Yakin Apoqliphort Tower Itu Broken?


Yakin Apoqliphoth Killer Itu Broken?

Yo~ Duelist! Hari ini, ane, RareHunter, mau ngepublish lagi artikel seputar Next Challengers (NECH). Artikel ini sengaja dipublish lebih dulu karena banyak teman-teman ane di Facebook dan di blog sebelah ngehype tentang archetype yang satu ini.. Parahnya lagi, yang ngehype itu menurut ane orang-orang pro semua..

Seperti yang kalian ketahui juga, The Next Challengers (NECH) baru-baru ini direlease di OCG tanggal 9 Agustus kemarin. Dan berhubung ane lagi mood-moodnya bahas NECH dan untuk menarik viewers di blog IYDC lebih banyak (dulu sampai 400 viiewer/hari. Jumlah yang besar buat blog yang masih kecil ini), terpaksa sudah ane akan membahas archetype yang lagi kena hype dan masuk ke meta.. Kenapa terpaaksa? Yoi, buat yang baca blog IYDC dari awal ane nulis di mari pasti tau kalau postingan ane biasanya yang engga mainstream (kecuali waktu bahas Spellbook of Judgment, itu juga gegara biar banyak viewer :v) Hari ini ane akan membahas archetype dan monster card yang lagi kena hype besar-besaran selain Shaddoll. Ane akan membahas archetype Qliphoth termasuk Apoqliphort Tower dan Qliphoth Shell..


Kabar gembira buat yang belum kena hype, Qliphoth ialah archetype yang monster-monsternya bertype Machine dan berattribute EARTH. Banyak yang berpikir mereka bisa memasukkan Limiter Removal, Machina Gearframe, dan Machina Fortress di archetype ini.. Boring gara-gara deck Machine mainnya gitu-gitu doang? Eits, ada hal yag mengagetkan akan terjadi ketika kalian mulai mencoba membaca text yang ada di kartu Qliphoth.. Hal apakah itu? Monggo dibaca artikel ini untuk mejawab rasa penasaran dan membuat logika kalian mejadi jernih lagi setelah kena hype.. :)

Qliphort adalah archetype yang muncul di booster pack The Next Challengers (NECH) dan mereka menggunakan Tribute Summon dengan memakai monster-monster yang dipendulum summon sebagai bahan untuk ditribute.. Dengan begitu, mereka bisa tetap mendapatkan bahan untuk ditribute di tiap turn. Hal ini disebabkan karena Pendulum monster bisa disummon tiap turn baik dari Extra Deck maupun dari tangan, di mana merupakan masalah yang lumayan besar untuk setup bahan untuk ditribute di deck yang sebelumnya yang juga memanfaatkan Tribute Summon..

Apoqliphort Tower
アポクリフォート・キラー (NECH-JP026)
EARTH/Level 10/Machine/Effect/3000 ATK/2600 DEF
Cannot be Special Summoned. Must be Normal Summoned/Set by Tributing 3 "Qliphort" monsters. This Normal Summoned/Set monster is unaffected by Spell/Trap effects and the activated effects of monsters whose original Levels or Ranks are lower than this card's Level. All Special Summoned monsters on the field lose 500 ATK and DEF. Once per turn: You can make your opponent send 1 monster from their side of the field or in their hand to the Graveyard (for no effect).

Apoqliphort Tower mungkin bukanlah Pendulum monster seperti monster-monster Qliphoth lainnya, tapi tidak bisa dipungkiri lagi kalau monster ini lebih GG di antara monster Qliphoth lainnya. Dengan restriksi "Cannot be Special Summoned. Must be Normal Summoned/Set by Tributing 3 "Qliphort" monsters.", "Normal Summoned/Set" Apoqliphort Tower "is unaffected by Spell/Trap effects and the activated effects of monsters whose original Levels or Ranks are lower than this card's Level.". Monster ini juga lumayan sulit dikalahkan by battle karena 3000 ATK power yang dimilikinya dan efeknya yang membuat "All Special Summoned monsters on the field lose 500 ATK and DEF." :) Apoqliphort Tower juga dilengkapi efek yang bisa "Once per turn:" membuat "your opponent send 1 monster from their side of the field or in their hand to the Graveyard (for no effect).". Overall, saat Apoqliphort Tower nongol di field maka saat itulah dimana lawan yang lemah syahwatnya akan memilih Scoop/Rage Quit/GG Thank you.. :v Harus bawa 3 lembar kartu beginian di Deck"

Begitulah penuturan duelist di blog sebelah (sebut saja bunga) yang sudah terkena hype Apoqliphoth Killer ke ane belum lama ini.. Cuma begitu aja bisa kena hype? Ketahuan banget nih belum baca text kartunya Apoqliphort Tower sampai habis dan menganalisisnya lebih dalam.. :) Ya sudah, ane bantu. Tapi khusus buat yang bellum kena hype dan engga bisa baca text kartu..

(Qliphort Tool, Qliphort Carrier, Qliphort Helix, Qliphort Disk)

Jika kalian memang membaca textnya Apoqliphort Tower dengan cermat, di sana sudah jelas tulisannya "Cannot be Special Summoned. Must be Normal Summoned/Set by Tributing 3 "Qliphort" monsters.". Monster-monster Qliphoth selain Apoqliphort Tower semuanya Pendulum Monster dan bisa dipendulu Summon. Ini artinya dengan kondisi kartu di tangan yang monster semua, kita bisa dengan gampang untuk mendapatkan 3 Qliphoth monster di arena, dan hanya masalah waktu saja mendapatkan Apoqliphort Tower di tangan dan pendulum summon 3 Qliphoth monster dari Extra Deck untuk bahan Tribute Summon Apoqliphort Tower.


Ada yang kelupaan? Betul, kalian lupa kalau first turn player memulai dengan 5 kartu dan tidak dapat draw 1 kartu di Draw Phase. Tapi, Qliphoth biasanya membawa Summoner's Art dan Pot of Duality 3 lembar untuk menambah konsistensi mereka.. Kalian juga lupa bahwa Apoqliphort Tower adalah monster Level 10 yang "Must be Normal Summoned/Set by Tributing 3 "Qliphort" monsters.". Bayangkan saja, first turn draw 5 kartu eh yang ketarik 3 Apoqliphort Towerr.. Ngenes kan? Jadi cukup 1 lembar saja bawa Apoqliphort Tower di Main Deck..

(Laser Qlip, Saqlifice, Qlimate Change, Qliphort Launch)

Memang benar jika Saqlifice dan Laser Qlip bisa mempermudah kita untuk setup pemanggilan Apoqliphort Tower, bahkan mempermudah kita untuk mendapatkan 3 monster sebagai bahan untuk ditribute.. Jika yang kita perlukan adalah Pendulum Monster yang bisa membantu konsistensi dan memepercepat swarming di field, Qliphort Tool dan Odd-Eyes Pendulum Dragon bisa membantu untuk melakukan Pendulum Summon sedangkan Qlimate Change bisa "Add up to 3 face-up "Qliphoth" Pendulum Monsters from your Extra Deck to your hand.".


Jika "Normal Summoned/Set" Apoqliphort Tower sukses, makin sedikit saja cara yang bisa dilakukan lawan untuk mengalahkan monster ini. Karena Apoqliphort Tower membuat "All Special Summoned monsters on the field lose 500 ATK and DEF." dan "Once per turn: You can make your opponent send 1 monster from their side of the field or in their hand to the Graveyard (for no effect).". Ditambah lagi hampir semua Pendulum Effect "Qliphort" Pendulum Monster bisa menambah ATK power monster Qliphort yang ada di Monster Zone atau mengurangi ATK power monster lawan, makin sulit saja mengalahkan Apoqliphort Tower by battle. Kecuali kita menggunakan kartu yang tidak mempengaruhi Apoqliphort Tower seperti: Prideful Roar, Unbreakable Spirit, dan kartu sejenisnya..

Karena Apoqliphort Tower "is unaffected by Spell/Trap effects and the activated effects " kecuali Counter Trap (ketika Apoqliphort Tower dinormal summon: ia bisa dinegate pakai Solemn Warning), lawan makin dibuat kewalahan dengan efek Laser Qlip yang membuat "The Normal Summon of "Qliphort" monsters cannot be negated.".


Berarti cara yang palng gampang yang bisa dilakukan lawan ialah dengan menggunakan efek monster berlevel/rank 10 atau lebih tinggi daripada Apoqliphoth Killer, seperti: Metaion, the Timelord, Tragoedia, atau Skypalace Gangaridai. Tidak menutup kemungkinan untuk mengalahkan Apoqliphort Tower by battle dengan menggunakan Number C69: Heraldry Crest of Horror, Heroic Champion - Excalibur, dan monster lainnya yang memiliki ATK power di atas 3500 points.. Apabila deck Qliphort yang dilawan membawa Skill Drain (Metaion, the Timelord, Tragoedia bisa mate gara-gara Skill Drain), kita bisa juga ngetribute Apoqliphort Tower menggunakan Lava Golem, Vulcanic Queen, Santa Claws, dsb.

(non-mainstream kartu Side Deck melawan Qliphort)

Apoqliphort Tower memang kartu yang bagus, baik dari segi efek maupun art yang dimilikinya. Tapi lebih baik kita tidak ngetribute monster Qliphoth yang telah kita Pendulum Summon hanya untuk monster 3000 ATK. Dia memakan banyak banyak resource, walaupun ada Saqlifice untuk membantu ngesummon dirinya, lebih baik kalian menggunakan slot kartu di Main Deck lebih bijaksana..

Ane bisa bilang begini karena ane sudah mencoba Qliphort berkali-kali di Dueling Network/YGOPro, dan Apoqliphort Tower tidak lebih hanya sebagai win moar saja. Tanpa Apoqliphort Tower dan tanpa Skill Drain pun Qliphoth masih bisa mendominasi field.. Memang iya jika Apoqliphort Tower itu overpowered, tapi dia enggak begitu broken seperti apa yang dibilang duelist-duelist yang lain..  Setidaknya itulah apa yang ane simpulkan setelah mengetes Apoqliphort Tower di Dueling Network dan YGOPro..

Qliphort Shell
クリフォート・シェル (NECH-JP025)
EARTH/Level 8/Scale 9/Machine/Pendulum/Effect/2800 ATK/1 DEF
Pendulum Effect: You cannot Special Summon any monsters, except "Qliphoth" monsters (this effect cannot be negated). Monsters your opponent controls lose 300 ATK.
Monster Effect: You can Normal Summon this card without Tributing. If this card was Special Summoned or Normal Summoned without Tributing, its Level becomes 4 and its original ATK becomes 1800. This Normal Summoned/Set card is unaffected by the activated effects of monsters whose original Levels or Ranks are lower than this card's Level. If this card was Tribute Summoned by Tributing a "Qliphort" monster, it can make a second attack during each Battle Phase, also if it attacks a Defense Position monster, inflict piercing battle damage to your opponent.

Kalau kalian hanya membawa Apoqliphort Tower karena bisa mengalahkan monster-monster Shaddoll dengan gampangnya, lebih baik kalian membawa Qliphort Shell..  Qliphort Shell "can make a second attack during each Battle Phase, also if it attacks a Defense Position monster, inflict piercing battle damage to your opponent." jika Qliphort Shell "was Tribute Summoned by Tributing a "Qliphort" monster,"! Bisa dibilang mirip Twin Sword Marauder, tapi Qliphort Shell bisa memberikan 5200 damage (belum termasuk tambahan ATK power yang didapat dari Pendulum Monster di Pendulum Zone atau efek yang membuat ATK power lawan berkurang 300 points)

Tidak hanya itu, Qliphort Shell justru membuat monster Qliphort lainnya lebih hidup. Qliphort Tool bisa ngeadd kartu ini dari deck dengan "pay 800 Life Points", Qliphort Carrier dan Qliphort Helix bisa ngedestroy kartu lawan  jika ditribute.

Ditambah lagi, "This Normal Summoned/Set card is unaffected by the activated effects of monsters whose original Levels or Ranks are lower than this card's Level.". Secara teknis, Qliphort Shell "unaffected by the activated effects of monsters whose original Levels or Ranks are lower" daripada Levelnya alias dari efek monster yang memiliki Level/Rank 7 dan dibawahnya (seperti: Wind-Up Zenmaines, Number 11: Big Eye, Mecha Phantom Beast Dracossack, Number 101: Silent Honor ARK, Evilswarm Exciton Knight, Black Rose Dragon, dll). Qliphort Shell hanya terpengaruh efek monster berlevel/rank 8 dan di atasnya dia saja.. :)

Ada yang kelupaan? Ada yang belum disebutin? Betul. Ini juga cuma hype :v Karena Qliphort Shell hanya "unaffected by the activated effects of monsters". Dia masih bisa diganggu dengan menggunakan efek Spell/Trap Cards..

Jadi intinya, Qliphort Shell monster yang lebih agresif daripada Apoqliphort Tower. Pendulum Efeknya akan membuat "Monsters your opponent controls lose 300 ATK.", dimana "If this card was Special Summoned or Normal Summoned without Tributing, its Level becomes 4 and its original ATK becomes 1800.".Namun  Qliphort Shell menjadi lebih sedikit susah untuk diatasi jika ia "Tribute Summoned by Tributing a "Qliphort" monster, it can make a second attack during each Battle Phase, also if it attacks a Defense Position monster, inflict piercing battle damage to your opponent.", sehingga membuatya menjadi monster yang bisa membuat Life Point lawa bocor besar-besaran jika kita mengaktifkan Limiter Removal. Parahnya lagi, "This Normal Summoned/Set card is unaffected by the activated effects of monsters whose original Levels or Ranks are lower than this card's Level.".


OVERALL
Baik Apoqliphort Tower maupun Qliphort Shell bukanlah monster-monster broken, kalau overpowered sih iya.. Kita hanya terkena hype saat kartu ini muncul spoilernya.. See? Dengan membaca text box efek mereka secara detail, kita bisa terhindar dari hype..
~~RareHunter

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IYDC Combo: FTK, STK, dan OTK

Fun Deck: Malina FTK/OTK