loop, Strenght OTK, spam Junon, Fate loop, Destroyer turbo (Reasoning balik jadi 3), Reaper OTK, Batel lockdown, Charioteer Exodia, Alchemic OTK, merasa asing dengan nama-nama Prophecy build tersebut? Welcome buat yang baru main Yu-Gi-Oh! pas LTGY keluar dan Welcome Back buat yang udah lama ga main, tapi baru main pas LTGY keluar :) atau ada yang mau main Grave Prophecy? Prophecy sedikit main deck monster, jadi dengan lepasnya Royal Tribute memberi sesuatu :v apalagi Gravekeeper Spy itu DARK/Spellcaster/Level 4.. Beberapa deck di atas sudah pernah dibahas dimari..

Super Rejuvenation 
(TCG: Banned, OCG: Limit)

Status: Banned (TCG), Limited (OCG) 

Ini kartu yang paling ane heran.. ini bukan kartu yang ngebuat Dragon Ruler patut kena hit.. kartu ini ga bakal gg kalau Card Destruction dan Keempat Baby Ruler dibanned.. Hieratic? Iya sih Hieratic Convocuation dilepas 3 di TCG, tapi hieratic paling cuma tribute 1-3 monster di 1 putaran... Ane akuin Rejuve mirip Spellbook of Judgment, tapi ya kenapa dibanned? Takut sama Exodia FTK? ga cuma bisa ngedraw 5, tapi bisa sampai 20 kartu dalam 1 turn..
Replacement Cards: Cards of Consonance + Dragon-type Tuner, Trial & Tribulation, Draconnection, Enemy Controller (?)

Ultimate Offering
Status: Banned (TCG) 

LOL. Kejadian juga Ultimate Offering dibanned di TCG.. Alasan kenapa dia dibanned sih sudah ane jelaskan dulu..
Replacement Cards: Berhubung dulu sudah dibahas.. Kalian tinggal click here aja :v di sana sudah dijelasin


Number 16: Shock Ruler dan Number 11: Big Eye
Status: Number 16: Banned (TCG), Unlimited (OCG); Number 11: Limited (OCG), Unlimited (TCG)

BTW alasan kenapa Number 16 dan Number 11 ini kena palu itu sebenarnya sudah dijelaskan di blog IYDC juga, namun di 2 artikel yang berbeda.. .
Replacement Cards:Kalau masalah Number 11 dilimit sih santai, masih ada Number 74: Master of Blade.. cuma ini Number 16 yang dibanned.. -_- ga bisa shock lock tanpa shock master.. Number 16 itu perpaduan 3 kartu: Spell Canceler, Jinzo, Skill Drain tapi untuk mengumpulkan kartu diatas hanya perlu 3x Level 4 monster.. jadi no hope buat shock lock.. Namun, kalian bisa mengganti Number 16 dengan: Number 91, Evilswarm Ouroboros, Number 69: Coats of Arms, dan Vylon Disigma untuk monster Rank 4.. 

Elemental HERO Stratos 
Status: Banned (TCG), Limited (OCG)

Sudah obvious kali alesan Stratos dibanned karena KONAMI TCG melepas 3x E - Emergency Call, 3x A Hero Lives, Super Polymerizzation, 3x Pot of Duality, 3x D-HERO Malicious dan 3x Scapegoat.. Hampir lebih dari 10 variant deck HERO kena dampak kehilangan Stratos, untung efeknya Madolche Magileine ga aktif kalau dispecial summon :3 ga jadi deh nyusul Stratos.. Tapi bukan berarti HERO mati.. :p udah lupa kasus MDC yang dulu yang ngatain Wind-Up mati? HERO cuma kehilang searcher terbaik mereka diseantero Skycrapper :v let see Wind-Up, walau Magician 1 dan Zenmighty kebanned, mereka masih bisa Shock Lo~ Oops.. Shock Ruler juga kebanned :p
Replacement Cards: buat ngegantiin efek destroynya si Stratos kalian bisa bawa R - Righteous Justice.. Untuk ngegantiin efek searchernya sih bisa bawa Pot of Duality ketiga, HERO Prisma, HERO Voltic, random Hero Signal atau biar ga mainstream bisa bawa Blue Mountain Butterspy, Kagetokage versi Warrior.. :v tinggal nunggu aja Gear Gigant X untuk Warrior (seems like ROTA :3) :ngarep:


Monster Reborn
Status: Banned (TCG), Limited (OCG)

Hampir semua archetype dan Type monster punya Monster Rebornnya masing-masing.. Mulai dari Iron Call, Archfiend's Roar, Heraldic Reborn, O - Oversoul, Blue-Blooded Oni, Evolsaur Vulcano, Lumina, Spellbook of Life, Magical Undertaker, MPB Hamstrat, Xyz Reborn, XX-Saber Faultroll, etc bisa hanis ini ntar kalo ditulis smua :v
Replacement Cards:karena Monster Reborn itu either player graveyard, jadi: Call of the Hunted, Symbol of Duty, Torrential Reborn, Pinpoint Guard, Silver's Cry, Miracle Fertilizer, Redox, Dragon Ruler of the BouldersXyz Reborn, Grandsoil the Elemental Lord dll ga masuk hitungan.. :p boleh sih dipakai tapi ya itu kartu yang special summon dari graveyard sendiri..  terus bawa apa dong? Buat yang ga bisa afford harga Iron Call, kalian bisa main deck Miraculous Rebirth di "Chain Summoning Gadget" :v biar ga mainstream


Heavy Storm
Status: Banned (TCG), Limited (OCG) 

Ban List terakhir dimana Heavy Storm dibanned dulu memperlihatkan Starlight Road everywhere.. summon 1 monster> set 5> end turn? Meta dimana Heavy Storm dibanned itu metanya buruk,, let we see gimana nanti ke depannya
Replacement Cards: Malevolent Catastrophe, Storm, Straight FlushFenghuangSpell Shattering Arrow, Sacred Phoenix of Nephthys, Ally of Justice Decisive Armor, Gigantes, Greenkappa, Breaker, the Magical Warrior, Fire Formation - Gyokkou dan Xing Zhen Hu (Gorz bisa bawa 2 di OCG, tapi Heavy Storm ga dibanned di OCG), Dust Tornado, Xyz Burst, Double Cyclone, A Wing Beat of Giant Dragon (Hieratic), Release Restraint Wave (Inzektor, Noble Knight, Vylon), Delta Crow Anti-Reverse (Blackwing), Masked HERO Acid (HERO). Elemental HERO Storm Neos (HERO), Dark Magic Attack, Wrath of Neos (HERO) Earthbound Whirlwind (Earthbound Immortal), Windrose the Elemental Lord, Superdimensional Robo Galaxy Destroyer, Lavalval Dragon (Laval), Black Rose Dragon, Royal Decree, Trap Stun


Pot of Avarice
Status: Banned (TCG), Limited (OCG)

Kenapa dia dibanned om? Well kalo mau ngejelasin itu dsini kasian kalian.. besok mungkin baru slese baca ni artikel.. ada banyak banget alasan kenapa Avarice dibanned. Salah satunya sudah dijelaskan di postingan kemarin..
Replacement Cards: Pot of Duplicity, Pot of Benevolence, Daigusto Emeral, Localized Tornado, The Transmigration Prophecy, Psychic Overload (Psychic)TGX3-DX2 (T.G.), Fifth Hope (Elemental HERO)Gladiator's Return (GB), Royal Firestorm Guards, Madolche Chateu, Madolche Queen Tiaramisu


Card Destruction
Status: Banned (TCG), Limited (OCG) 

Inilah alasan kenapa Super Rejuvenation itu OP.. Dan kartu ini juga salah 1 kartu yang dimainin Shin En Huang di WCS 2013.. Ga hanya Dragon Ruler, Dark World juga memakai kartu ini di deck mereka..
Replacement Cards: Hand Destruction. Dragged Down into the Grave, Morphing Jar. Dark World: Trance Archfiend, Mind Crush, Dark Smog, Fabled Raven, Royal Tribute, The Cheerful Coffin


 

Gateway of the Six
Status: Banned (TCG), Limited (OCG) 

ini sih salah 1 di 2-cards-OTK.. Trishula loop, Number 104: Masquerade loop, Gagaga Cowboy loop, Mizuho Shinai OVER 9000.. Namun ini salah 1 kartu yang tidak diprediksi kebanyakan orang masuk Banned.. Dengan dibannednya Gateway, ada bau-bau Shi En lepas dan support baru buat Six Sam nih.. :3
Replacement Cards:Shien's Dojo, entah.. :v masih belum nemuin yang pas buat pengganti Gateway..



 
Solemn Judgment
Status: Banned (TCG), Limited (OCG) 

Why KONAMI Why? Akhirnya mreka sadar juga harus ngebalance format habis Dragon Ruler.. dengan bannednya Solemn Judgment artinya KONAMI ga mau kita enak-enak aja, harus Mikir..
Replacement Cards: Black Horn of Heaven, Evolzar Laggia, Infernity Barrier, Hieratic Seal of The Ashes, The Selection


Brotherhood of the Fire Fist - Rooster, Brotherhood of the Fire Fist - Spirit, dan Fire Formation - Tenki
Status: Limited (Rooster (OCG), Spirit (TCG)); Semi-Limited (Tenki (OCG dan TCG)) 

Fire Fist merupakan deck Top 5 di OCG meta sebelum Ban List baru, Terkenanya Rooster, Spirit dan Tenki sudah diprediksi.. Bahkan KONAMI TCG ga ngehit Rooster juga gampang ditebak.. mereka hanya melimit combo-maker dan karena Rooster masih baru.. Dengan dikenanya 3 kartu di atas, Consistency di deck 3-Axis Fire Fist mulai berkurang.. Tapi belum mati total.. cuma perlu ganti monster ayang kena hit dengan monster fire fist lain.. bisa bawa Kamaitachi juga..  Tenki disemi juga udah diprediksi.. ROTA aja dilimit :v Tenki juga soalnya ga cuma bagis di deck Fire Fist, tapi di deck lain juga
Replacement Card(s): Raven (ganti Rooster yang hilang), Fire Formation Tensu / Tensen, Pot of Duality (Tenki yang hilang)


Mermail Abyssteus dan Abyss-Sphere:
Status: Limited (OCG), Unlimited (TCG)

Dilimitnya Steus dan Abyssphere sama skali ga ngerubah apa-apa.. hanya saja jadi membuat Mermail coba bermain less Linde.. Entah apa alasan KONAMI ngehit 2 kartu ini (Well, Steus itu 2/3-ards-OTK di Mermail) tapi deck Mermail OCG masih santai2 aja sebelum Steus direlease di OCG.. Ini langkah yang salah, KONAMI harusnya ngelimit Atlantean Dragoon dan Deep Sea Diva.. Dragoon itu ROTA buat monster Sea-Serpent.. kalau mau hit, harusnya hit consistencynya.. But, well alasan kenapa KONAMI OCG ga ngelakuin itu ya sudah dijelaskan di post sebelumnya :v
Replacement Card(s): Genex Undine + Genex Controler, Abyss - Mizuchi. Moulinglacia, Ice Dragon, Abyss-squall, Mermail Abyssocea, Mermail Abyssmender (di OCG masih bisa Shock Lock)


Deep Sea Diva dan Atlantean Dragoon
Status: Limited (TCG), Unlimited (OCG) 

Nah ini.. Ini yang benar.. Dengan dilimitnya 2 kartu ini maka consistency Mermail makin kecil, either buat deck dan swarming untuk OTK makin sedikit.. Dragoon itu OTK card lhoo di deck Mermail..
Entah kenapa KONAMI ngelimit Trishula tapi engga ngehit Deep Sea Diva, padahal diva itu bisa summon:
  • Herald of Pure LightMonster Reincarnation on leg :v bisa ngerycycle Black Luster Soldier, Dark Armed Dragon, Master Hyperion, etc.. dengan hanya membalikkan kartu yang dead hand ke deck
  • Trishula, Dragon of the Ice Barrier: special summon Marksman > Battle phase> Marksman nyerang lawan> summon Atlantean Dragoons> 2+3+4 =7
  • Daigusto Phoenix: 1500 ATK dan bisa nyerang 2x? 1500+1500=3000 damage
  • Gachi Gachi Gantetsu: Xyz Rank 2 klise, udah pada tau kan efeknya? :v
  • Armor Kappa: bisa ngancurin kartu bermasalah, misal: Dimensional Fissure, +1000 ATK dengan hanya mendetach Atlantean Heavy Infantry
Replacement Card(s): Mermail Abyssocea (3-Cards-OTK masih legal, Steus ga dilimit di TCG), Genex Ally Birdman


Genex Ally Birdman dan Divine Wind of the Mist Valley
Status: Birdman(di OCG dan TCG: Limited); Divine Wind: Limited (OCG) 

Yup. Tuner sakti mandraguna, monster tuner tercinta saya kena limit :( so sad.. salah Birdman sih dia ada di berbagai OTK.. either Divine Wind FTK atau Gallis FTK..
Replacement Card(s): Psychic Commander + Emergency Teleporter, Mist Valley Shaman, Mist Condor (Mist Valley), Sound the Retreat!, Black Garden, Pseudo Space


Wind-Up Shark:
Status: Limited (OCG) 

Well, hilang sudah deck Wind-Up ZW OTK.. KONAMI keknya ngelakuin trade yang menarik dengan nge-unlimit Wind-Up Magician dan melimit Wind-Up Shark. But, Y U NO Kaust??
Replacement Card(s): Salvage (?). Wind-Up Rabbit dan Wind-Up Warrior masih bisa ngetrigger efeknya Wind-Up Magician yang diunlimit..






Rescue Rabbit
Status: Limited (TCG) 

Lagi-lagi ga hanya Dragon Ruler dan Prophecy, Evilswarm di TCG ikut kena juga.. ga bisa sering2 first turn Ophion lagi.. Heavy Storm dibanned dan mau set 5? Ora iso. Dilimitnya Rescue Rabbit sudah menghilangkan mimpi untuk summon Evolzar Laggia> Set 5 kartu> End turn :p
Replacement Card(s): Kagetokage atau Blue Mountain Butterspy (monster-monster Evilswarm rata2 perlu DARK monster, dengan hilangnya 1 Rescue Rabbit maka kekuatan swarming sedikit hilang. Btw yang Warrior-type di evilswarm ada Evilswarm Castor), Box of Friends (NO. Justru masukin Rescue Rabbit di deck Box of Friend, bukan sebaliknya :v), Evilswarm Azatoth, Infestation Pandemic (kalau belum main deck 3)




Dimensional Fissure dan Macro Cosmos
Status: Limited (TCG) 

Entah apa alasan KONAMI ngelimit 2 kartu ini.. mungkin si Patrick Hoban juga ngirim surat ke KONAMI dan KONAMI adem aja sama sarannya.. Well mungkin alasan kenapa mereka limit ini soalnya Heavy Storm juga dibanned.. KONAMI emang pinter ngejual barang, padahal udah mau ready buat deck Macrosworn buat manggil Angel fof Zera, eh dilimit :(
Replacement Card(s): Soul Release, Banisher of the light, Banisher of Radiance

Thunder King Rai-Oh
Status: Limited (TCG) 

Masih perlu alasan kenapa dia dilimit? Well, semua itu bisa dibaca ko di post sebelumnya :v

Replacement Card(s): Mistake (OCG), Protector of the Sanctuary, Droll & Lock Bird

Gold Sarcophogus 
Status: Limited (TCG) 

Emang patut dia di Limit. Yoi, gara-gara Dragon Ruler, deck-deck yang menggunakan Necroface.. Gold Sarco> banish Necroface> banish 5> summon Angel of Zera :v 
Replacement Card(s): Different Dimension Capsule. Pot of Duality,  Kalau buat Dragon Ruler sih bukan masalah, Dragon Ruler masih hidup walau Gold Sarcophagus dilimit..

Royal Tribute
Status: Limited (TCG) 
Ban Listnya bener-bener aneh, KONAMI OCG justru ngesupport deck anti-meta eh ini KONAMI TCG malah ngelimit ni kartu.. padahal Gravekeeper ga ada salah apa-apa di format sebelumnya,, hilang sudah.. kalo mau main Gravekeeper main aja, walau Royal Tribute dilimit mah Gravekeeper tetep masih hidup..
Replacement Card(s): dengan limitnya Royal Tribute, berarti deck Gravekeeper format depan harus main less monster untuk memaksimalkan efeknya ini..


 


Bottomless Trap Hole, Compulsory Evacuation Device, Torrential Tribute, Dimensional Prison
Status: Limited (TCG); Dimensional Prison: Semi-Limited (TCG)
Keempat kartu ini ditaruh jadi 1 karena tujuan efek mereka itu sama, sama sama stop Boss monster dengan gampang..
Replacement Card(s): Void Trap Hole, Chaos Trap Hole (?), Evilswarm Nightmare, Steelswarm Roach, Junk Archer, Phoenix Wing Wind Blast, Constellar Pleiades, Compulsory Escape Device. Dimension Slice, Memory of Adversary, Security Orb, Needle Ceiling, Raigeki Break, Fancing Fire Ferret, Grave Squirmer, Offering to the Snake Deity, Icarus Attack, Generation Shift, Widespread Ruin, Sakuretsu Armor, Karma Cut

 
Soul Drain
Status: Limited (TCG) 
Ini juga sebenarnya salah 1 dari "KONAMI loves money". Mereka kan mau ningkatin penjualan SHSP. Kesalahan dari blog ARG adalah mereka mengatakan bahwa Skull Meister itu sampah.. Sampah sih sampah kao dibanding Soul Drain, tapi kalo sekarang dilimit ya gimana?
Replacement Card(s): Abyss Dweller, Debunk, Light-Imprisioning Mirror, Shadow-Imprisioning Mirror, Skull Meister

 


Eradicator Epidermic Virus
Status: Limited (TCG) 
Kebanyakan deck main deck EEV 2 lembar, jadi ngelimit EEV ga salah... masalah utama EEV ada di DARK monster yang attaknya di atas 2500.. seperti di Dark World, Evilswarm, bahkan Fire Fist bisa main EEV juga.. 
Replacement Card(s): Deck Devastation Virus

 



Phew~ Lumayan panjang juga.. jadi gimana, teman-teman OCGer dan TCGer? Hikmah dari setiap kartu yang dihit KONAMI ialah, "Berpikir dahulu sebelum bertindak" :) Ingat! Logika "Card A Limited, Card B banned, deck C tewas" itu engga ada.. Logika kek gitu sudah out of date.. Ga nyangka mereka melakukan ini demi menjual booster SHSP agar laku.. expect sih mreka ngelakuin perubahan drastis, tapi ini too much..
~RareHunter

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IYDC Combo: FTK, STK, dan OTK

Fun Deck: Malina FTK/OTK